Beranda New Cars Tampang BMW M3 Wagon Mulai Terkuak, Galak Seperti M4

Tampang BMW M3 Wagon Mulai Terkuak, Galak Seperti M4

MUNICH, Carvaganza.com – Untuk kali pertama BMW M3 bakal hadir dalam jenis tubuh touring alias station wagon. Hal ini dibuktikan langsung oleh Divisi Motorsport beberapa pekan lalu lewat unggahan teaser di akun Instagram. Pun baru-baru ini dengan sengaja pabrikan menggoda penggemar. Terbukti mejeng video prototipe uji M3 Touring yang dibalut kamuflase, bukan tangkapan paparazzi.

Video berdurasi kurang dari 15 detik itu bisa memberikan acuan desain M3 beratap panjang. Tidak menohok hingga berubah total, secara keseluruhan masih mudah dikenali sebagai 3 series Touring. Kendati begitu, tampaknya BMW M punya strategi tersendiri guna membedakan seri standar dan Motorsport.

Diferensiasi hadir di muka, mengadopsi paras anyar kontroversial. Twin Kidney Grille superbesar terpampang jelas dan dipeluk oleh sepasang rongga menganga. Lalu, tersayat intake tipis menyudahi rancangan bumper. Ya, kalau dirunut ke belakang, rancangan grille mengacu komposisi yang mejeng perdana di 4 Series Coupe. Sementara detail bumper berikut permainan kanal udara persis mengikuti M4 dan M3.

Lenggokan bokong tidak dirombak terlalu jauh. Set lampu melebar mengikuti arahan varian standar. Jelas tidak dibiarkan ‘culun’, bumper agresif memamerkan empat lubang knalpot. Kalau mengacu pada teaser pertama, ada panel diffuser tebal sebagai rumah dari quad exhaust. Gahar. Tampak pula kuda-kuda lebih rendah mendekatkan roda dengan bibir fender. Namun detail lain belum terekspos.

Apakah akan menganut komposisi sepatu berdiameter belang dan sepatbor dibuat melar? Bisa jadi. Yang pasti sumbu roda dikonfirmasi akan lebih lebar. Pun dijelaskan lewat situs resmi, DNA M bakal terpancar kuat dari luar. Mengombinasikan performa kompetisi dengan kepraktisan penggunaan harian. Terdengar menyenangkan.

Berikut pula bisa dipastikan kehadiran pemacu inline-6 M TwinPower Turbo. Output mesin masih dirahasiakan, namun wajar bila berekspektasi tak jauh dari kemampuan M3/M4. Adalah unit S58 berkapasitas 3,0 liter dengan total keluaran daya 460-480 hp pada varian basic. Model Competition dibuat lebih ganas dengan ekstraksi sampai 510 hp. Settingan sendiri diklaim sanggup melontarkan torsi puncak hingga 650 Nm.

Sebenarnya tidak benar-benar perdana untuk M3 eksis dalam paket Touring. Awal 2000-an sempat direncanakan hadir ketika generasi E46 sedang berjaya. Bahkan bukan sekadar patung konsep, aspal sudah ia cicip. Sayang proyek pengembangan tidak berbuah jadi model produksi. Pun tidak terdengar lagi kabar kelanjutannya ketika keluarga E90 dan F30 menyapa. Baru di saat ini, estate performa tinggi 3er kembali dipertimbangkan.

Namun jangan harap muncul dalam waktu dekat. Jika duo M3 dan M4 siap mendebut bulan depan, kelahiran M3 Touring masih harus menunggu waktu sekitar 2 tahun. Pihak pabrikan perlu melakukan pengujian menyeluruh, termasuk program tuning di Sirkuit Nürburgring.

Misteri Wajah M3 Terkuak

Pertama kali 4er Coupe meluncur, interpretasi Twin Kidney Grille bisa bikin fans berat terkejut. Ada yang suka, tentu sebagian bisa jadi membenci. Namun ketika M4 mulai buka-bukaan soal desain fasad, hal itu tidak lagi mengejutkan. Justru sedikit mengguncang ketika M3 bertubuh sedan semakin vulgar. Wajahnya berubah total dari standar.

Orientasi gaya malah mengikuti evolusi 4er. Jadi terlihat diferensiasi antara spesies orisinal BMW dan garapan Divisi Motorsport. Berhidung besar, juga agresif lewat pemanfaatan intake serbaterbuka. Nah, hal ini tampaknya jadi strategi BMW M di line-up tradisional. Setidaknya untuk saat ini, baru 4er dan keluarga performa M3/M4 kebagian. Pola mulai terbentuk lewat eksistensi M3 Touring. Akankah wajah ini hadir di BMW masa mendatang atau khusus Divisi M? Semua masih tanda tanya.

Sumber: Instagram @bmwm, Carscoops

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...