Beranda Features TIPS: Perhatikan Ini, Saat Parkir Mobil Selama Masa Pandemi

TIPS: Perhatikan Ini, Saat Parkir Mobil Selama Masa Pandemi

Ilustrasi: insider.com

JAKARTA, Carvaganza.com – Sejak #WorkFromHome diterapkan praktis kendaraan Anda lebih banyak di tempat parkir. Lebih sering ngejogrog ketimbang digunakan. Tapi bukan berarti dibiarkan begitu saja. Mobil Anda tetap butuh perhatian. Selain merawat dan membersihkan, memilih tempat parkir juga penting. Nah, seperti apa parkir yang benar?

Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto berbagi tips-nya dengan OTO. Ia mengatakan aturan pertama adalah area parkir sebaiknya memiliki permukan datar. Hal ini akan membantu memudahkan pemeriksaan kuantitas semua cairan, baik itu pelumas, brake fluid atau bensin lebih akurat.

Fungsi lainnya adalah membebaskan pemakaian rem tangan. Mobil yang diam cukup lama sebaiknya tak mengaktifkan fitur ini. Soalnya kampas yang menjempit cakram atau tromol berpotensi lengket. Membuat mobil tak bisa bergerak. Dalam beberapa kasus bahkan terbilang cukup parah, membuat ban terseret. Tentunya ini sangat membahayakan, sekaligus membuat roda rusak.

“Apalagi sehabis dicuci. Air yang masuk ke dalam rem bisa membuatnya semakin lengket,” jelas Boediarto dalam MMKSI Ngabuburit Virtual Interview akhir pekan lalu.

Bagaimana alternatifnya agar mobil tak bergerak? Triknya mengganti posisi transmisi ke gigi satu pada mobil bertransmisi manual. Begitu pula versi otomatis, geser tuas ke indikator P. Boediarto menbatakan tak perlu takut melakukannya, karena dikatakan Boediarto tak mempengaruhi kinerja persneling waktu dikendarai lagi. Sebagai tambahan, pasang ganjalan ke empat roda. Baik di depan maupun di belakangnya.

Baca juga: TIPS: Begini Urutan Mencuci Mobil Supaya Bersih Saat #DiRumahAja

Rem Tangan Lengket

Jika rem tangan terlanjur lengket, Boediarto menyarankan untuk menjalankan mobil ke depan-belakang secara perlahan dan terus-menerus. Tindakan ini dapat mengurangi daya lekat, sehingga cengkraman kampas bisa longgar. Namun, bila tak berhasil. Segera hubungi mekanik. Anda bisa memanfaatkan fasilitas emergency yang dapat dipanggil.

Selama masa pandemi, produsen otomotif banyak menggalakkan layanan perawatan dan perbaikan ke rumah. Tak terkecuali Mitsubishi Indonesia. “Memang kalau sudah parah, agak sulit. Mau tidak mau panggil mekanik. Biar nanti diperbaiki. Tinggal hubungi diler resmi kami,” terangnya.

Lantas bagaimana dengan mobil yang terpaksa parkir di jalan landai? Tak perlu panik. Kondisi ini sah-sah saja dilakukan. Karena tak memberikan efek buruk pada kendaraan. Dan tetap bisa mengimplementasikan pelepasan rem tangan. Namun, ganjalan di roda harus benar-benar mumpuni. Membelokkan ban turut diperlukan untuk menahan gerak. Apabila mobil mengarah ke bawah, putar kemudi ke arah trotoar. Sementara ketika hidung mobil menghadap ke atas, belokkan berlawanan trotoar.

Baca juga: TIPS: Parkir Lama Karena PSBB, Coba Cek Cairan Mobil Anda

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...