Beranda New Cars REVIEW: Mazda CX-9 AWD, Punya Kemampuan Makin Lengkap

REVIEW: Mazda CX-9 AWD, Punya Kemampuan Makin Lengkap

JAKARTA, Carvaganza.com – All New Mazda CX-9 termasuk barang unik. Dia seolah bermain sendirian, berbeda dengan SUV lainnya yang ada di Tanah Air. Punya tampilan klimis, tak sepenuhnya galak seperti SUV lainnya. Tapi punya kenyamanan dan kemampuan yang tak kalah mumpuni. Sebagaimana trik posisi produk Mazda, mereka bermain di pasar niche.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) pekan lalu memboyong varian anyar yaitu Mazda CX-9 AWD. Full Size SUV 7-seater ini menyasar pasar kelas atas. Tak hanya beberapa fitur baru, seri flagship Mazda ini ditambah kapabilitas 4×4.

Ricky Thio, Managing Director PT EMI mengatakan setelah diluncurkan pada 2018 lalu, All-New Mazda CX-9 telah mendapatkan sambutan yang luar biasa dari konsumen otomotif Indonesia. “Untuk itu kami persembahkan satu varian tambahan untuk melengkapi model yang sudah ada. Kami yakin kehadiran All-New Mazda CX-9 dengan system penggerak empat-roda All-Wheel Drive akan memberikan tambahan pilihan bagi pencinta SUV Premium tersebut,” kata dia.

Ini adalah tambahan varian, jadi bukan facelift. Artinya Madza kita menawarkan 2 varian yaitu 2WD dan AWD. Dengan demikian mesin yang digunakan tetap sama. CX-9 AWD mengandalkan unit Skyactiv-G 2.5 Turbo Inline, 4-cylinder DOHC 16-valce turbocharged. Pemacu daya empat silinder ini sanggup mengekstrak tenaga sebanyak 231 PS @5.000 rpm didukung torsi berlimpah 420 Nm yang sudah bisa dirasakan sejak @2.000 rpm.

Bedanya adalah penggunakan AWD tadi. Inilah ponten lebihnya. Distribusi tenaga yang dihasilkan mesin tersalur ke empat roda. Memberikan tambahan traksi maksimum saat berakselerasi sekaligus meningkatkan keselamatan berkendara.

Baca juga: Mazda Indonesia Luncurkan CX-9 AWD dan CX-3 Facelift

Sistem AWD

Cara kerja teknologi AWD ini cukup unik di antara pemain AWD tangguh. Secara default, penyaluran daya diberikan untuk roda depan saja. Berfungsi layaknya varian 2WD. Namun, ketika otak komputer membaca selip, maka putaran mesin akan turut diterjemahkan ke roda belakang. Sistem bekerja secara simultan, selalu membaca pergerakan roda jika terjadi selip atau membutuhkan tambahan traksi oleh roda belakang.

Fitur-fitur lain penyempurnaan generasi sebelum yang ada di model 2WD tentu hadir di versi anyar ini. Menunjang kepraktisan pemakaian dan kenyamanan berkendara. Misal power liftgate dengan handsfree function. Fitur ini membantu Anda membuka bagasi tanpa sentuhan. And cukup menggerakkan kaki pada bagian bawah bumper belakang, maka pintu bagasi akan otomatis membuka atau menutup.

Kemudian ada Auto Hold pada Electric Parking Brake, memberikan kemudahan serta keamanan pada saat berkendara. Tidak lupa fitur control stabilitas G-Vectoring Control Plus (GVC+) yang akan menjamin pengendaraan menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Mazda CX-30 Resmi Mengaspal, Harga Dimulai Rp 478,8 Juta

Kabin

Masuk ke kabin sebenarnya serupa. Mazda menawarkan sistem Entertainment  lansiran BOSE dengan 12-speaker + Sub-woofer yang terintegrasi dengan baik di dalam interiornya. Yang meningkat adalah sistem hiburan tersebut ditambahkan kemampuan koneksi agar dapat disambungkan dengan ponsel atau gawai pintar Anda. All-New Mazda CX-9 juga memiliki MZD Connect Infotainment System dengan layar sentuh 9 inci. Ini lebih besar dari pendahulunya yang hanya 8 inci.

Sebagai varian termewah, Mazda menggunakan Nappa Leather pada keseluruhan bagian jok sehingga memunculkan aura mewah. Ada pengaplikasian Real Wood Panel pada beberapa bagian interior. Fiur lain yang cukup membantu adalah Frame-Less Auto-Dimming Rear View Mirror. Bahasa mudahnya adalah spion tengah frameless. Perangkat ini memberikan tampilan yang lebih luas bagi pengemudi ketika melihat kondisi di belakang kendaraan.

Anda berminat? Si bongsor berpenggerak empat roda ini, bisa ditebus dengan harga hampir 1 miliar atau tepatnya Rp 954,9 juta (OTR Jakarta). Namun, jika merasa harus mengenakan warna Mazda Machine Grey atau Soul Red Crystal Metallic, siapkan dana tambahan Rp 4 juta. Warna lainnya dalah Jet Black Mica dan Snowflake White Pearl Mica. Harga ini beda sekitar Rp 105 juta dibandingkan versi standard. Varian non-AWD dibanderol Rp 849,9 juta.

Baca Juga: Si Bongsor Mazda CX-9 Kedatangan Varian AWD, Dibanderol Rp 954,9 juta

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto