Shell Ekspansi Pabrik Oli di Marunda Demi Target Produksi 300 Juta Liter

Ekspansi LBOP Shell

JAKARTA, Carvaganza - Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelumas di Tanah Air, Shell Indonesia melakukan ekspansi Lubricant Oil Blending Plant (LOBP) Marunda, Bekasi. Peningkatan fasilitas LOBP Marunda ditargetkan dapat memproduksi hingga 300 juta liter kebutuhan pelumas di berbagai sektor. Fasilitas ini merupakan kelanjutan dari LBOP Shell tahap 1 yang beroperasi pada 2015 silam dengan kemampuan produksi mencapai 136 juta liter per tahun.

KEY TAKEAWAYS

  • Shell ekspansi LOBP (Lubricant Oil Blending Plant) di Marunga

    Ditargetkan bisa mencapai produksi hingga 300 juta liter pelumas untuk berbagai kebutuhan
  • Proyek ekspansi yang diberi nama Marunda 2.0 ini dimulai pada 2020 silam yang mencakup pembuatan 40 tangki bar berkapasitas 21.000 meter kubik. Peningkatan kapasitas tersebut termasuk untuk fasiltas pencampuran serta pemasangan mesin pengisian baru dengan teknologi mutakhir. Lebih lanjut lagi, proyek ekspansi Marunda 2.0 juga diklaim sebagai proyek dengan nilai investasi terbesar yang pernah dilaksanakan oleh Shell secara global.

    "Indonesia adalah pasar yang utama bagi Shell dan investasi kami dalam perluasan pabrik LOBP di Marunda merupakan bentuk kepercayaan kami terhadap pasar Indonesia. Pelumas merupakan elemen penting yang dapat mendorong pertumbuhan berkesinambungan di Indonesia dan perluasan pabrik ini akan memperkuat rantai pasokan kami sehingga mampu melayani lebih banyak konsumen secara lebih cepat dan berkelanjutan," kata Machteld De Haan, Shell Executive Vice President.

    Ekspansi LBOP Shell

    Pabrik baru ini didukung dengan penerapan berbagai teknologi terbaru seperti peralatan pencampuran cutting-edge blending equipment, mesin pengisian berkecepatan tinggi atau high-speed filling lines, dan Automatic Mobile Robot (AMR) yang merupakan robot pintar yang mampu menurunkan, menempatkan, dan menyusun produk pelumas dari mesin pengisian kemasan untuk membantu proses pemuatan pada truk.

    Baca Juga: Alfa Romeo Siapkan Supercar Baru Tahun Depan, Terinspirasi Spider 1969

    Selain itu, fasilitas LOBP Marunda 2.0 ini juga didukung oleh fitur keberlanjutan yang merupakan bagian dari strategi Powering Progress Shell untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional. Sejumlah fitur tersebut terdiri dari instalasi panel surya yang dapat menghemat kebutuhan listrik hingga 35 persen. Tersedia pula sistem penampungan air hujan (rainwater harvesting system) untuk membantu mengurangi konsumsi air. 

    LOBP Marunda sendiri berkomitmen akan memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri di Tanah Air mulai dari mining atau pertambangan, pertanian hingga sektor otomotif. Pada sektor otomotif sendiri Shell Indonesia menghadirkan berbagai produk mulai dari Shell Helix untuk kendaraan roda empat, Shell Advance untuk motor, Shell Rimula untuk mesin diesel heavy duty dan Shell Spirax untuk pelumas transmisi.

    Ekspansi LBOP Shell

    Menurut catatan Shell Indonesia, kebutuhan pelumas terbèsar di Indonesia sendiri datang dari sektor otomotif, industri dan kelautan. Meski demikian persentase dari masing-masing industri di Indonesia tersebut setiap tahunnya terbilang cukup seimbang. Dari sektor otomotif sendiri tercatat 800 ribu unit kendaraan baru terjual pada 2021 lalu sementara kendaraan roda dua mencapai 5 juta unit untuk periode yang sama.

    Sementara itu dalam rangka menyambut era elektrifikasi di Tanah Air, Shell Indonesia juga berkomitmen akan mengambil bagian dalam menghadirkan pelumas untuk transmisi dan pelumas lainnya. Produk pelumas yang dikhususkan untuk kendaraan listrik tersebut juga dikabarkan telah tersedia namun karena pasar EV di Indonesia yang masih sedikit, Shell Indonesia belum menjual secara bebas produk pelumasnya tersebut.
    (ALVANDO NOYA / WH)

    Baca Juga: SUV Bongsor Honda Pilot Dapat Varian Khusus Off-Road

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature