Terdepan di Grand Prix Meksiko 2022, Verstappen Cetak Rekor Kemenangan Terbanyak Semusim

Verstappen GP Meksiko

TANGERANG, Carvaganza – Sebuah rekor baru telah resmi dicetak oleh Max Verstappen lewat kemenangannya di Grand Prix Meksiko 2022, akhir pekan lalu. Dengan kemenangan di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Verstappen menjadi pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim, sepanjang sejarah Formula 1.

Dengan telah meraih 14 kemenangan balapan di musim ini, pembalap Red Bull Racing itu telah mencetak rekor baru. Verstappen melewati rekor kemenangan terbanyak dalam semusim yang sebelumnya dipegang oleh Michael Schumacher dan Sebastian Vettel, yang sempat disamainya saat menang di Amerika Serikat lalu.

Berbekal pole position, Verstappen finish terdepan di Meksiko dalam balapan sepanjang 71 lap dan disaksikan langsung oleh 395 ribu orang di sirkuit. Pembalap tuan rumah sekaligus rekan setimnya, Sergio Perez, juga berhasil meraih finish tiga besar untuk berdiri di podium.

GP Meksiko

“Secara bersamaan Max Verstappen kembali mempersembahkan kemenangan, dan mengukir sejarah kemenangan terbanyak, yaitu 14 kali kemenangan selama satu musim. Rekor ini sekaligus mengalahkan legenda balap Michael Schumacher (2004) dan Sebastian Vettel (2013) yang menang 13 kali sepanjang musim,” kata Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), Sri Adinegara.

Baca Juga: Speknya Lebih Mantap Untuk Balap, Toyota GR Supra GT4 EVO Debut Tahun Depan

“Di sisi lain, tim juga berusaha mengantarkan Perez bisa naik podium di depan para penggemarnya, dan kembali menempatkan Perez pada posisi dua klasemen, dan podium ganda ketujuh kali bagi Red Bull Racing di musim ini.”

Di balapan ini, Verstappen mendapat tekanan dari duo pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell. Pertarungan via strategi pit berhasil membawa Red Bull unggul, mempertahankan posisi terdepan tetap dipegang oleh Verstappen. Pembalap yang telah mengunci gelar juara dunia pembalap 2022 ini pun memuji hasil kerja tim yang berhasil menambah koleksi kemenangannya.

“Balapan yang luar biasa sepanjang musim ini, kami benar-benar menikmatinya dan kami akan mencoba untuk menambah lagi kemenangan,” kata Verstappen. “Meraih 14 kemenangan sepanjang musim merupakan hasil kerjasama semua di tim, berharap ini bisa dipertahankan oleh tim Red Bull Racing.”

Podium GP Meksiko

Berhasil berdiri di podium di hadapan para pendukung di negaranya sendiri, Perez mengakui menjadi hasil yang luar biasa. Terlebih hasil ini membantunya untuk mengejar posisi kedua di klasemen pembalap, bersaing dengan Charles Leclerc yang harus puas finish keenam.

“Terasa sangat luar biasa bisa di podium, tapi saya ingin lebih di balapan ini. Sirkuit ini sangat luar biasa, penonton yang datang, dan saya tak akan lupakan momen ini berkat kehadiran mereka,” kata Perez yang dua musim berturut-turut sukses raih podium di balap kandangnya.

F1 berikutnya akan berlanjut ke Grand Prix Brazil 2022, tanggal 14 November 2022. Verstappen sudah aman menjadi juara dunia F1 2022 dengan Raihan 416 poin sejauh ini. Sedangkan Perez kembali ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 280 poin, menggeser Leclerc. Dua balapan tersisa masih akan digelar musim ini.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Nissan Sunny 1987 Dikonversi Pakai Motor Listrik, Tenaganya Naik 3 Kali Lipat

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature