Beranda Updates Khawatir Virus Corona, GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

Khawatir Virus Corona, GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

JAKARTA, Carvaganza.com — Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2020 akhirnya resmi ditunda. Ajang yang seharusnya dilangsungkan pada 20 – 29 Maret 2020 di Grand City Convex, Surabaya, batal dilangsungkan. Penyebabnya apalagi kalau bukan penyebaran virus corona yang makin luas di Indonesia.

Keputusan penundaan ini diambil sebagai tindak preventif menahan penyebaran Covid-19. Padahal di luar sana, langkah lebih ekstrim yaitu lockdown bahkan sudah diambil oleh para pihak terkait. Kendati begitu, setidaknya tiap daerah dan penyelenggara acara sudah memiliki inisiatif masing-masing agar tidak malah merugikan banyak orang.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sebagai pemilik ajang GIIAD Surabaya 2020 mengatakan perkembangan corona membuat mereka mengambil keputusan ini.

“Keputusan ini diambil, berdasarkan pertimbangan matang Gaikindo sebagai bentuk upaya dan langkah konkrit untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19, yang merupakan bagian dari force majeure nasional. Saat ini, GAIKINDO berkomitmen untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum,” tulis keterangan resmi asosiasi tersebut.

Pertimbangan

Rilis tertanggal Senin, 1 Maret 2020 tersebut, ditandatangani Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi dan Ketua Penyelenggara Pameran, Rizwan Alamsjah.

Dalam pernyataan resminya Gaikindo menyampaikan beberapa pertimbangan seperti status Covid-19 yang telah menjadi pandemi global, dan perkembangannya yang semakin meluas di tanah air. Selain itu telah dikeluarkannya keputusan pemerintah, bahwa pandemi Covid-19 adalah bencana non alam.

Ditambah lagi, telah dikeluarkannya kebijakan pemerintah Jawa Timur yang meliburkan seluruh kegiatan sekolah. Sementara GIIAS Surabaya 2020 direncanakan akan berlangsung hingga akhir bulan ini, yang belum dapat diprediksi perkembangan status Covid-19.

“Maka selaku penyelenggara pameran, GAIKINDO dengan berat hati mengambil langkah dan keputusan untuk menunda penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020. Event akan kami tunda hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tambah keterangan tersebut.

Tanggapan Peserta

Langkah yang diambil Gaikindo ini diamini oleh Mitsubishi sebagai salah satu anggota pameran. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan tidak kecewa dan mendukung keputusan penyelenggara. Head of PR & CSR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Aditya Wardani mengatakan, ”So far kami mengikuti ketentuan pemerintah dan keputusan pihak penyelenggara karena sekarang prioritas untuk keselamatan dan kesehatan, jadi kami mengikuti saja.”

Hal yang sama juga disampaikan Toyota. Dituturkan Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT TAM, ”Pada dasarnya appreciate ke Gaikindo dan juga penyelenggara atas keputusan. Apakah ini sebagai bentuk dibatalkan atau akan dibikin lagi pada dasarnya untuk kondisi saat ini kami mengapresiasi apa yang dilakukan.”

Mereka juga tidak mau gegabah untuk mengadakan kegiatan pengganti GIIAS Surabaya ini. “Masih kami coba lihat dulu kondisinya, kebutuhannya seperti apa. Jangan sampai Toyota bikin sesuatu tapi memang kondisinya di berbagai tempat pun kebutuhannya belum tau,” papar Dimas. Ia menambahkan, ”Untuk saat ini the best untuk kami menghindari dulu biar tidak terlalu jauh lagi kan kondisinya.”

Selain GIIAS Surabaya 2020, pameran otomotif besar yang teranam ditunda adalah IIMS 2020 yang dilangsungkan 9-19 April 2020.

Baca juga: GIIAS Surabaya 2020 Resmi Ditunda Agar Tidak Memperburuk Penyebaran Virus Corona

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto