Beranda Updates Stok Pasar Menipis, Daihatsu Siap Pacu Produksi 4 Kali Lipat

Stok Pasar Menipis, Daihatsu Siap Pacu Produksi 4 Kali Lipat

JAKARTA, Carvaganza – Pasar otomotif nasional mulai menunjukkan gairah. Sejak dibukanya aktivitas perekonomian secara bertahap, industri otomotif nasional menunjukkan tren peningkatan sedikit demi sedikit. Kondisi ini membuat stok kendaraan menjadi semakin menipis mengingat hampir semua brand tidak melakukan produksi secara optimal. Hal yang sama juga terjadi pada Daihatsu, kondisi stok Daihatsu di pasar sangat terbatas, sehingga tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan secara maksimal.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada bulan Juli 2020 telah melakukan persiapan untuk melakukan produksi secara 2 shift dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Realisasi proses produksi 2 shift telah dilakukan sejak awal Agustus 2020 baik di pabrik Sunter, maupun Karawang.

Dari implementasi penerapan 2 shift produksi, diharapkan hasil produksi di bulan Agustus 2020 akan meningkat 4 kali lipat dibandingkan dengan hasil produksi bulan Juli 2020.

Penghentian sementara pabrik memang membuat produksi Daihatsu anjlok. Pada April Daihatsu memproduksi 1.330 unit. Bahkan Mei mereka sama sekali tidak melakuka produksi. Sedikit meningkat di Juni Ketika Daihatsu mengeluarkan 333 unit kendaraan.

Bandingkan dengan produksi yang dilakukan di 3 bulan pertama. Januari ada 14.162 unit, kemudian 15.699 unit pada Februari dan 17.972 pada Maret.

Dengan persiapan dan komunikasi yang baik, semua supplier Daihatsu siap mendukung peningkatan produksi ADM. Para supplier Daihatsu juga berkomitmen menerapkan protokol kesehatan walaupun permintaan produksi meningkat tajam di bulan Agustus 2020.

“Kami bersyukur, pasar mobil mulai menunjukkan peningkatan. Daihatsu berharap kondisi perekonomian Indonesia akan terus bergairah dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga memberikan dampak positif pada pasar mobil Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangannya tertulisnya, Selasa (4/8/2020).

Penjualan

Peningkatan rencana produksi ini memang sejalan dengan makin meningkatnya penjualan Daihatsu di bulan Juni lalu. Sebagai informasi penjualan Daihatsu dari Mei ke Juni menunjukkan peningkatan baik wholesales maupun retail sales.

Dikutip dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Daihatsu pada Mei lalu tidak ada namun pada Juni sudah mulai 331 unit. Memang masih sangat jauh dibandingkan di masa sebelum pandemic yang berada di angka minimal 14 ribuan unit.

Kemudian data retail sales menunjukkan pada Mei ada di angka 3.673 unit. Angka penjualan ini naik di Juni menjadi 5.558 unit. Kondisi ini belum sebaik sebelumnya. Pada 3 bulan pertama tahun ini, penjualan Daihatsu ada di angka 10-14 ribuan unit.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ngeri, Jeep Wrangler Nyangkut Di Bibir Jurang Trek Motor Trail

CALIFORNIA, Carvaganza.com -  Berpetualang adalah kegiatan yang mengasyikkan. Mengunjungi tempat-tempat baru, trek menantang dan bertemu dengan orang-orang baru. Apalagi kalau perginya dengan sepeda motor...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...