Beranda New Cars SPYSHOT: Inikah Calon Penerus BMW Seri 7 Versi Listrik?

SPYSHOT: Inikah Calon Penerus BMW Seri 7 Versi Listrik?

MUNICH, Carvaganza.com – Elektrifikasi mulai menjadi tren yang digandrungi para pabrikan besar di dunia saat ini. Tidak terkecuali pada segmen premium seperti BMW, yang akan hadirkan sedan mewah bertenaga listrik. BMW Seri 7 versi listrik digadang-gadang akan hadir sebagai i7.

Prototipe yang diyakini calon i7 baru-baru ini tertangkap kamera sedang diuji jalan oleh BMW. Lengkap dengan stiker kamuflase, BMW sepertinya ingin lebarkan persaingannya dengan Mercedes-Benz ke segmen listrik. Mercedes sendiri sudah siapkan sedan listrik mewah, melalui EQS.

Pertarungan sedan memang masih panas di antara merek Eropa meski pasar global sedang demam SUV. Duo rival bebuyutan BMW dan Mercedes-Benz punya senjata masing-masing di ranah konvensional seperti Seri 5 lawan E-Class, atau di kelas kakap antara Seri 7 dan S-Class. Persaingan sengit itu pun bakal berlanjut di dunia elektris: BMW i vs Mercedes-Benz EQ. Nah, mengikuti Mercedes-Benz yang bakal memiliki EQS, BMW tak mau ketinggalan dengan i7.

Eksistensi i7 bakal melengkapi portofolio generasi penerus Seri 7 bersama model bensin, diesel dan hybrid. Platform modular CLAR dieksploitasi, diyakini menggendong teknologi powertrain elektris teranyar mereka. Adalah eDrive generasi kelima yang sebelumnya telah hadir mempersenjatai iX3. Sebagai informasi, dalam SUV kompak elektris itu terselip sepaket motor listrik menggerakkan roda belakang melalui single-speed gearbox. Daya berasal dari baterai lithium-ion dengan klaim jarak tempuh sekitar 450 km lebih.

Walau begitu, kurang masuk akal bila tubuh gambot Seri 7 dijebloskan kekuatan iX3. Akan boyo dan kurang kompetitif meski torehan output tenaga bisa mencapai 282 hp bersama output torsi 400 Nm. Setidaknya diekspektasikan lebih dari itu agar tetap percaya diri di antara calon rival seperti Jaguar XJ elektrik dan tentunya Mercedes-Benz EQS. Keduanya menekankan performa tinggi sekaligus menjanjikan kemampuan menempuh nyaris 640 km (400 mil).

Setidaknya BMW mengklaim bahwa Seri 7 versi listrik bakal mengisi posisi puncak dan paling kuat di antara keluarganya. Dengan demikian, dapat dipastikan kekuatan melampaui unit V12 6,6 liter di balik bonnet M760Li xDrive saat ini. Sang atlet termewah sanggup menghasilkan tenaga sebesar 609 hp dengan luapan torsi fantastis sampai 800 Nm.

Entah seperti apa rancangan i7 nantinya. BMW masih sangat merahasiakan hal itu lantaran tubuh test-bed tidak menunjukkan detail sedikitpun. Set lampu depan horizontal menyerupai bumper 8 series dari era 90-an bukan sebuah petunjuk melainkan pengecoh. Apalagi kamuflase begitu tebal sehingga sulit menerka seperti apa bentuk body. Namun, kemungkinan besar grille bengkak akan bersemayam di fascia depan.

Mengingat i7 adalah keturunan elektris, rangkaian twin kidney grille sebatas formalitas alias tidak memerankan saluran udara. Sama seperti iNext, menyembunyikan ragam sensor dan kamera untuk keperluan fitur berkendara. Nah, sebagai penunjuk kehebatan pengembangan teknologi mutakhir, kapabilitas autonomous driving Level 3 iNext diharapkan ikut bermain peran.

Generasi G11/G12 bakal serah terima jabatan dengan penerus sekitar 2022. Di tahun yang sama, penerus akan memperkenalkan diri berikut versi listrik. Eksistensi i7 sendiri menjadi bagian rencana elektrifikasi line up BMW: seperempat dari total pada 2021, sepertiga pada 2025, dan setengahnya berjantung tanpa emisi di 2030. Ketika nanti ia meluncur, i7 tentu akan berbaris bersama iX3, i4 saloon, iNext, hingga varian elektris Seri 5 dan Seri 3.

Sumber: Autocar, Carscoops

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...