Beranda New Cars REVIEW: Kupas Tuntas 32 Keunggulan Suzuki Jimny

REVIEW: Kupas Tuntas 32 Keunggulan Suzuki Jimny

JAKARTA, 24 Juli 2019 – Penungguan para pecinta off-road akhirnya terjawab. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggunakan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18-28 Juli 2019, dengan menghadirkan generasi teranyar kendaraan off road 4×4; yaitu Jimny. Generasi keempat Jimny ini memiliki segudang keunggulan.

Jimny hadir membawa ciri khas generasi sebelumnya dengan model boxy, kompak, dan fungsional guna menunjang performa off road. Desain kotaknya yang khas mengekspresikan kemampuan dan ketahanan. Grille depan simpel berwarna hitam yang ikonik, semakin mempertegas eksterior yang kuat.

Beberapa fitur eksterior Jimny generasi keempat juga menggabungkan berbagai elemen rancangan yang disematkan pada generasi sebelumnya, sehingga menciptakan tampilan klasik Jimny dengan sentuhan yang lebih modern.

“Secara keseluruhan, rancangan Jimny generasi keempat dibuat untuk memberikan pengalaman mengemudi yang andal di berbagai medan, baik untuk pengguna mobil sehari-hari sampai pengendara off-road profesional. Jimny terbaru ini hadir dengan desain yang lebih eksklusif, namun tetap membawa gaya khas yang dicintai oleh para penggemar Jimny lintas generasi,” kata Hiroyuki Yonezawa, Chief Engineer Jimny Suzuki Motor Corporation (SMC).

Berikut Carvaganza akan mengupas tuntas keunggulan eksterior, interior, fitur off-road, dan keamanan Suzuki Jimny:

11 Keunggulan Eksterior Suzuki Jimny

  1. Iconic Front Grille: Tampilan tegas dan sporty dengan bumber anti-gores
  1. LED Projector Headlamp with Leveling Feature: Cahaya lebih terang, lebih fokus, dan lebih hemat energi. Dielengkapi leveling feature untuk pengaturan tinggi-rendah pencahayaan
  1. Headlamp Washer: Membersihkan lampu dari cipratan lumpur, kotoran untuk keselamatan perjalanan
  1. Fog Lamp: Membantu pencahayaan di jalan berkabut atau hujan
  1. Scratch-Resistance Bumper with Wheel Arch Extention: Bumper anti gores dilengkapi extention over fender. Melindungi bodi mobil dari gesekan atau serpihan batu.
  1. High Mount Stop Lamp: Memberikan tanpa saat mobil melakukan pengereman sebagai fitur keselamatan
  1. Rear Defogger: Mengurangi kabut dan embun pada kaca belakang
  1. Black Painted Outside Mirror: Kaca spion dengan casing berwarna hitam yang bisa diatur dan dilipat dari dalam secara elektrik
  1. Drip Rails: Pada bagian tepi atap dibuat drip rails yang berfungsi menghindari masuknya air ke kabin saat menutup atau membuka pintu agar kenyamanan penumpang semakin maksimal.
  1. Three Angles: Mendaki rintangan dan bukit terjal tanpa khawatir mengenai bumper atau under body. Suzukki Jimny memiliki approach angle 37°, ramp breakover sebesar 28°, dan departure angle sebesar 49° di bagian roda sehingga tidak perlu khawatir dengan benturan bumper atau under body. Tambahan lain ground clearance 210 mm dan radius putar 4.85 meter yang mampu melakukan manuvee di berbagai kondisi jalanan.
  1. Dark Metallic Gray Alloy Wheel: Suzuki Jimny menggunakan ban berukuran 195/80 R15. Desain velg alloy wheel dengan warna dark metallic gray yang sporty. Daya cengkram kuat dan stabil.

9 Keunggulan Interior Suzuki Jimny

Tak hanya memiliki tampilan yang gagah dan kokoh, Suzuki Jimny juga menyiapkan kenyamanan bagi penggunanya. Pada bagian interior, Suzuki menyematkan nuansa serba hitam pada interior Jimny sehingga menonjolkan kesan sporty. Interior dibuat lebih praktis dengan detail-detail fungsional, seperti fitur Panel Control, AC Auto Climate serta bagasi yang lebih fleksibel dan dilengkapi luggage box.

Ruang kabin pada Jimny didesain lebih lega dan dapat memuat hingga empat penumpang dengan kursi baris kedua dapat dilipat serta pada bagian belakangnya dilapisi bahan yang mudah dibersihkan jika terkena noda dan kotoran. Selain itu, guna meningkatkan kenyamanan penumpang selama di perjalanan, Jimny menyematkan fitur Noise Vibration Harshness (NVH) yang mengurangi suara yang mengganggu, getaran dan gesekan pada saat bermanuver atau off road.

Berikut 9 keunggulan dan fitur-fitur lengkap interior Suzuki Jimny:

  1. Dashboard: Tampilan lebih Sporty dengan full black color. Material mudah digenggam, tidak licin dan mudah dibersihkan. Didesain untuk memberikan visibilitas yang baik saat berkendara di berbagai medan perjalanan
  1. Ride-In Assist Grip: Pegangan yang kokok dan mudah digenggam untuk meningkatkan kenyamanan saat bermanuver
  1. Head Unit 6.8 Inch: Dilengkapi fityr USB, Bluetooth, dan Smartphone Connection untuk perjalanan lebih menyenangkan
  1. AC Auto Climate with Heater: Temperatur dapat diatur secara otomatis untuk kenyamanan selama dalam perjalanan
  1. Panel Control: Desain yang simple dan praktis agar mudah digunakan
  1. Mengatur naik-turun kaca kiri
  2. Mengaktifkan fungsi ESP (Electronic Stability Program)
  3. Mengaktifkan fungus HDC (Hill Descent Control)
  4. Mengatur naik-turun kaca kanan
  1. Switch Control Audio with Bluetooth Phone Connection: Memudahkan control audio dan menerima panggilan telpon saat berkendara
  1. Steering Wheel with Leather Cover: Tampil mewah dengan balutan kulit. Dilengkapi power steering dan tilt steering serta fitur modern untuk kenyamanan berkendara
  1. Cruise Control: Fitur canggih untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstan tanpa harus menginjak pedal gas. Aktif pada kecepatan di atas 40 km/jam
  1. Luggage: Bagian belakang kursi dan bagasi dilapisi bahan yang mudah dibersihkan jika terkena noda dan kotoran.

4 Senjata Off-Road

Sebagai kendaraan yang telah menjadi andalan para pecinta off road sejak tahun 1979, kehadiran Suzuki Jimny menawarkan berbagai keunggulan yang menunjang performa berkendara. Jimny memiliki dimensi dengan panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm yang dirancang secara compact, kokoh, dan gesit untuk menerjang berbagai kontur jalan.

Jimny generasi keempat tidak hanya mengandalkan keindahan yang dihasilkan oleh performa, tetapi juga kepraktisan pada fitur-fiturnya. Fitur-fitur seperti Ladder Frame, 4WD dengan jangkauan gigi roda rendah dan rigid axle suspension yang diwariskan dari generasi sebelumnya, dikembangkan lebih jauh lagi untuk meningkatkan performa, kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Berikut 4 senjata andalan off-road milik Suzuki Jimny:

  1. Ladder Frame: Struktur rangka tangga yang memiliki kekuatan lebih andal, kuat dan kokoh dengan penambahan x-member dan 2 cross member di bagian bawah badan mobil sehingga jadi lebih kuat mengangkut beban berat, fleksibel, dan tangguh di medan off road. Dengan adanya konstruksi ladder frame, Jimny mampu meredam guncangan dan getaran permukaan jalan.
  1. AllGrip Pro 4WD: Sistem All Grip Pro menawarkan kemampuan off-road mutakhir yang dapat memenuhi jiwa petualang dari pengemudi, dan memberikan kepercayaan diri bagi pengemudi untuk menghadapi dan mengeksplorasi tantangan. Fitur ini memberikan kebebasan pada pengemudi untuk memilih mode berkendara yang sesuai kebutuhan seperti 2H (Untuk berkendara di kecepatan dan jalan normal seperti aspal, kerikil kering; 4H (Untuk berkendara di jalan off-road), dan 4L (Untuk berkendara di bebatuan kasar, lumpur, dan medan lebih berat)
  1. Suspension: 3 Link Rigid Axle with Coil Spring: Suspensi pada bagian depan dan belakang kendaraan yang mendukung Jimny sehingga memiliki traksi lebih kuat dan stabil sehingga tangguh dan nyaman meredam goncangan pada beragam kondisi jalan.
  1. Engine K15B: Suzuki Jimny diperkuat mesin dengan kode K15B, 4 silinder, 16 katup berkapasitas 1.462 cc. Mesin yang lebih ringan namun memiliki tenaga 102 PS @6.000 rpm dan torsi besar 130 Nm @4.000 rpm untuk akselerasi dan performa lebih maksimal di kondisi jalan normal maupun yang ekstrem. Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi yaitu Manual 5-percepatan dan Automatic 4-percepatan.

8 Fitur Keamanan Suzuki Jimny

Sebagai kendaraan yang sering digunakan untuk off road, keselamatan penumpang dan pengendara juga menjadi fokus Suzuki dalam mengembangkan fitur-fitur Jimny. Fitur keselamatan pada rangka Jimny dimaksimalkan oleh struktur Ladder Frame, airbags, Aanti-Lock Braking System (ABS), Braking Assit (BA), dan Electronic Stability Programme (ESP). Selain itu, Jimny juga dilengkapi fitur keamanan berupa Immobilizer yang dilengkapi sistem di dalam ECM (Electronic Control Module) yang menangkap sinyal dari anak kunci dapat meminimalisir resiko pencurian.

Berikut 8 fitur keamanan Suzuki Jimny:

  1. Safety Dual Airbags: Meminimalkan cidera serius dan meningkatkan faktor keselamatan
  1. TECT Body: Untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengendara dari luar, Jimny mampu mengurangi dampak guncangan karena memiliki rangka TECT (Total Effective Control Technology) Body dengan struktur yang secara efisien menyerap dan menyebarkan energi jika terjadi benturan atau tabrakan sehingga dapat menjaga ruangan kabin tetap utuh.
  1. Brake LSD Traction Control: Respon rem lebih cepat dengan sedikit tekanan pada pedal. Kinerja pengereman lebih tinggi untuk menghindarkn tergelincir di permukaan yang licin.
  1. ESP (Electronic Stability Programme): Pengereman lebih stabil di jalan licin dan berbelok. Mencegah over steer dan under steer
  1. ISOFIX: Sesuai standr ISO Child Safety Seats untuk meningkatkan keselamatan balita di perjalanan
  1. ABS (Anti-Lock Braking System): Mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak di jalan licin. Fitur ini dikombinasikan dengan Braking Assist (BA)
  1. Hill Descent Control (HDC): Menjalankan rem otomatis dan mempertahankan kecepatan 10 km/jam (mode 4H) atau 5 km/jam (mode 4L)
  1. Hill Hold Control (HHC): Menjalankan rem otomatis saat menanjak dan mencegah mobil bergerak mundur selama 2 detik

Keseluruhan tampilan luar Jimny generasi keempat yang tampil modis melalui pilihan warna single tone yang terdiri dari Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green serta two tone yang terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black pearl 3.

Suzuki Jimny dibanderol dengan harga On the Road (OTR) Jakarta sebesar Rp 315,5 juta untuk varian single tone MT, Rp 317,5 juta untuk varian two tone MT, Rp 328 juta untuk varian single tone AT, dan Rp 330 juta untuk varian two tone AT.

WAHYU HARIANTONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto