Alfa Romeo Siapkan Supercar Baru Tahun Depan, Terinspirasi Spider 1969

Alfa Romeo Supercar

JAKARTA, Carvaganza – Setelah melakukan pengembangan secara rahasia dalam beberapa tahun terakhir, Alfa Romeo akhirnya mengungkapkan akan segera merilis supercar tahun depan. Hal tersebut diumumkan secara langsung oleh Jean-Philippe Imparato, Brand Chief Executive Officer dari Alfa Romeo. Ia menyampaikan ini merupakan ide yang tertunda dan akan segera terealisasi dalam waktu dekat.

KEY TAKEAWAYS

  • Alfa Romeo akan membuat supercar pertama kalinya

    Sepanjang sejarah pabrikan ini, belum pernah membuat model sportscar dengan performa selevel supercar
  • Desain supercar terinspirasi model klasik Alfa Romeo

    Alfa Romeo Spider keluaran 1969 menjadi inspirasi desain, sebagai model tercantik yang pernah mereka produksi
  • “Ketika Anda mengunjungi museum Arese, Anda melihat begitu banyak ide dari masa lalu kami," kata Imparato. “Ya, kami sedang mengerjakan sesuatu yang 'sedikit’ untuk Alfa Romeo.”

    Meski demikian, Alfa Romeo belum merilis secara detail seperti apa kendaraannya tersebut, namun yang pasti ini merupakan supercar yang sangat eksklusif dan harus melalui tahap pemesanan sebelum diproduksi. Imparato juga mengungkapkan bahwa supercar terbarunya ini akan hadir dalam konsep atap terbuka seperti Alfa Romeo Spider yang dirilis pada 1969 silam. Namun terdapat sejumlah penyempurnaan yang membuatnya lebih menarik bahkan bisa dikendarai oleh siapapun.  “Ini bisa menjadi ikonik, super seksi dan dikenali sebagai Alfa Romeo pada pandangan pertama,” tambah Imparato.

    Alfa Romeo Spider

    Saat ini tim Alfa Romeo tengah mematangkan supercarnya tersebut termasuk soal penentuan segmen dan harga resmi yang akan ditawarkan pada konsumen. Tetapi ada juga beberapa sumber yang menyatakan bahwa model terbaru Alfa Romeo ini akan menyasar segmen hypercar dengan banderol ratusan ribu US Dollar.

    Baca Juga: Bridgestone Bongkar Teknologi Ban Resmi Bawaan Honda WR-V

    Pada era 1969-1994, Alfa Romeo pernah memasarkan sportscar Spider yang hadir dalam konfigurasi 2-penumpang dan dibekali oleh mesin 4-silinder 1.6 liter. Dengan mengambil basis dari Alfa Romeo Guilia, jajaran keluarga Spider ini dikenal memiliki pengendaraan yang sangat menyenangkan di samping desainnya yang ikonik.

    Hal tersebut yang kemudian mendorong Alfa Romeo akan merilis kembali supercar terbarunya dengan konsep spider pada tahun depan. Alfa Romeo juga menyatakan bahwa model terbarunya ini tidak termasuk dalam jajaran kendaraan yang dikenalkan bersama perusahaan induknya, Stellantis.

    Alfa Romeo Giulia GTA

    Seperti yang diketahui, kerja sama antara Alfa Romeo dengan Stellantis ini dimulai dengan merilis Tonale pada tahun depan. SUV berteknologi plug-in hybrid ini merupakan model pertama yang diluncurkan Alfa Romeo bersama Stellantis dan akan diikuti oleh model terbaru lainnya seperti Giulia dan Stelvio. Jika sesuai dengan schedule, maka Alfa Romeo akan merilis lima model terbarunya bersama Stellantis pada tahun depan hingga 2030 mendatang.

    Ia juga menyinggung soal SUV kompak yang akan dirilis pada 2024 dengan teknologi full listrik atau Alfa All Electric. Kabarnya teknologi tersebut juga akan dipinjamkan untuk Jeep Avenger yang juga berada satu payung dengan Alfa Romeo. Namun Alfa Romeo lebih fokus pada pengembangan yang jauh lebih modern dan canggih, kabarnya ia akan menyematkan koneksi 5G di dalam SUV terbarunya.
    (ALVANDO NOYA / WH)

    Baca Juga: Roadster Listrik MG Cyberster Meluncur Tahun Depan

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature