Beranda Updates Toyota Siapkan Mobil Listrik Khusus Olimpiade Tokyo 2020

Toyota Siapkan Mobil Listrik Khusus Olimpiade Tokyo 2020

TOKYO, 26 Agustus 2019 — Toyota menyiapkan diri secara serius jelang Olimpiade Tokyo dan Paralimpik Tokyo 2020 mendatang. Toyota Motor Corporation merupakan mitra penyelenggaraan menyiapkan 3.700 kendaraan. Bahkan beberapa diantaranya merupakan mobil yang dirancang khusus untuk event olahraga empat tahunan tersebut.

Toyota mengatakan 90 persen dari 3.700 kendaraan tersebut adalah armada berpenggerak listrik. Bermacam teknologi akan ditunjukkan Toyota, antara lain kendaraan listrik hibrida, kendaraan berbahan bakar hidrogen, plug-in electric, hingga battery electric vehicle (BEV).

Sebelumnya Toyota sudah mengumumkan akan menggunakan Mirai sebagai salah satu armada. Selain itu, Toyota juga akan mengoperasikan mobil-mobil khusus yakni Toyota APM (Accessible People Mover), e-Palette, serta Toyota Concept-i.

Toyota Concept-i

Toyota Concept-i

Setelah diperkenalkan pada 2017, Toyota melansir Concept-i yang sudah mendekati versi produksi. Concept-i adalah bagian tercanggih dari parade mobil Toyota selama penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Toyota Concept-i berbentuk sedan futuristik dengan kapasitas empat penumpang. Sedan dengan penggerak listruk ini mengusung teknologi swakemudi yang dilengkapi kecerdasan buatan (artificial intellegent).

Mobil berkelir putih itu memiliki tugas ganda selama turnamen, sebagai armada operasional serta agen yang memperkenalkan fungsi maupun mobilitas masa depan kepada pengunjung, termasuk fitur kecerdasan buatan yang akan mengenali keinginan penumpangnya.

Toyota Accessible People Mover

Accessible People Mover (APM)

Sesuai namanya, Accessible People Mover (APM), mobil itu menawarkan mobilitas untuk seluruh orang yang terlibat dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, baik atlet, staf, hingga pengunjung.

Mobil berbentuk bus kecil dengan bangku panjang itu dapat juga mengantarkan orang berkebutuhan khusus, termasuk wanita hamil dan orang-orang lanjut usia.

APM menggunakan tenaga baterai dengan jarak tempuh 100 kilometer. Kendati hanya bisa berjalan maksimal 19 kilometer per jam, APM diklaim aman untuk seluruh penumpang dan dapat membawa orang dengan kursi roda.

Toyota e-Palette

e-Palette

Ada juga e-Palette memiliki fungsi yang menyerupai APM, untuk mengangkut staf, atlet, dan pengunjung biasa, maupun orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Bedanya, jika APM masih dikendalikan supir, e-Palette dapat berjalan sendiri alias swakemudi. Mobil itu memiliki lantai yang rendah sehingga memudahkan kaum lansia dan pengguna kursi roda untuk naik ke kabin dan duduk di kursi yang memanjang ke belakang.

Jika APM hanya memuat enam penumpang, e-Palette mampu mengangkut 20 orang termasuk empat penumpang berkursi roda.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Mitsubishi Motors Donasikan Pajero Sport untuk BLK Samarinda

SAMARINDA, 22 Oktober 2019 - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), kembali melanjutkan program Mitsubishi CSR Education Program...

17 Klub Daihatsu Ikuti Edukasi Keselamatan Berkendara

TANGERANG, 22 Oktober 2019 – Sebanyak 60 member dari 17 klub mobil Daihatsu kembali mengikuti rangkaian event ‘Auto Clinic 2019:...

Puncak Touring “BCI 4th Anniversary” Berlangsung Meriah di Bali

JAKARTA, 22 Oktober 2019 -- Komunitas Brotherhood Club Indonesia BCI) menyelesaikan touring dari kota Banyuwangi hingga pulau Bali dengan mengusung...

Beginikah Tampang Honda Jazz Baru?

TOKYO, 22 Oktober 2019 – Jelang peluncuran All-New Honda Jazz di ajang The 46th Tokyo Motor Show 2019, Rabu (23/10/2019)...

Ini Hasil Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad di Jambi

Ini Hasil Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad di Jambi JAMBI, 20 Oktober 2019 – Propinsi Jambi pada weekend kemarin (19 – 20 Oktober) kemarin...