Beranda EDITOR'S PICKS Review Suzuki New Baleno, Permainan Visual yang Memanjakan

Review Suzuki New Baleno, Permainan Visual yang Memanjakan

JAKARTA, 26 Desember 2019 — Peluncuran Suzuki New Baleno di akhir tahun 2019 menjadi angin segar pasar otomotif di Indonesia, menjelang datangnya tahun 2020. Berbagai pembaruan dan peningkatan dibawa oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dari seluruh update yang diterapkan oleh Suzuki pada New Baleno ini, unsur visual menjadi yang paling memanjakan konsumen dibandingkan banyak hal lain yang dibawa oleh mobil ini. Tentunya, perubahan yang ada membuat Baleno versi facelift ini menjadi semakin atratktif hadir di segmen hatchback.

Mulai dari tampilan desainnya saja, terlihat Suzuki membawa peningkatan cukup signifikan untuk New Baleno. Untuk eksterior, peningkatan langsung terlihat dari permainan body kit dengan karakter sporty, seperti wajah baru dari kombinasi grille dan bumper depan.

Kesan sporty lebih terpancar dari New Baleno yang mengadopsi panel body dan grille bermotif honeycomb, menghiasi fascia depan. Tidak hanya tampilan, bagian depan juga sudah dilengkapi dengan lampu utama proyektor LED untuk memberikan visibilitas lebih baik saat kondisi gelap atau malam hari.

Bumper depan dihiasi oleh lip spoiler berwarna dark grey, yang tampak menjadi satu kesatuan dengan aksen pada side skirt dan bumper belakang yang juga diberikan aksen honeycomb. Tidak sampai di situ, upgrade eksterior New Baleno masih mengandalkan desain velg baru, dengan warna two-tone dan berdiameter 16 inci.

Baca juga: Hitung-Hitungan Biaya Perawatan Suzuki Baleno Hatchback
Baca juga: Suzuki Luncurkan New Baleno, Harga Naik Rp 3 Juta Saja

Makin Fresh dan Sporty

Sebelum masuk ke dalam mobil, remote keyless entry sebagai akses ikut mengalami perubahan. Dengan desain lebih sederhana dan dimensi lebih kompak. Jadi, kunci remote Baleno menjadi lebih ringkas dan nyaman saat dibawa dalam kantung celana atau tas sekalipun.

Beralih ke interior, ubahan penampilan terjadi dari trim pelapis jok dan pintu. Material kain atau fabric yang saat ini menggunakan kombinasi warna hitam dan biru. Kombinasi warna tersebut juga hadir pada pintu, yang mendapat sentuhan panel soft touch.

Sementara untuk dashboard dan konsol tengah, warna dasar hitam mendapat aksen warna dark grey. Kombinasi warna gelap pada interior ini menciptakan nuansa tenang dan elegan dari Baleno yang sudah hadir sejak 2017 ini, sehingga indera visual atau penglihatan tidak cepat lelah seperti ketika diekspos ke warna yang cerah dan berani.

Baca juga: GALERI FOTO: Gaya Sporty dan Modern New Suzuki Baleno
Baca juga: Ini 7 Hal yang Baru di Suzuki New Baleno

Kabin Lapang

Salah satu keunggulan Baleno untuk segmen hatchback saat ini adalah keleluasaan kabin yang dimiliki. Seperti saat duduk di kursi pengemudi, selain diberikan headroom lega dan visibilitas luas ke depan, fleksibilitas ditawarkan oleh pengaturan tilt and telescopic pada setir, serta pengaturan enam arah untuk jok.

Pun saat duduk di jok penumpang belakang, leganya legroom dan headroom sangat memanjakan untuk diisi oleh penumpang dewasa. Namun kenyamanan di jok belakang sedikit terkompromi oleh posisi yang tegak dan tidak bisa direbahkan.

Masih soal penampilan, Suzuki menambah opsi warna eksterior baru untuk Baleno yaitu Metallic Magma Grey, melengkapi yang sudah ada sebelumnya seperti Solid Fire Red, Prime Stargaze Blue, Pearl Midnight Black, Metallic Premium Silver dan Pearl Arctic White.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Suzuki New Baleno
Baca juga: Suzuki New Baleno, Siap Upgrade Konsumen City Car

Fitur Lengkap

Tapi apa yang ada pada New Baleno bukan hanya soal penampilan, karena fitur-fitur yang disediakan oleh Suzuki juga siap memanjakan penumpang sepanjang perjalanan. Seperti contohnya auto climate AC with heater, attractive multi information display (MID), dan audio touch screen dengan Bluetooth phone connection.

Untuk sisi keselamatan dan keamanan, tersedia pula fitur antilock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), new generation platform HEARTECT, ISOFIX, dan Dual SRS Airbag. Mesin empat silinder K14B 1.400 cc berteknologi VVT dan MPI masih diandalkan menjadi jantung pacu New Baleno, dengan kombinasi tenaga 91 hp dan torsi 130 Nm.

Banyaknya rangkaian perubahan dan peningkatan pada New Suzuki Baleno di atas bisa dimiliki dengan kenaikan harga hanya Rp 3 juta dari versi sebelumnya. Untuk New Baleno varian transmisi manual kini ditawarkan dengan harga (OTR Jakarta) Rp 221 juta dan varian transmisi otomatis Rp 233,5 juta.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...

Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

SEOUL, Carvaganza.com – Resmi sudah Hyundai i30 N versi baru diluncurkan sebagai hot hatchback performa tinggi, untuk melawan para rival dari Jepang dan Eropa....