Sergio Perez Menangi GP Azerbaijan, Mobil Ajak Gunakan Pelumas Berteknologi F1

JAKARTA, Carvaganza - Prestasi sekaligus kejutan dicatatkan tim Red Bull Racing Honda. Pembalap mereka berada posisi terdepan dalam balapan Formula 1 GP Azerbaijan, akhir pekan kemarin. Kejutannya, bukan Max Vertappen yang jadi juara di seri sebelumnya namun Sergio Perez yang kali ini merasakan podium teratas. Tidak ada yang memprediksi Perez akan meraih kemenangan pertamanya. Pasalnya, performa dua penantang gelar yaitu Lewis Hamilton (Mercedes) dan Verstappen terlalu kuat dibandingkan para rival. Namun akhirnya berbagai kondisi dan kejadian yang mewarnai balapan berpihak pada Perez dan sejumlah pembalap lain.

Verstappen nyaris meraih kemenangan ketika di lap ke-47 ia kehilangan kendali dan menabrak pagar pembatas lintasan lurus utama Sirkuit Baku dengan kecepatan tinggi. Balapan diputuskan untuk dihentikan sementara dengan tiga lap tersisa. Perez menyelesaikan dua lap terakhir setelah restart ketika Hamilton membuat kesalahan di tikungan pertama.

Pembalap asal Meksiko itu akhirnya masuk finish pertama dengan catatan waktu 2 jam 12 menit 36,410 detik. Ia unggul 1.385 detik dari Sebastian Vettel dari Aston Martin. Di posisi ketiga ada Pierre Gasly dari Alpha Tauri.

"Saya prihatin untuk Max, dia menjalani balapan dengan sangat baik dan dia pantas menang, tapi pada akhirnya ini adalah balapan yang fantastis bagi kami. Ketat, tapi kami mampu menyelesaikan balapan ini. Hamilton menekan saya, saya mendapati banyak tekanan dari dia. Tapi pada restart, saya bertekad, saya tidak ingin kehilangan ini," kata Checo, julukan Sergio Perez, setelah lomba.

GP Azerbaijan seringkali menampilkan balapan yang menantang karena digelar di sirkuit jalan raya yang memadukan lintasan lurus panjang untuk kesempatan overtaking yang besar, kesempatan ini diambil Perez melaju ke runway tikungan pertama dan meraih kemenangan pertamanya di Baku dan kedua dalam kariernya.

“Tentunya kami bangga Checo bisa menang di GP Azerbaijan, karena dukungan kami terus mengalir terutama dari penggemar F1 di Indonesia, apalagi pelumas yang dipakai di mobil balap RB16B menggunakan pelumas Mobil 1,” ungkap Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager.

Mobil Lubricants

Rommy menambahkan prestasi kedua pembalap Red Bull Racing Honda sejauh ini sangat membanggakan. "Checo berhasil menambah poin kemenangan kali ini, namun Max juga masih di posisi teratas klasemen sementara. Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk membuktikan keunggulan pelumas dari produsen Mobil 1 ini yang tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil Super."

Ia mengatakan digunakannya pelumas Mobil 1 oleh tim yang berlaga di balapan F1 menunjukkan kualitasnya. Tahun ini ExxonMobil Lubricants Indonesia meluncurkan varian terbaru rangkaian produk Mobil Super yaitu Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Rangkaian produk Mobil Super ini telah dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP.

Keunggulan Mobil Super All in One Protection memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu yang semakin panas yang dapat diatasi oleh Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules, sedangkan Mobil Super Friction Fighter yang dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules memberikan kesempatan untuk lebih banyak perjalanan saat mesin terlindungi dari keausan. Adapun pelumas Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, membuat usia kendaraan lebih panjang untuk lebih banyak tujuan bersama keluarga.

Setelah enam balapan, Max Verstappen masih menghuni puncak klasemen dengan 105 poin. Rekannya Perez naik ke peringkat tiga dengan 69 poin. Di tengah keduanya ada Hamilton dengan 101 poin. Harapan Rommy kedua pembalap dapat menaklukan sirkuit selanjutnya di GP Perancis, Circuit Paul Ricard, Le Castellet, pada 20 Juni mendatang.
RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda