10 Mobil dengan Pintu Gullwing Paling Ikonik

JAKARTA, Carvaganza – Secara alamiah, mobil-mobil terkeren yang pernah ada di dunia pasti memakai pintu gullwing. Bak sayap yang membentang ketika daun pintu dibuka ke atas, gullwing doors telah menjadi fitur penting bagi mobil sport berperforma tinggi sejak dulu. Bahkan faktanya, hingga kini pintu gullwing masih dipakai oleh beberapa mobil sport modern nan mewah seperti Pagani Huayra, Mercedes SLS hingga SUV (Sport Utility Vehicle) elektrik Tesla Model X.

Cerita tentang pintu gullwing sebetulnya sangat panjang. Tetapi intinya, desain pintu gullwing pertama kali diciptakan untuk mobil balap Mercedes-Benz 300SL (W194) tahun 1952. Versi jalan rayanya diperkenalkan pada 1954 dalam wujud Mercedes-Benz 300 SL dengan kode chassis W198.

Sejak saat itu, banyak produsen mobil lain yang berusaha meniru desain pintu jenis ini untuk dipakai di kendaraan mereka untuk memberikan kesan yang futuristis. Berikut ini kami kumpulkan 10 mobil klasik yang terkenal akan pintu gullwing miliknya.

10. Melkus RS 1000

Melkus RS1000

Mungkin banyak diantara Anda yang kurang familiar dengan mobil ini. Jadi Melkus RS 1000 adalah mobil sport asal Jerman yang diproduksi mulai 1969 sampai 1979. Mobil ini dirancang oleh seorang pembalap, Heinz Melkus. Meski terdengar asing, tapi Anda pasti setuju kalau desain mobil ini malah terlihat tidak asing.

Heinz Melkus membangun mobil ini ketika Republik Demokratis Jerman sedang berada dalam kondisi sulit di bawah kekuasaan rezim Komunis. Makanya Heinz Melkus banyak mengambil komponen dari mobil lain untuk memproduksi mobil ini.

Anehnya lagi, walaupun terlihat bak supercar berperforma tinggi, ternyata Melkus RS 1000 hanya dibekali mesin kecil berkapasitas 1,0 liter yang bertenaga 70-120 hp saja. Meski begitu, bersi competition dari mobil ini sanggup melesat hingga kecepatan maksimum 165 km/jam. Tentu saja, salah satu fitur dari mobil ini yang sukses membuatnya menjadi berbeda dari lainnya dalah pintu gullwing.

9. Bricklin SV-1

Bricklin SV1

Tahukah Anda kalau Kanada pernah punya mobil sport nasional? Ya, pada 1974 sampai 1976 produsen mobil asal Kanada, Bricklin, memproduksi mobil sport 2-pintu yang dinamakan SV-1. Sayang perusahaan ini tutup. Padahal mobil ini memiliki desain yang tak kalah menarik bahkan kala disandingkan dengan muscle car Amerika Serikat pada masanya.

Bricklin SV1

Bodi kendaraan terbuat dari material fiberglass yang membuat pintu gullwing jadi mudah dibuka. Sedangkan mesin yang dipakainya adalah mesin V8 bertenaga 220 hp yang di[adukan dengan transmisi manual 4-speed. Tahun berikutnya, mesin tersebut diganti dengan mesin Ford V8 yang tenagaya justru lebih kecil, yakni 175 hp. Mesin tersebut juga dipasangkan dengan transmisi otomatis 3-speed saja.

8. DeLorean DMC-12

DeLorean DMC-12

Kalau membicarakan pintu gullwing, tak lengkap rasanya kalau tak menyebut DeLorean yang sangat terkenal itu. Mobil yang punya nama DMC-12 ini lebih dikenal dengan sebutan DeLorean. Alasannya? Ya, karena hanya inilah satu-satunya produk yang pernah diproduksi oleh DeLorean. Mobil dengan tampilan futuristis ini terlihat sangat cocok memakai pintu gullwing.

DeLorean DMC-12

Dibekali mesin 2,8 liter V6, DeLorean DMC-12 mampu berakselerasi dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 8,8 detik saja. Tidak begitu istimewa memang. Tetapi para penggemar film Back to The Future pasti tahu betapa spesialnya mobil ini.

7. Aston Martin Bulldog

Aston Martin Bulldog

Pernah lihat Tesla Cybertruck dan merasa desain kakunya itu inovatif? Mundur ke tahun 1979, ada Aston Martin Bulldog yang lebih dahulu hadir dengan desain simpelnya. Awalnya mobil sport dengan desain futuristis ini akan diproduksi sebanyak 15 sampai 25 unit di seluruh dunia Faktanya, hanya da satu unit saja yang diproduksi. Jelas satu-satunya Aston Martin Bulldog ini memakai pintu gullwing.

Aston Martin Bulldog

Memakai mesin 5,3 liter twin-turbo V8, Aston Martin Bulldog diklaim bertenaga 600 hp dan sanggup melaju dengan kecepatan maksimum 307 km/jam. Versi produksinya yang hanya satu di dunia ini mendapat penyempurnaan dari versi prototipenya.Warna hijau yang ramah terlihat lebih membumi ketimbang warna silver yang dipakai pada versi konsepnya.

6. Tesla Model X

Tesla Model X

Pintu gullwing miik Tesla Model X agak berbeda dari yang lainnya. Diberi nama Falcon Wing, pintu belakang SUV listrik ini dilengkapi dengan banyak itrasonic peripheric sensor yang dapat mendeteksi obyek di dekat pintu saat dibuka atau ditutup. Jadi sudut bukaan pintu akan disesuaikan dengan ruangan ataupun benda di dekat pintu agar pintu tidak terbentur. Meski terkesan agak berlawanan dengan kenyataan, tetapi Tesla justru mengaku kalau metoda buka-tutup pintu dengan cara ini, lebih praktis dan hemat ruang ketimbang pintu konvensional.

5. DeTomaso Mangusta

DeTomaso Mangusta

Mangusta adalah mobil road legal kedua yang dijual oleh DeTomaso Automobili SpA. Didesain oleh Giorgetto Giugiaro, mobil ini awalnya ditujukan sebagai produk kerjasama antara DeTomaso, dan Shelby. Sangking kesalnya dengan kepergian Shelby, Alejandro DeTomaso menamakan mobil ini Mangusta, atau bahasa Indonesianya Garangan. Garangan dikenal sebagai binatang pemangsa Kobra.

DeTomaso Mangusta

Salah satu elemen desain paling penting dari mobil ini adalah kompartemen mesin di belakang ditutup dengan atap kaca yang dihubungkan dengan engsel sehingga saat penutup mesinnya dibuka, ia terlihat seperti pintu gullwing.

4. Mercedes-Benz C111

Mercedes-Benz C111

Inilah mobil yang punya peranan penting bagi Mercedes-Benz. Mercedes0Benz C111 dijadikan sebagai kendaraan untuk pengembangan mesin Mercedes-Benz generasi terbaru pada periode tahun 1960-an hingga 1970-an. Bukan cuma mesin saja, fitur kabin, AC hingga kemewahan interior mereka studi pada mobil ini.

Mercedes-Benz C111

Mercedes-Benz C111 yang Anda lihat di foto ini adalah versi keduanya yang tampil di Frankfurt Motor Show 1970. Bodinya terbuat dari fiberglass dan puya desaindengan koefisien aerodinamika yang sangat baik. Mesin yang digunakan adalah mesin wankel 4-rotor yang bisa mengajak mobil berpintu gullwing ini melaju hingga kecepatan maksimal 300 km/jam.

3. Pagani Huayra

Pagani Huayra

Dewa Angin yang satu ini terpilih sebagai Hypercar of the Year oleh majaah Top Gear tahun 2015. Hanya diproduksi sebanyak 100 unit saja di seluruh dunia, semuanya telah ludes terjual. 100 unit pemilik Huayra akan dipuaskan oleh mesin AMG 6,0 luter V12 yang bertenaga 720 hp. Tak hanya performanya yang menyenangkan, tetapi mobil yang bodinya terbuat dari material carbotanium fiber ini juga sangat indah dipandang. Bahkan ketika pintunya terbuka sekalipun, karena pintunya gullwing.

2. Lamborghini Marzal

Lamborghini Marzal

Pernah berkhayal naik mobil sambil menimati pemandangan alam di sekeliling lewat kaca jendela yang besar? Lamborghini Marzal ini adalah mobil konsep yang menjawab impian Anda itu. Dipresentasikan pada Geneva Motor Show 1967, Lamborghini Marzal dibekali pintu gullwing yang terbuat hampir seluruhnya dari kaca.

Lamborghini Marzal

Konon kabarnya Bertone yang merancang mobil ini mendapat idenya ketika menggarap mobil 4-pintu GT untuk Ferruccio Lamborghini. Banyak sekali keunikan dibalik penciptaan mobil ini. Misalnya, Lamborghini Marzal dibekali mesin 1,9 liter 6-silinder. Mesin ini ternyata adalah mesin 12-silinder Lamborghini Miura yang dibelah jadi dua. Makanya inilah satu-satunya Lamborghini di dunia yang memakai mesin 6-silinder. Meski begitu, performanya tetap sanggup mengajak Marzal Concept hingga kecepatan maksimum 225 km/jam.

1. Mercedes-Benz 300SL

Mercedes-Benz 300SL

Inilah mobil yang pertama kali secara komersil memperkenalkan sistem bukaan pintu model gullwing ke dunia. Sistem pintu gullwing Mercedes-Benz 300SL memungkinkan kendaraan tetapi memiliki torsional rigidity yang tinggi tanpa harus menambah bobot. Desain revolusioner mobil ini menjadi kiblat mobil sport hingga kini. Pengaruhnya sangat kuat terhadap industri otomotif dunia. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda