Beranda New Cars REVIEW: Mini Cooper Clubman 2020, Funky Premium Hatchback

REVIEW: Mini Cooper Clubman 2020, Funky Premium Hatchback

JAKARTA, Carvaganza.com — MINI menjadi salah satu nama ikonik di dunia otomotif. Dibangun akibat dampak krisis Suez di akhir tahun 1950-an. Kondisi ini menyebabkan negara di Eropa, termasuk Inggris, mengalami kesulitan bahan bakar minyak. Guna mengantisipasi hal tersebut, British Motor Corporation (BMC) mencanangkan program pembuatan mobil kecil yang lapang, ringkas, dan hemat BBM.

Pada Maret 1957, pemimpin BMC, Leonard Lord menugaskan Alec Issigonic merancang mobil tersebut. Pria yang sukses dengan Morris Minor ini menghabiskan waktu sekitar dua tahun sebelum Mini lahir pada Agustus 1959. Kehadirannya menjadi mendunia meski hanya bertahan sampai 2000.

New MINI kemudian lahir kembali pada 2001, setelah diakuisisi BMW. Generasi kedua ini tetap mempertahankan aura klasik dan mengkombinasikannya dengan teknologi modern. Kini MINI Indonesia memboyong model terbaru New MINI Clubman ke Tanah Air. Desain yang ekspresif, klasik, kabin dengan bahan premium, tak ketinggalan performa mumpuni.

Kehadiran model ini diyakini bisa mendongkrak penjualan. Sepanjang tahun lalu, MINI Indonesia sumringah atas performa penjualannya. Sedikitnya 700 unit terkirim ke konsumen atau melonjak 34,6 persen dari tahun sebelumnya.

Kidd Yam, Head of MINI Asia, mengungkapkan optimismenya terhadap new MINI Clubman. Kendaraan kompak premium ini ditawarkan dalam dua varian yaitu Mini Cooper Clubman yang dilego Rp 705 juta. Sementara S Clubman Rp 875 juta Off-The-Road.

Ada saja nilai jualnya?

Desain Ikonik

Secara umum, hatchback premium ini tetap mempertahankan ciri khasnya. Rancangan kisi-kisi radiator punya desain terbaru. Grille radiator kini dibuat memajang di seluruh bagian bumper. Lampu serba-LED baik di depan, lampu kabut termasuk driving light ring, dan juga di belakang sebagai standar dengan desain Union Jack.

Kemolekan proporsinya terpancar dari kap yang berbentuk kubah. Lampu depan mengusung desain bundar dengan surround chrome (Piano Black untuk Cooper S). Garis atap memanjang dinamis berpadu buritan proporsional. Terpasang dua pintu belakang dengan sayap terbuka secara lateral. Ini menjadikan MINI Clubman satu-satunya model di segmen kendaraan kompak premium yang tawarkan enam pintu.

Pada MINI Cooper S Clubman, fitur khusus di bagian depan adalah pola kisi heksagonal, strut krom individual di air inlet, serta emblem “S” berwarna merah. Di bagian samping terlihat penggunaan velg yang berbeda. MINI Cooper Clubman menggunakan velg berukuran 17 inci Net Spoke black. Adapun MINI Cooper S Clubman dipasangi velg 18 inci MINI Yours British Spoke 2-tone. Ban sudah menggunakan teknologi run-flat.

Mobil ini ditawarkan dalam dua warna baru. Keduanya adalah Indian Summer Red metallic atau British Racing Green metallic. Sebagai alternatif, pelanggan dapat menambah personalisasi. Misal tutup spion dan atap dilabur hitam atau putih. Khusus varian Cooper S dilengkapi paket eksterior Piano Black. Jadi sekeliling lampu depan, belakang dan grille serbagelap mengilap.

Baca juga: Dua Model ini Akan Jadi Andalan BMW dan MINI di 2020
Baca juga: MINI Cetak Rekor di 2019, Siapkan Produk Baru Tahun Ini

Mesin Turbo

MINI Clubman mengandalkan mesin bensin 3-silinder 1.499 cc plus induksi turbo. Dorongan torsi puncak mencapai 220 Nm rentang 1.480 – 4.100 rpm. Tenaga 135 hp didapatkan sejak putaran mesin 4.500 hingga 6.500 rpm. Data yang dilansir menyebut untuk melesat dari 0-100 km/jam hanya 9,2 detik dan kecepatan puncaknya 205 km/jam. Adapun konsumsi rata-rata bahan bakar diklaim hanya 16,7 km/liter.

Jika Anda menginginkan performa yang lebih besar, ada S Clubman. Diperkuat mesin 1.998 cc tubro empat silinder. Daya yang dihasilkan 192 hp pada 5.000 – 6.000 rpm dan torsi puncak 280 Nm pada 1.350 – 4.600 rpm. Kecepatan maksimal 228 km/jam dan berakselerasi 7,2 detik mencapai 0-100 kk/jam. Ia rata-rata cuma minum bensin 16,1 km/liter. Untuk transmisi, MINI Cooper Clubman menggunakan Transmisi Steptronic 7-percepatan dengan dual clutch dan MINI Cooper S Clubman dilengkapi transmisi sport Steptronic 7-percepatan.

Interior Wah

Masuk ke dalam kabin, mobil dengan kapasitas 5 penumpang ini menampilkan terlihat aura sporty sekaligus mewah. Untuk varian Cooper menggunakan pelapis jok Cloth/Leatherette, serta paket MINI Yours Interior Style dalam Piano Black iluminasi. Ada beragam fitur seperti bezel pintu iluminasi bersama dengan bezel kokpit, trim kokpit dan elemen trim konsol tengah. Selaras dan serasi.

MINI Cooper S Clubman baru memiliki MINI Yours Walknappa Leather Sports Steering Wheel dan varian pelapis jok. Kemudian MINI Yours Walknappa Leather Lounge dalam Carbon Black. Semua bangku mendapatkan sentuhan mewah dengan motif Union Jack di sandaran kepala. Aksentuasi eksklusif juga disediakan oleh MINI Yours Interior Styles dalam iluminasi Frozen Blue. Sebagai pembeda, Panoramic Sunroof hadir sebagai standar untuk new MINI Cooper S Clubman.

Baca juga: INTERVIEW: Kami di Atas Lexus, BMW Maupun Mercedes-Benz!
Baca juga: Penuh Aksen British, Mini Cooper Clubman 2020 Dipasarkan Rp 700 jutaan di Indonesia

Audio Mumpuni

MINI Clubman dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 6,5 inci plus sebaran enam speaker dan soket USB. Ini memungkinkan Anda streaming audio melalui koneksi Bluetooth. Terdapat juga fasilitas telepon hands-free dengan antarmuka USB, serta Radio Mini Visual Boost. Untuk memudahkan konsumen, tersedia kamera belakang dan sistem Park Distance Control.

Nah, Mini Cooper S Clubman dibekali fitur navigasi dengan petunjuk arah suara dan Apple CarPlay sebagai standar. Bahkan ia memiliki 12 speaker garapan Harman Kardon Sound System. Soal kejernihan suara, detail sebaran frekuansi pun bukan hal muskil sebagai pemanja telinga Anda.

Aksesori Orisinal

Anda yang ingin tampil beda, MINI menyediakan Fitur tambahan yang disebut Mini Original Accessories. Aksesoris ini bisa mendukung fungsionalitas, kenyamanan, kesenangan berkendara dan gaya individual sesuai selera masing-masing. Ada scuttle samping, penutup spion eksterior dan desain atap Night Jack. Yang terakhir cukup unik karena menampilkan grafik bendera Inggris dalam warna hitam dan abu-abu mencolok.

Selain itu, fitur-fitur desain pilihan dalam Piano Black yang membuat tampilan Clubman lebih sporty dan berkelas. Finishing hitam pekat ditawarkan untuk ukiran Clubman dan Cooper S. Tak ketinggalan lencana Mini pada kap mesin dan di buritan.

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto