Beranda Updates MG ZS, Ini Spesifikasi dan Varian Lengkapnya

MG ZS, Ini Spesifikasi dan Varian Lengkapnya

JAKARTA, Carvaganza.com — MG Motor Indonesia akhirnya resmi masuk pertarungan otomotif Tanah Ar. Lewat produk pertama MG ZS, mereka ingin merasakan manisnya segmen sport utility vehicle (SUV) kompak yang tengah hangat-hangatnya. Mudah? Tentu saja tidak. Seperti halnya pendatang baru, ada hal yang harus dibuktikan lebih dulu.

Minimal bisa dibandingkan data spesifikasi yang dimiliki. Apa saja yang disematkan oleh pabrikan blasteran Ingggris dan Cina ini. Apakah biasa saja atau cukup lengkap. Pasalnya MG ZS masuk ke kelas SUV kompak yang selama ini didominasi oleh Honda HR-V. Ada juga pemain lain seperti Suzuki SX4 S-Coss yang tak bisa diremehkan.

MG memang pede dengan kelengkapan yang dipunyainya. Selain soal fitur, pabrikan ini juga punya nilai plus dari sisi harga yang terbilang menggiurkan. Ditawarkan dalam dua varian bertransmisi otomatis, MG ZS Excite dijual Rp 289,9 juta, sedangkan tipe tertinggi MG ZS Ignite dibanderol Rp 255 juta.

Tapi satu catatan bisa diberikan. Versi pasar lokal bukan mengambil model facelift yang telah rilis di Thailand belum lama ini. Model yang dijual masih menggunakan desain lama saat pertama debut 2017 lalu.

Spesifikasi Teknis

Bicara soal ukuran, MG ZS punya dimensi kompak. Mobil ini tercatat punya dimensi 4.314 x 1.809 x 1.624 mm (PxLxT). Hanya sedikit lebih panjang dan tinggi dari HR-V. Jarak terendah ke permukaan tanah tidak terlalu jangkung, 165 mm saja. Terlihat jika MG lebih banyak ditujukan bermain di aspal mulus.

Ukuran segitu cukup ideal sebagai mobil keluarga kecil. Jarak antarsumbu roda 2.585 mm menciptakan ruang kaki luas untuk penumpang belakang. Sandaran kursi dapat dilipat rata lantai dalam porsi 60:40. Sehingga tersuguh volume kargo hingga 1.166 liter.

Teknis drivetrain yang ditawarkan tergolong konservatif. Di tengah mesin turbo, MG ZS yang beredar di sini menggendong mesin 1,5-liter naturally aspirated. Tepatnya pakai enjin kode 15S4C DOHC 4-silinder, 1.498 cc, dengan teknologi katup variabel VTi-TECH. Output yang dihasilkan 114 PS/6.000 rpm dan momen puntir 150 Nm/4.500 rpm. Klaim bahan bakar cukup irit. Tertera dalam brosur, 5,9 liter/100 km, alias 16,9 km/liter. Angka yang wajar untuk ukuran mesin 1.5L NA.

Seperti sudah disinggung di atas, kedua varian yang ditawarkan hanya menawarkan satu jenis transmisi. Sebuah girboks otomatis konvensional 4-percepatan. Tersedia Manual Mode untuk perpindahan gigi. Ditambah juga mode berkendara Comfort, Normal dan Sport. Konstruksi suspensi pun tak istimewa. Kaki depan ditopang jenis MacPherson Strut, sementara belakang Torsion Beam.

Nah, dua opsi varian menawarkan kelengkapan beragam. Bedanya apa saja? berikut detailnya.

MG ZS Excite

Hal pertama yang menarik adalah harganya. Yap, dengan harga Rp 255 juta dan kelengkapan yang ada, value varian ini tergolong tinggi. Lebih sederhana dari tipe Ignite. Dari luar dapat dikenali dari ukuran pelek 16-inci dengan ban 205/60. Tak ada lampu kabut, roof rail juga nihil, sehingga tampil polos sangat sederhana.

Interior bernuansa gelap tanpa balutan kulit sebagai pembungkus jok. Pengaturan AC masih jenis biasa, belum digital. Menstater mesin butuh anak kunci, tombol push start hanya untuk tipe Ignite.

Fitur kenyamanan cruise control tak ada, tapi sarana hiburan kedua tipe tetap sama. Sebuah monitor layar sentuh 8-inci dilengkapi berbagai fungsi dan koneksi. Bedanya, jumlah speaker ZS Excite dibatasi 4 saja sementara tipe Ignite ada 6 speaker.

Peranti keselamatan amat lengkap bahkan untuk tipe termurah sekalipun. Selain ABS+EBD+EBA, fitur aktifnya seabrek. Ada Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist System (HAS), Emergency Stop Signal (ESS), immobilizer dan sensor parkir.

MG ZS Ignite

Varian terlengkap dengan value tak kalah tinggi. Harga Rp 289,9 juta lebih kompetitif ketimbang Honda HR-V 1.5L tipe E, dengan fitur tak kalah lengkap. Tampilannya lebih enak dipandang berkat penggunaan 17-inci yang dibalut ban profil tipis 215/50. Tertera Daytime Running Light LED, begitu pula lampu kabut. Lampu utama masih halogen model proyektor, tapi punya fitur auto on/off. Panoramic roof seluas 1,19 m2 terpampang jelas di atap. Pastinya mengubah suasana kabin juga.

Elemen kemewahan di interior terpancar dari material kulit berwarna coklat. Ada aksen silver maupun serat karbon ditambah sehingga kabin tak jadi monoton. Akses masuk ke kabin dan menyalakan mesin tinggal mengantongi smart key. Model pengaturan AC sudah bentuk digital mudah terpantau, dan tersedia cruise control untuk kenyamanan mengemudi jarak jauh.

Fitur keselamatan jelas lebih banyak dari tipe Excite. Selain yang sudah ada, ditambah lagi Tire Pressure Monitor System (TPMS), airbag samping dan tirai, lalu kamera belakang.

Satu lagi, keseriusan MG Motor Indonesia dibuktikan dari jaminan dan layanan purnajual yang diberikan. Garansi 5 tahun tanpa ada batasan kilometer, membuat perasaan tentram saat konsumen meminang MG ZS. Memang fisik diler dan bengkel resmi belum terlihat pandangan mata. Namun berencana membuka 25 diler resmi di seluruh Indonesia tahun ini.

Baca Juga: Tak Sampai Rp 300 Juta, Ini Detail Spesifikasi dan Varian MG ZS

ANINDIYO PRADHONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto