Beranda New Cars REVIEW: Toyota New Agya, Layakkah Jadi Pilihan Pertama?

REVIEW: Toyota New Agya, Layakkah Jadi Pilihan Pertama?

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota boleh dibilang sangat pintar dalam menebak keinginan dan kebutuhan konsumen. Prestasi panjang mereka buat sejak memperkenalkan Kijang, Innova, Avanza, kini lewat Calya dan Agya. Nama terakhir mendapat racikan baru setelah diperkenalkan resmi hari ini, Kamis (19/3/2020). Perkenalan Toyota New Agya terpaksa dilakukan lewat live streaming YouTube lantaran wabah corona yang merebak di Tanah Air.

Berbagai penyegaran dan peningkatan ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui hatchback LCGC (Low Cost Green Car) andalannya ini. Untuk facelift edisi kedua sejak pertama kali diluncurkan, Agya hadir mengusung tagline “Start to Never Stop”, dengan penampilan lebih sporty dan fitur lebih lengkap.

Vice President Director PT Toyota–Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan Toyota Agya merupakan produk penting bagi Toyota. Sejak 2013, Agya menjadi bukti komitmen Toyota untuk senantiasa memberikan lebih banyak pilihan solusi mobilitas kepada pelanggan. “Kami harapkan kehadiran New Agya yang tampil makin sporty dan dilengkapi dengan advance features ini dapat makin menguatkan perannya sebagai mobil pertama pelanggan di Indonesia,” kata Henry Tanoto.

Ia mengatakan Toyota menghadirkan improvement pada Agya agar dapat terus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang senantiasa berkembang. Ini dia peningkatan yang dilakukan:

Baca juga: Toyota New Agya Meluncur, Makin Sporty dan Ada Fitur Baru

Tampilan Eksterior

Konsep sporty dan agresif coba diterjemahkan Toyota pada tampian New Agya. Bisa ditengok dari desain baru fascia depan. Pulas chrome pada grille kini hilang, digantikan oleh warna hitam gloss yang juga diterapkan untuk intake di bagian bawahnya.

Aksen ‘kumis’ pada spoiler depan juga hilang. Bagian ini juga digantikan oleh panel hitam yang mengelilingi area bezel fog lamp. Toyota membuat garis body lebih kekar dan lebar, untuk meningkatkan kesan sporty untuk Agya sebagai hatchback mungil dengan banderol terjangkau ini.

Penyegaran fascia depan masih dilengkapi juga oleh lampu utama yang kini dihiasi lampu senja LED berbentuk garis horizontal. Sementara untuk sumber pencahayaan utama, masih mengandalkan lampu halogen dengan proyektor.

Baca juga: VIDEO: Lihat Semua Pembaruan Toyota New Agya 2020

Velg Calya

Desain velg ikut berubah, dengan diameter 14 inci, yang sebenarnya diadopsi dari milik New Calya. Khusus untuk varian TRD, pada area pilar A kini terdapat aksen stiker untuk menambah aura sporty. Ada aksen warna merah dan hitam hadir pada side skirt bagian belakang, seperti pada bumper depan. Aksen ini lagi-lagi mencoba menguatkan karkater sporty dari New Agya.

Masih dari bagian samping, New Agya mendapat desain baru untuk spion yang kini sudah dilengkapi dengan teknologi pelipatan elektrik (electric retractable). Sementara untuk fascia belakang, nyaris tidak ada perubahan kecuali roof spoiler yang kini berwarna hitam untuk varian TRD. Grafis tampilan lampu belakang kini punya nuansa smoked atau gelap, namun dengan garis desain yang sama.

Hadir pilihan warna baru untuk eksterior yaitu Silver Metallic, yang melengkapi jumlah pilihan menjadi enam saat ini. Selain warna baru, tetap tersedia pilihan Red, Orange Metallic, Yellow, White, Gray Metallic dan Black.

Baca juga: Daihatsu Ayla Resmi Diperkenalkan, Harga Termurah Tidak Naik

Bagian Interior

Improvement paling signifikan dari interior New Agya adalah dengan sudah disematkannya head unit layar sentuh untuk sistem infotainment. Sebelumnya tidak ada. Sistem baru ini lebih modern, sudah mendukung konektivitas smartphone via USB, Bluetooth, maupun kabel AUX. Kontrol AC juga ikut berubah lebih modern. Sekarang, pengaturan AC menggunakan rangkaian tombol yang mengelilingi display digital, meninggalkan pengaturan model putar. Sebagian besar trim dashboard dan pintu masih menampilkan kombinasi warna hitam dan abu-abu gelap.

Mengikuti karakter sporty dari eksterior, interior New Agya seirama dengan aksen tekstur pada lapisan jok. Lapisan bahan fabric kini dihiasi oleh aksen a la suede ornamen dengan sentuhan striping warna merah, baik pada jok dan pintu. Warna merah tersebut menggantikan warna oranye dari Agya sebelumnya.

Kesan lebih canggih untuk New Agya kini diwakili oleh sudah diterapkannya tombol Engine Start-Stop, sehingga pengemudi tidak perlu lagi memutar kunci untuk starter mesin. Fitur tersebut mengikuti hadirnya smart key atau keyless entry yang tidak tersedia pada versi sebelumnya.

Baca juga: VIDEO: New Daihatsu Ayla Meluncur, Apa Saja yang Baru?

Mesin dan Transmisi

Bisa dibilang tidak ada perubahan dan pembaruan untuk sisi dapur pacu, baik untuk varian mesin tiga silinder 1.0 liter maupun empat silinder 1.2 liter. Selain angka performa, pilihan varian transmisi untuk keduanya juga masih sama seperti sebelumnya.

Untuk mesin 1.0 liter dengan teknologi VVT-i, menawarkan tenaga 67 ps pada 6.000 rpm, berikut torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan untuk mesin 1.2 liter Dual VVT-i, tenaga yang dihasilkan 88 ps pada 6.000 rpm, disertai torsi 107 Nm pada 4.200 rpm.

Transmisi manual tetap memiliki lima tingkat percepatan (5-speed), begitu juga dengan transmisi otomatis dengan empat tingkat percepatan (4-speed). Seluruh daya dari mesin disalurkan ke roda depan.

Baca juga: Daihatsu New Sirion Dapat Racikan Wajah Baru, Ini Ubahannya

Harga

Saat diperkenalkan pada 2013 lalu, Agya menjadi salah satu pionir dalam membuka pasar baru di Indonesia di segmen hatchback untuk kalangan anak muda modern. Di segmennya, sepanjang 2013 hingga Februari 2020 telah membukukan kumulatif penjualan sebesar 841.572 unit, dimana Agya berkontribusi 33,1% dengan total penjualan 278.465 unit.

Marketing Director PT Toyota–Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan pada dasarnya konsep pengembangan New Agya mengikuti perkembangan kebutuhan mobilitas pelanggan Agya yang mayoritas adalah anak muda modern. “Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang menginginkan Agya lebih sporty dan aggressive yang kami hadirkan melalui New Agya,” kata Anton Jimmi Suwandy.

Dengan serangkaian pembaruan dan penyegaran ini, New Agya memang tampil beda. Ia tak lagi sekedar menjadi mobil kelas bawah yang apa adanya. Layak untuk jadi pilihan mereka yang ingin naik kelas dan memiliki mobil untuk pertama kalinya. Tapi ubahan ini juga berdampak pada kenaikan harga. Berikut daftar harga lengkap Toyota New Agya:

– Toyota Agya 1.0 G MT – Rp 143.800.000
– Toyota Agya 1.0 G AT – Rp 156.710.000
– Toyota Agya 1.2 G MT – Rp 148.100.000
– Toyota Agya 1.2 G AT – Rp 161.640.000
– Toyota Agya 1.2 G MT TRD – Rp 153.445.000
– Toyota Agya 1.2 G AT TRD – Rp 169.290.000

WAHYU HARIANTONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto