Beranda New Cars REVIEW: BMW 6 Grand Turismo M Sport, Coupe Unik

REVIEW: BMW 6 Grand Turismo M Sport, Coupe Unik

JAKARTA, Carvaganza.com – BMW The New 6 Gran Turismo M Sport boleh dibilang makhluk unik di antara yang unik. Kendaraan mewah asal Jerman itu berbeda dengan yang lain dan tak punya banyak rival. Mungkin hanya bisa disandingkan dengan Audi A7 Sportback atau Mercedes-Benz CLS Shouting Brake. BMW menyebut The New 6 Gran Turismo M Sport merupakan perpaduan kenyamanan perjalanan jarak jauh dari sebuah sedan, fleksibilitas sebuah SAV dengan dengan desain elegan sebuah coupé.

BMW Indonesia menampilan perdana BMW 630i Gran Turismo M Sport di Indonesia. Sempat terlebih dahulu dihadirkan melalui BMW Virtual Launch pada 12 Maret lalu di kanal YouTube.com/BMWIndonesia.

“BMW dengan bangga mempersembahkan The New 6 Gran Turismo. BMW Indonesia percaya, kendaraan ini akan memperkuat lini kendaraan terbaru dan posisi BMW sebagai aspiring brand yang selalu hadir dengan konsep kendaraan dan komunikasi yang kreatif,” ujar Jodie O’tania, Communications Director BMW Group Indonesia.

Merek asal Baravia itu memang beda. Mereka tak mau membangun hatchback yang dikenal kebanyakan. Mereka memposisikan GT sebagai coupe mewah lima pintu. Bodinya besar dengan wheelbase yang hampir menyamai sedan mewah Seri 7.

Baca juga: BMW 6 Gran Turismo M Sport Masuk Indonesia, Dijual Rp 1,6 Miliar

Eksterior

Dibandingkan varian pertama dari BMW 630i Gran Turismo Luxury – yang diluncurkan pada 2018 – model baru ini ini jauh beda Apalagi embel-embel M Sport yang menunjukkan model ini berfokus pada tampilan sporty dengan berbagai peningkatan dan pembaharuan.

Secara tampilan, mobil ini terlihat lebih ramping ketimbang 5-Series GT. Tubuhnya besar dengan panjang 5.091 mm x lebar 1.902 mm, dan tinggi 1.538 mm. Bagian belakang yang lebih tinggi 6 cm daripada sebelumnya, membuat garis dan lekuk tubuhnya sangat indah. Spoiler di bagian belakang berukuran besar. Lampu belakang yang membesarkan. Lampu belakang dibuat terbagi dua antara bodi samping dan pintu belakang.

Baca juga: BMW Seri 3 Touring Siap Jadi Incaran Baru Kolektor Indonesia

Interior

Ketika kita masuk ke kabin terasa benar craftmanship khas BMW. Dasboard dan kelengkapan interior serta material yang digunakan sangat apik. Bagian interior depan hadir dengan fokus pada pengemudi. Posisi duduk yang lebih tinggi optimalkan pandangan pengemudi ke semua arah. Tata letak ergonomis pada alat control sangat memudahkan. Dilengkapi dengan BMW Operating System 7.0. Sistem kontrol display ini menawarkan fleksibilitas. Peranti ini bias untuk mengatur fungsi kendaraan, navigasi, komunikasi, dan infotainment.

Kompartemen belakang terdiri dari tiga kursi ukuran penuh yang tawarkan ruang kaki maksimal. Penumpang belakang mendapat hiburan dengan dipasangnya fitur rear seat entertainment. Ada dua layar independen 10.2 inci yang dapat dikendalikan untuk memutar fungsi informasi dan hiburan. Ruang bagasinya sangat luas, bisa mencapai 610 liter jika kursi belakang dinaikkan.

Baca juga: Gara-Gara Virus Corona, IIMS 2020 Terpaksa Ditunda

Performa

Kendaraan ini mampu melesat dari 0 sampai 100 km/jam dalam 6.3 detik. Salah satu pendukungnya adalah bobot yang lebih ringan 150 kg dari pendahulunya. Hadir dengan mesin generasi terbaru dari BMW Group, menyalurkan tenaganya ke roda yang digerakkan melalui transmisi Otomatis Steptronic 8-percepatan.

Kendaraan ini hadir dengan teknologi BMW TwinPower Turbo mutakhir, High Precision Direct Injection, Double-VANOS variable camshaft control, dan Valvetronic fully variable valve timing. Mesin bensin 2.0 liter empat-silinder. Tenaga yang dihasilkan sebesar 258 Hp @ 5.000-6.500 rpm dan torsi mencapai 400 Nm yangsudah bekerja pada 1.550 rpm hingga 4.400 rpm. Semuanya hadir dengan angka konsumsi bahan bakar yang mengesankan, yaitu hanya 12,8 km/liter.

Baca juga: Khawatir Virus Corona, GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

Harga

Untuk pasar Indonesia, BMW 630i Gran Turismo M Sport ditawarkan dengan harga Rp. 1,599.000.000 (off-the-road). Mobil ini tersedia di dealer BWM seluruh Indonesia mulai 13 Maret 2020.

Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive dan BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun. Paket ini mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis. Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Baca juga: BMW 6 Gran Turismo M Sport Masuk Indonesia, Dijual Rp 1,6 Miliar

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto