Toyota Prius 2016 Gunakan Baterai Kecil

Jakarta, 14 Oktober 2015 - Toyota mengumumkan detail dari Prius  2016 yang mulai dijual pada awal tahun depan. Toyota Prius 2016 dibekali dengan mesin 1.8L VVT-i dengan motor elektrik.  Dengan rekayasa ulang pada mesin, Toyota Prius 2016 memiliki efisiensi maksimum hingga 40% hanya dari mesin bensinnya. Dengan pengembangan tersebut Toyota akan membanderol Prius 2016 sekitar US$ 25.000 di Amerika.

Selain itu, dimensi motor listrik juga dibuat lebih kompak dan menggunakan material baru yaitu nikel metal hydride hybrid (NI-MH). Keuntungannya, baterai memiliki kepadatan yang tinggi sehingga dapat menyimpan jumlah daya yang sama dengan model lama namun dalam dimensi yang kecil.

Toyota Prius 2016 dibangun di atas platform Toyota New Global Architechture, yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar namun torsi yang maksimal. Secara dimensi Prius 2016 memiliki tampilan yang jauh lebih dinamis, lebih rendah dan pusat gravitasi yang rendah.

Interior Prius juga diperbaharui di antaranya dual-multi information display berukuran 4.2 inci dan penyematan beberapa fitur terbaru. Terdapat paket keselamatan Toyota Safety Sense P yang meliputi Pre-collision System with Pedestrian Detection. Selain itu tersedia pula Full-speed Dynamic Radar Cruise Control dan Intelligent Parking Assist.

Selama dua dekade Toyota Prius telah terjual sebanyak 8 juta unit di seluruh dunia dan model terbarunya yang akan meluncur pada 2016 bersamaan dengan Toyota Mirai.

ALVANDO NOYA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda