VIDEO: Lotus Esprit Rescue, Mungut Bangke Jadi Berlian

TEXAS, Carvaganza – Kalau Anda pecinta Lotus, nonton video dan baca artikel ini pasti excited dan bersyukur. Apa pasal? Anda seperti diajak seperti nonton  Sam Witwicky (Shia LeBouf) berduet dengan Bumblebee dalam Transformers: Dark of the Moon.

Ceritanya mobil klasik Lotus Esprit 1988 ini sudah ditinggalkan oleh pemiliknya sampai karatan selama 20 tahun. Kaca depannya sudah copot. Bagian dalam mobil banyak yang rusak dan jamuran. Lotus tergolek begitu saja seperti tanpa pemilik di ruang terbuka di Texas Utara, Amerika Serikat. Dilupakan oleh sang pemilik. Mungkin pemilik lamanya sudah kebanyakan duit, kebanyakan mobil atau merasa bosan.

Akhirnya ‘dipungut’ oleh seorang car enthusiast dengan harga murah banget, cuma US$ 300. Lebih murah dari harga handphone buatan Cina. Oleh pemiliknya yang baru, Aaron Bunch, langsung itu mobil dibersihkan sehingga kelihatan menjadi lebih mendingan. Sang pemilik bahkan memvideokan aksinya ‘memungut’ dan membersihkan Lotus Esprit 1988, lalu memostingnya di channel Youtube.

Dari kondisi jelek, mobil jadi tambah kinclong. Tapi memang ada beberapa material kabin mobil yang terkelupas karena tidak dirawat sama sekali. Mesinnya juga masih bisa menyala. Untuk menyalakan mesin bukan PR berat. Cuma diotak-atik sedikit sistem bahan bakarnya, langsung bisa menyala. Mesin tersebut mampu melontarkan tenaga 210 hp dan torsi puncak 271 Nm.

Lotus Esprit 1988

Waktu mau ditowing ke rumah Aaron, kondisi ban dan velg sudah jelek. Jadi agar mobil bisa menggelinding lebih baik, butuh velg dan ban baru sehingga saat ditowing bisa lebih baik lagi. Aaron pun memasangkan velg dan ban baru, setelah itu dinaikkan ke towing car.

Pencucian mobil dilakukan di rumah pemilik baru. Disemprot dengan semprotan air bertekanan tinggi sehingga kotoran-kotoran yang menempel pada bodi bisa hilang. Menurut Aaron, kalau dikumpulkan, kotoran di bodi dan dari interior mungkin bisa 40 literan. Jok mobil sendiri sudah tidak bagus, sehingga dibuang Aaron, sedangkan bagian karpet masih bagus. Tinggal divakum dan dibersihkan saja.

Lotus Esprit 1988

Meski sudah ditelantarkan selama 20 tahun, mesin 4 silinder turbocharge 2.2 liter yang diusung Lotus Esprit masih bagus. Sealing dan gasketnya memang sudah getas karena usia sehingga perlu diganti.

Bagian lain yang butuh sentuhan penggantian adalah sistem kopeling hidroliknya. Perbaikan di bagian girboks 5 percepatan buatan Citroen ini memang tidak sederhana, tapi bisa dilakukan. Mau tahu selengkapnya bagaimana proses Aaron menyelamatkan mobil klasik Lotus Esprit 1988 ? Tonton saja serialnya di channel Youtube ATS Racing “Lotus Esprit Rescue’.

Kisah ini juga mengingatkan kita pada tulisan-tulisan barn find lainnya yang selalu ditulis oleh Carvaganza. 

(EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda