Verstappen dan Red Bull Tunjukkan Mentalitas Juara di GP Hongaria 2022

Red Bull GP Hongaria

TANGERANG, Carvaganza – Grand Prix Hongaria 2022 menjadi balapan terakhir musim ini di F1 sebelum libur musim panas. Di saat Ferrari kuat diprediksi akan mendominasi balapan, justru Red Bull yang sukses merebut kemenangan oleh Max Verstappen. Mental seorang juara dunia dibuktikan oleh Verstappen pada kesempatan ini.

Kemenangan diraih oleh Verstappen berbekal hanya start dari posisi ke-10. Selain karena karakter sirkuit Hungaroring yang kurang cocok dengan mobil RB18, cuaca juga mempersulit Verstappen raih performa optimal saat kualifikasi. Bahkan Sergio Perez gagal mencapai sesi Q3 di kualifikasi, karena hanya mampu meraih posisi ke-11.

Perlahan tapi pasti, strategi tepat diambil oleh Red Bull untuk mengantarkan pembalapnya itu mencapai posisi pertama. Verstappen finish pertama di depan duo Mercedes, Lewis Hamilton di posisi kedua dan George Russell di posisi ketiga. Sementara Ferrari yang lebih kompetitif di Hungaroring, justru harus puas finish keempat dan keenam.

Max Verstappen

“Kemenangan yang luar biasa bagi Max Verstappen di GP Hongaria. Menyuguhkan balapan yang menarik untuk diikuti, melihat posisi start dan sirkuit yang menyulitkan pembalap, namun Verstappen bisa menunjukkan mental juara yang didukung dengan talenta terbaik, serta performa RB18 dan strategi yang tepat dari tim. Sanjungan juga untuk Sergio Perez yang kompetitif sepanjang balapan, meski terkendala dengan perubahan cuaca,” kata Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants (EMLI), merek pelumas yang sponsori Red Bull Racing.

Baca Juga: Vettel Pensiun Dari F1 Tahun Depan, Posisinya Digantikan Alonso

Strategi jitu dari Red Bull meliputi timing pergantian dan pemilihan kompon ban yang tepat saat balapan. Cuaca yang dingin bahkan sempat sedikit diguyur gerimis di beberapa area sirkuit, yang semakin membuat kondisi tricky. Verstappen juga sempat melintir setelah menyalip Charles Leclerc, yang tidak lama kemudian berhasil menyalipnya kembali. Kemenangan diakuinya di luar dugaan.

Red Bull Racing

“Di luar dugaan bisa menang balapan kali ini padahal start dari posisi 10, terutama di lintasan seperti ini yang sangat sulit untuk menyalip,” kata Verstappen. “Semuanya berlangsung rapi dan secara keseluruhan kami melakukan pekerjaan yang bagus sebagai tim. Kali ini adalah balapan yang terbaik buat saya, meskipun sempat melintir 360 derajat.”

Sementara Perez, dari start di posisi ke-11 berhasil naik untuk meraih finish di posisi ke-5 saat balapan. Kondisi trek yang dinamis dan sempat ada safety car dimanfaatkannya untuk memaksimalkan strategi. Hasil finish di Hongaria membawa Perez untuk kembali unggul dari Carlos Sainz, bahkan merebut posisi ketiga di klasemen pembalap.

Baca Juga: Porsche 911 GT3 R Meluncur, Generasi Baru yang Lebih Murah Buat Tim Balap

Setelah libur selama satu bulan, F1 akan kembali lewat seri Grand Prix Belgia 2022 di Spa-Francorchamps. Diharapkan dari libur panjang ini, Red Bull bisa menunjukkan progres positif dari pengembangan mobil untuk meraih gelar juara kembali. Puncak klasemen pembalap masih dipegang Verstappen dengan total 258 poin, sementara Perez di posisi ketiga dengan 173 poin.

Red Bull GP Kanada 2022

“Dari 13 balapan berlangsung, Verstappen mampu menang 8 kali dan Perez menang 1 kali. Balapan masih ada 9 seri lagi, dominasi podium tentunya sangat ditunggu oleh para penggemarnya di Indonesia, dan keduanya bisa kembali memperebutkan titel juara dunia F1 2022,” tambah Sri Adinegara. “Tentunya hasil tersebut akan menjadi kebanggaan Mobil Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1.”
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Ferrari 296 GT3 Gantikan 488 Tahun Depan, Tapi Lepas Sistem Hybrid

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature