Vettel Pensiun Dari F1 Tahun Depan, Posisinya Digantikan Alonso

Vettel Alonso

JAKARTA, Carvaganza – Menyambut libur musim panas dari kompetisi Formula 1 tahun ini, dua berita besar datang terkait perpindahan pembalap. Dua juara dunia mengumumkan masa depannya untuk musim depan, yaitu Sebastian Vettel dan Fernando Alonso. Keduanya akan sama-sama membuka chapter baru dari karir balapnya masing-masing.

Sebelum Grand Prix Hongaria 2022 pekan lalu, Vettel mengumumkan akan pensiun dari F1 pada akhir musim ini. Pembalap tim Aston Martin itu memutuskan untuk menyudahi karir balapnya di F1, untuk fokus pada kehidupan pribadinya. Keputusan ini seolah menjadi petir di siang bolong bagi para penggemar F1 dan tentunya Vettel, yang tidak diduga sebelumnya.

Cara yang unik dilakukan juara dunia F1 empat kali itu dalam mengumumkan pensiunnya. Vettel pada akhirnya membuat akun media sosial pribadinya setelah sekian lama, yaitu Instagram. Sehari setelah akun itu meledak dan diketahui khalayak, pengumuman pensiun muncul sebagai unggahan pertama Vettel di Instagramnya.

Sebastian Vettel

“Dengan ini saya mengumumkan saya akan pensiun dari F1 usai musim 2022. Saya mencintai olahraga ini. F1 merupakan pusat kehidupan saya sejak dulu. Tapi meski begitu banyak kehidupan di atas trek, ada juga kehidupan saya di luar trek,” sebagian pernyataan Vettel dari video pengumuman tersebut.

Baca Juga: Project24, Hypercar Terbaru Maserati Bertenaga 740 HP

Ingin lebih mendekatkan diri dengan keluarganya disebut menjadi alasan utama Vettel untuk pensiun dari balapan. Tidak disebutkan spesifik apakah dirinya hanya pensiun mundur dari F1 atau berhenti balapan sepenuhnya. Banyak yang menduga Vettel akan hijrah ke ajang balapan lain, mengingat usianya yang belum tergolong tua sebagai pembalap.

Empat gelar juara dunia diraih Vettel pada tahun 2010, 2011, 2012, dan 2013, bersama Red Bull Racing di masa jayanya. Sepanjang karirnya, Vettel sukses mengoleksi 53 kemenangan balapan dan 122 kali berdiri di podium. Kemenangan perdananya pada tahun 2008 bersama Toro Rosso di Monza, sementara kemenangan terakhirnya diraih di Singapura tahun 2019 bersama Ferrari.

Alonso Vettel

“Karir saya di F1 sudah tidak sejalan dengan keinginan saya untuk menjadi ayah dan suami yang baik. Target saya sudah berubah dari memenangi balapan dan kejuaraan dunia, menjadi melihat anak-anak saya tumbuh. Membantu mereka saat mereka jatuh, mendengarkan mereka ketika mereka butuh saya,” lanjut Vettel yang sejak tahun lalu aktif dalam kampanye terkait isu sosial.

Alonso Sambut Kursi Kosong Vettel

Hanya dalam hitungan hari setelah Vettel umumkan pensiunnya, kursi kosong di Aston Martin langsung disambut oleh Fernando Alonso. Di saat gencar dikabarkan akan memperpanjang kontraknya dengan Alpine, Alonso justru memilih untuk bergabung dengan tim pabrikan asal Inggris tersebut. Artinya, satu kursi di Aston Martin akan diisi seorang mantan juara dunia setelah ditinggalkan mantan juara dunia lainnya.

Baca Juga: The Monster Porsche 911 GT3 RS Rilis 17 Agustus, Linknya Di Sini

Proyek jangka panjang dari investasi Lawrence Stroll sebagai pemilik tim dan ayah dari Lance Stroll yang membalap di Aston Martin, menjadi alasan Alonso untuk bergabung. Alonso melihat prospek Aston Martin cukup menjanjikan ke depannya untuk berkembang dan menjadi lebih kompetitif.

“Tim Aston Martin ini jelas menerapkan energi dan komitmen untuk menang, dan karena itu menjadi salah satu tim paling menarik di Formula 1 saat ini,” kata Alonso. “Saya sudah kenal Lawrence dan Lance selama bertahun-tahun dan sangat jelas bahwa mereka punya ambisi dan semangat untuk sukses di Formula 1. Saya sudah melihat tim ini secara sistematis menarik orang-orang hebat dengan silsilah pemenang, dan saya telah menyadari komitmen besar untuk fasilitas dan sumber daya baru di Silverstone.”

Fernando Alonso

Bergabungnya Alonso juga di luar dugaan banyak pihak. Karena saat Vettel umumkan pensiun, dirinya menyarankan nama Mick Schumacher untuk menjadi penggantinya di Aston Martin. Apalagi dengan rumor yang santer menyebut Alonso bertahan di Alpine, yang pernah mengantarkannya menjadi juara dunia saat bernama Renault.

Alonso bergabung ke tim berwarna hijau ini dengan kontrak yang disebut berdurasi tiga tahun. Kontrak termasuk klausul untuk berpisah sebelum durasinya berakhir, seandainya progress Aston Martin tidak sesuai harapan Alonso. Hengkangnya Alonso juga diyakini untuk memberi jalan masuk ke F1 untuk Oscar Piastri, juara F2 2021 yang juga didikan akademi Alpine.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: HRSC 3 Jadi Kompetisi Internasional, Pakai Sirkuit dan Mobil Baru

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature