Beranda Updates Terdampak COVID-19, KTB: Kami Tak Mau Memaksakan Diri

Terdampak COVID-19, KTB: Kami Tak Mau Memaksakan Diri

JAKARTA, Carvaganza.com — Merosotnya penjualan di tengah pandemi corona (COVID-19) tidak hanya terjadi di sektor kendaraan penumpang, tetapi juga pada kendaraan komersial. Seperti PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai APM Mitsubishi Fuso di Indonesia yang mengalami penurunan penjualan terimbas COVID-19.

Presiden Direktur KTB, Naoya Takai mengatakan, pandemi membawa dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian, termasuk bisnis kendaraan niaga. “Dari data retail sales kendaraan niaga (semua merek) turun hingga 36,1 persen untuk periode Januari-April 2020 dibanding periode yang sama tahun lalu,” ujar pria yang akrab disapa Rocky saat konferensi virtual bersama media, Rabu (20/5/2020).

Sepanjang Januari – April 2020, khusus KTB mencatat penjualan sebanyak 9.628 unit. Angka ini turun 28,3 persen jika dibanding periode yang sama tahun lalu. Meski begitu, angka ini masih tergolong positif. Pasalnya, pencapain sales ini masih menjadi absolute market leader dengan market share 47,8 persen.

Penurunan yang dialami Mitsubishi Fuso ini, lebih kecil ketimbang yang dialami pasar kendaraan komersial secara keseluruhan. Pasar kendaraan komersial sendiri secara keseluruhan (Januari – April 2020) turun 36 persen.

Duljatmono, Direktur Marketing PT KTB mengakui jika dibandingkan dengan original plan, hasil sejauh ini jauh berbeda karena situasinya. “Kalau dibandingkan dengan target awal, ya sudah jauh,” ungkapnya. Sebagai informasi, KTB tahun ini menargetkan penjualan 46.900 unit, naik 12 persen ketimbang pencapaian di 2019, yang berada di angka 41.736 unit.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi sangat memengaruhi pasar kendaraan niaga di Indonesia. Sebab, kendaraan niaga merupakan salah satu segmen yang berkaitan erat dengan pertumbuhan dan aktivitas ekonomi. Gaikindo mencatat penjualan ritel truk sepanjang 3 bulan pertama 2020 sebanyak 16.867 unit, turun 28 persen dibandingkan periode yang sama 2019. Sementara pada 3 bulan pertama tahun lalu, total pengiriman truk ke konsumen tercatat sebanyak 23.574 unit.

Baca juga: KTB Sediakan FUSO Home Service untuk Layani Konsumen

Program Aftersales

Untuk tetap menjaga denyut perusahaan, KTB memberikan program spesial di tengah Pandemi COVID-19. Program bertajuk ‘Siaga Melayani Di Saat Pandemi’ ini menawarkan paket servis dengan harga spesial bagi para konsumen. Layanan purna jual ini berlangsung pada Mei – Juni 2020.

Promo servis KTB ini terdiri dari tiga macam paket, yaitu perawatan ringan, sedang, dan berat. Konsumen akan mendapatkan spesial diskon sparepart dan jasa sampai dengan 25 persen, atau mendapatkan sparepart gratis dari setiap paket servis yang dipilihnya.

Seluruh item penggantian Oli akan kami gratiskan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Promo ini juga berlaku untuk perawatan dan perbaikan kendaraan di lokasi konsumen (Home Service), maupun di bengkel resmi Mitsubishi Fuso.

Baca juga: KTB Optimalkan Field Service Advisors dan Tawarkan Paket Servis Spesial

Layanan

Selain itu, sebagai Customer’s Business Consultant, Mitsubishi Fuso mengembangkan perannya dengan melakukan peningkatkan layanan komunikasi konsultasi langsung melalui Fuso Customer Care. Konsumen cukup menghubungi 0804-1-400-400 ataupun email ke ktb@ktb.co.id dengan meninggalkan pesan berupa data diri seperti nama, alamat, dan nomor telepon dan penjelasan kendala pada kendaraan niaga Anda.

Untuk mengakomodir kebutuhan konsumen tersebut, KTB secara proaktif dan respon yang cepat selama 24 jam nonstop akan meneruskan informasi tersebut kepada Field Service Advisors.

Nantinya, tim Field Service Advisors akan langsung menghubungi kembali konsumen yang bersangkutan untuk pengaturan jadwal servis ataupun memberikan solusi terbaiknya atas kendala yang dialami pada kendaraan konsumen.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto