10 Nissan Z Special Edition Paling Keren Sepanjang Masa  (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com – Pada tanggal 16 September kemarin, Nissan Proto Z Concept sudah mendebut. Global introduction itu masih berupa purwarupa, yang diklaim sudah mendekati versi produksi. Kehadiran Proto Z seolah ingin menerbangkan ingatan publik pada perjalanan Nissan Z series yang terentang sejak 1969.

Kehadiran Proto Z cukup ditunggu oleh car enthusiast setelah 370Z berselang selama 11 tahun. Dari situ mereka ingin tahu apa kelanjutan dari 370Z nanti. Dan sekarang mobil itu sudah keluar. Sejumlah pihak memprediksi, Proto Z kemungkinan nantinya bakal berubah nama menjadi 400Z jika sudah diproduksi nanti. Z series car memang punya arti istimewa bagi pabrikan dan kini sudah memasuki rentang periode 59 tahun.

Satu hal yang bikin menarik dari Z Series Nissan ini adalah, suka mengeluarkan versi edisi terbatas. Alhasil model tersebut menjadi langka, unik dan menarik.  Muaranya kerap diburu para kolektor.

Berikut ini adalah 10 model Z Spesial Edition paling keren sejak Z mulai pertama kali diproduksi tahun 1969.

Baca juga: Debut Nissan Z Proto, Bawa Desain Modern dalam Proporsi Klasik



240Z Fairlady Z432/Z432R 1970
Nissan Z mulai dijual Oktober 1969 sebagai model tahun 1970. Untuk pasar Jepang dan Amerika dibagi dalam versi berbeda. Untuk Jepang, Fairlady Z memakai mesin 6 silinder segaris L20A SOHC 2.0 liter, menghasilkan 130 hp. Sedangkan untuk pasar AS, Nissan 240Z menghasilkan 151 hp. Nah untuk versi Z432 berbagi mesin dengan Nissan Skyline 2000 GT-R

Putaran mesin Z432  bisa sampai 7.000 RPM, cukup liar pada eranya. Penggunaan angka “432” merujuk pada pemakaian 4 katup per silinder, tiga karburator dan twin camshaft. Mobil yang sangat langka dan sangat mahal pada masanya. Harga dua kali lipat lebih mahal dari 240Z regular. Sekarang jadi salah satu unit yang paling banyak diburu kolektor.

 



Fairlady 240ZG 1972
Mobil legendaris yang menginspirasi model aftermarket dan edisi terbatas di jamannya. Perbedaan utama antara 240ZG dan 240Z terletak pada “G-Nose”. Yakni bagian moncong depan mobil yang dibuat lebih panjang yang terbuat dari bahan komposit dipadukan dengan lampu depan dari kaca. Tujuannya untuk mendapatkan drag yang lebih rendah pada saat melaju pada kecepatan tinggi

Kebukti koefisien dragnya turun jadi 0,390 dan ZG punya top speed 208 km/jam.

Baca juga: Teaser Terbaru Nissan Z Proto, ‘Kode’ Punya Transmisi Manual?



280Z ZAP Edition 1977
Tak seperti 240ZG dan Z432, packaging pada 280Z ZAP Edition hanya bersifat kosmetik, tak mempengaruhi drag atau pun power yang dihasilkan. Meski begitu ZAP cukup keren, karena punya grafis yang berani dan terdapat kisi-kisi (louver) pada kaca belakangnya.

Nissan menawarkan kendaraan ini dengan paket yang disebut Special Décor Package, yang akhirnya disebut ZAP Editions. Semua mobil ZAP editions bercat kuning menyala atau disebut “Sunburst”.



280ZX 10th Anniversary Edition 1980
Diproduksi dalam jumlah terbatas dan menjadi bintang pada masanya. Banyak pihak  memuji Edisi Anniversary Ke-10 ini, meski ada juga yang menyayangkan. Pasalnya “The Black Gold” telah berevolusi dari sportscar sejati menjadi mobil mewah, pelan dan nyaman layaknya sedan. Tak masuk kategori hot rod lagi.

Baca juga: Nissan Magnite Punya Potensi Bagus Masuk Indonesia

Diproduksi dengan jumlah hanya 3000 unit, 2500 unit dicat dengan warna hitam dan emas, 500 unit lainnya dipulas dengan warna two-tone juga, merah dan hitam.



300ZX 50th Anniversary Turbo 1984
Nissan Z generasi Z31 merupakan 300ZX yang pertama. Mengalami perubahan radikal dibandingkan yang sebelumnya. Bentuk bodinya berubah ke style wedge-y body, lampu utama model pop-up dan mesin 6 silinder segaris digantikan oleh V6 dengan turbocharge sebagai opsional.

Mobil 50th Anniversary ini diproduksi untuk merayakan ultah Nissan yang ke-50. Tapi secara mekanis tidak mengalami perubahan radikal, hanya pada body saja. Terlihat lebih sporty, grafis eksterior unik, spakbor model flare dan velg alloy beraksen emas. Interior juga mendapat sentuhan custom. (Bersambung…)

Sumber: www.motortrend.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda