Suzuki Rayakan 50 Tahun Lewat Karimun Wagon R Limited di IMX 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – 2020 menjadi tahun spesial bagi Suzuki di Indonesia, yang menandakan telah hadir selama 50 tahun. Tahun istimewa ini ditandai oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan merilis mobil edisi terbatas.

SIS merilis Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition, yang hanya diproduksi sebanyak 50 unit di Indonesia. Dengan sejumlah sentuhan khusus dan eksklusif, Suzuki melansir city car satu ini dengan banderol Rp 150,5 juta.

"Eksistensi Suzuki di Indonesia selama 50 tahun tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak atas dukungannya kepada Suzuki. Dalam rangka merayakan 50 tahun Suzuki di Indonesia, pada kesempatan ini kami mempersembahkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition,” ungkap Seiji Itayama, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales.

”Peluncuran Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition ini merupakan bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang telah mendukung Suzuki di Tanah Air."

Dibangun dari basis Karimun Wagon R GS, ia mengadopsi wajah dengan elemen serbakotak sebagai pembeda varian tertinggi. Kemudian rancangan eksterior dibikin lebih sporty lewat berbagai sentuhan. Di fascia depan, aksen chrome pada lower grille dan bezel foglamp digantikan kelir black piano. Tak hanya itu, direkatkan pula detail striping merah pada satu bilah apron dan menekankan lingkar lampu kabut.

Permainan visual warna dilengkapi ragam set decal. Spion dan handle pintu dikelir hitam mengilap, dituntaskan stiker yang menggelapkan pilar B. Tak ketinggalan set stiker decal ulang tahun Suzuki ke-50. Namun, bukan hanya visual warna, tubuh Karimun Wagon R GS direkatkan add-on kit. Meliputi spoiler depan, side skirt gondrong, rear under spoiler, dan spoiler bagasi. Sporty, menyelaraskan perpaduan aksen hitam dan merah. Semua disudahi velg gunmetal, terbungkus ban 175/65R14.

Selain dari rancangan luar, sisanya masih mudah diidentifikasi sebagai Wagon R GS yang kita kenal. Contoh ketika masuk kabin, versi limited tidak menyuarakan diferensiasi. Kursi penumpang masih memanfaatkan bangku dengan bungkus fabric. Nuansa gelap mendominasi lewat dasbor hitam ditemani aksen silver. Ruang bagasi maksimum 597 liter bersama kompartemen pintar di bawah bangku depan tetap dapat dinikmati. Pun sampai ke sarana hiburan, unit 2DIN tanpa layar tetap diadopsi.

Jantung pacu juga serupa model berjalan. Tanpa revisi peningkatan performa. Artinya, tersemat mesin K10B tiga silinder 1,0 liter DOHC 12 katup di balik bonnet. Velositas tercipta dengan kekuatan 66 hp pada 6.000 rpm. Tendangan akselerasi disokong oleh torsi puncak 90 Nm di 3.500 rpm. Semua sumber putaran kemudian tersalur ke roda depan melalui dua opsi transmisi. Pertama adalah unit manual lima percepatan atau otomatisasi manual AMT (Automated Manual Transmission) 5 speed.

Cukup disayangkan tidak ada penyempurnaan terkait peranti keselamatan. Karimun Wagon R sendiri boleh dibilang masih terbelakang dalam hal safety. Ia belum mengantongi safety features seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Set penghela laju hanya berupa komposisi cakram depan dan tromol belakang. Terkesan usang, dengan satu airbag sebagai penuntas daftar fitur keselamatan.

Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition ini dibanderol mulai dari Rp 150,5 juta untuk varian manual. Sementara itu, versi AMT dapat ditebus dengan mahar Rp 159 juta. Sebagai catatan, edisi spesial ditawarkan dalam bungkusan kelir Pearl White Metallic. Ditotal hanya 30 unit bertransmisi manual dan 20 unit AMT. Sebagai tanda pemilikan limited edition, pembeli bakal mendapatkan sertifikat khusus.

Ragam promo menarik turut ditawarkan selama IMX 2020 berjalan. Adalah Special Bonus Cashback senilai Rp 1 juta bagi pembelian mobil selama acara berlangsung. Suzuki Finance turut menawarkan gift voucher Rp 600 ribu untuk pembelian mobil penumpang serta car cover khusus Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition. Dengan catatan, syarat dan ketentuan berlaku.



AHMAD KARIM

Artikel yang direkomendasikan untuk anda