Beranda Drives TEST DRIVE: Menikmati Sensasi BMW X4 Diesel di Thailand

TEST DRIVE: Menikmati Sensasi BMW X4 Diesel di Thailand

RAYONG, 7 Februari 2019 – Rayong, kota di bagian selatan Thailand, akhir Januari lalu sangat cerah. Matahari bersinar terang dengan sedikit awan di langit. Maklum, salah satu changwat atau provinsi di Thailand itu memang berada di dekat dekat pantai, tepatnya di dekat Teluk Thailand. Carvaganza menyambangi kota ini untuk melakukan test drive BMW X4, Sport Activity Coupe (SAC) terbaru milik BMW.

Undangan ini sangat menarik. Pasalnya, Carvaganza sudah bisa merasakan sensasi mobil yang baru diluncurkan di Indonesia hari ini, Kamis, 7 Februari 2019. BMW Thailand memang sudah lebih awal meluncurkan model X4 untuk para pecinta BMW di negara tersebut. Model yang sudah dijual adalah versi bermesin diesel.

BMW X4 di Thailand hanya diproduksi satu varian, berbekal mesin diesel 2.000 cc. Mesin diesel baru dengan kode B47 ini menghasilkan tenaga 184 hp pada putaran mesin 1.750 rpm dan torsi 350 Nm pada 2.750 rpm. Sedangkan di Indonesia hanya mesin bensin berkapasitas 2.000cc. model X4 tersebut hadir dengan nama xDrive20i M Sport. Mesin tersebut dikombinasi dengan transmisi otomatis 8-kecepatan.

Dari sisi tampilan, model terbaru X4 ini terlihat lebih anggun, sexy dan tetap sporty dibanding model sebelumnya. Bagian fascia depan mirip dengan X3 yang lebih awal hadir, hanya saja ia tampak lebih panjang. Ia juga sudah menggunakan active kidney grille untuk menambah pasokan udara dalam mendinginkan mesin.

Sedangkan untuk lampu ia tetap mempertahankan penggunaan Bi-LED serta Daytime Running Lights. Hanya pada lampu kabut sekarang model baru segaris horizontal memperkuat kesan sporty. Velg berdiameter 20 inci model dual spoke menjadikan ia semakin mewah.

Bagian buritan juga tampil lebih sexy. Bagian pantatnya lebih panjang seperti kakaknya BMW X6. Perbedaan yang membuatnya selain lebih bohay, ia juga elegan dan futuristik. Terlihat dari lampu belakang yang menggunakan konsep 3D disertai bohlam LED.

Kami melakukan perjalanan menuju wilayah Rayong. Jalan yang saya lalui adalah jalur tol dan bebas hambatan. Saat awal menginjak pedal gas memang ia terasa sedikit dalam tapi selebihnya ia cukup memberikan sentuhan saja maka mobil akan melaju dengan mudah. Bahkan ketika berada pada 100 km/jam jarum rpm menunjuk pada angka 2.000 rpm yang artinya mobil ini terbilang irit bahan bakar meskipun berbodi bongsor.

Dengan mudahnya mobil ini melesat cukup kencang. Bahkan saya juga menyatakan ia seperti klaim BMW dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 8 detik saja. Untuk sebuah bodi besar nan panjang ini terbilang cukup mudah.

Saat melalui jalur yang sedikit bumpy dan speed trap, bantingannya cukup empuk. Bahkan di sisi belakang juga menurut teman saya nyaman. Suspensi ini sudah menggunakan adaptive suspension sehingga dapat mengikuti mode berkendara yang diinginkan.

Menikung dengan kecepatan tinggi juga saya lakukan, hasilnya cukup menggiurkan seperti membawa sebuah sedan sport. Bodi mobil terasa sangat stabil dan saat belok sangat mudah. Tidak hanya itu, berkat dukungan transmisi streptonic juga mengasyikkan saya ketika ingin menurunkan transmisi dengan menggunakan tuas transmisi.

Berbagai fitur menarik disematkan juga pada interior dan system entertainment milik X4. BMW iDrive infotainment terpampang pada layar sentuh 10,3 inci di tengah dashboard seperti model-model BMW lainnya. Bahkan ia juga sudah dapat BMW gestures, sehingga Anda tidak perlu susah untuk mengoprasikan infotainment hanya tinggal menggunakan jari saja. Selain itu ia juga sudah terdapat Apple CarPlay, Bluetooth, Wi-Fi hotspot dan wireless charging.

BMW X4 ini ditawarkan dengan 4 pilihan warna seperti Phytonic Blue, Sparkling Storm, Flamenco Red dan Sunstone Metallic. Selain itu, ia akan menjadi rival yang harus dipertimbangkan bagi Mercedes-Benz GLC 300 4 Matic Coupe dan Audi Q5.

Seperti apa pengalaman Carvaganza? Baca laporan lengkapnya di majalah Carvaganza edisi Februari.

BMW X4 xDrive20d M Sport

Layout: SAV Coupe, 5 pintu, 5 penumpang, AWD
Mesin: 2.0L BMW Twin Turbo 4-cylinder, 190Hp @ 4.000rpm, 400 Nm @ 1.750-2.500 rpm
PxLxT: 4752 x 1918 x 1621mm
Transmisi: Otomatis 8-kecepatan dengan manual shift
Top Speed: 213 Km/jam
0-100 Km/jam: 8 detik
Wheelbase: 2864 mm
Bobot kosong: 1815 Kg
Tangki BBM: 68L
Rekomendasi BBM: Dexlite

VALDO PRAHARA (THAILAND)

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza