Teaser Terbaru Nissan Z Proto, 'Kode' Punya Transmisi Manual?

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Menjelang debutnya bulan ini, Nissan lagi-lagi merilis teaser dari calon Fairlady Z terbaru. Lewat video pendek, Nissan Z Proto menunjukkan sejumlah bocoran soal tampilan dan spesifikasinya. Salah satu yang sengaja ditunjukkan Nissan adalah opsi transmisi yang akan dimiliki Z terbaru.

Video teaser Z Proto hanya berdurasi 30 detik. Diawali dengan throwback ke model-model Z sebelumnya. Mulai 240Z, 280Z, 300ZX, sampai 350Z. Beberapa potongan bagian body prototipe yang diyakini akan bernama 400Z juga dipamerkan, meski sekadar siluet.

Di akhir video, Nissan menunjukkan sebuah gestur pengemudi menaruh tangannya di tuas transmisi. Bagian ini paling menarik perhatian, karena seolah mengisyaratkan Z Proto akan dapat opsi transmisi manual. Sesuatu yang menjadi semakin spesial di segmen sportscar belakangan ini.

Baca juga: Nissan Fairlady Z Concept Tampil di Tokyo 2017



Sepertinya ini cara Nissan mengonfirmasi atau menjawab rumor soal transmisi manual untuk penerus 370Z. Sejauh ini belum pernah secara tertulis Nissan menyatakan Z Proto akan dapat transmisi manual, karenanya tidak bisa dipastikan 100%. Namun buat apa juga Nissan memberikan ‘gimmick’ spesifik tersebut ke dalam video teaser kalau tanpa makna?

Dari rangkaian teaser sebelumnya, terlihat bahwa calon 400Z akan mengadopsi body styling klasik seperti generasi awal, yaitu 240Z. Moncong panjang di depan dipadukan dengan body fastback. Ibaratnya perangai 400Z akan seperti layaknya sebuah grand tourer berdimensi kompak. Bahkan tampilan fascia belakang tampak mengadopsi elemen desain dari 300ZX.

Saat debut pada 16 September 2020 nanti, kemungkinan besar Nissan akan tampilan Z Proto sebagai konsep dengan wujud mendekati versi produksi. Paling cepat, kabarnya Z Proto alias 400Z akan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2021, atau bahkan 2022.

Baca juga: Teaser Perdana Nissan Fairlady Z Muncul, Rilis Tahun Depan?



Baca juga: Nissan Bakal Luncurkan 12 Model Baru 18 Bulan ke Depan

Rumor yang beredar selama ini, nama 400Z akan berasal dari besarnya tenaga mesin yang mencapai 400 hp. Performa tersebut datang dari mesin V6 3,0 liter twin-turbo yang Nissan akan adopsi dari Infiniti Q50 dan Q60. Artinya, Nissan bukan akan mengembangkan dan membuat mesin generasi baru, dengan perhitungan efisiensi.

Bos Nissan bagian product planning, Ivan Espinosa sempat mengatakan bahwa mobil sport terus berada di dalam hati Nissan. Pernyataan tersebut tidak terkecuali untuk GT-R juga. Disampaikan saat Tokyo Motor Show 2019 lalu, Espinosa bahkan mengaku suksesor sedang digarap oleh Nissan.

Selain performa, kemungkinan besar Nissan akan membawa rangkaian teknologi baru juga untuk Fairlady Z. Saat 400Z meluncur nanti, tampaknya Toyota GR Supra harus siap-siap mendapat lawan baru dari negara asalnya.

Sumber: Carscoops

https://youtu.be/xBlHM41wnL8

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda