Beranda New Cars BMW Seri 3 Touring Siap Jadi Incaran Baru Kolektor Indonesia

BMW Seri 3 Touring Siap Jadi Incaran Baru Kolektor Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Para kolektor mobil langka tampaknya harus siap-siap berebut tahun ini dengan akan hadirnya sebuah model touring wagon atau estate dari BMW. Satu model spesial siap diluncurkan BMW Indonesia tahun ini, yaitu BMW Seri 3 Touring.

Hadirnya Seri 3 Touring di Indonesia akan melengkapi pilihan varian Seri 3, sejak generasi ketujuh meluncur pada tengah tahun lalu. Dengan akan didatangkan dalam jumlah sangat terbatas, maka Seri 3 Touring siap menjadi incaran baru para kolektor di Tanah Air, khususnya penggila estate / wagon.

Bahkan saat dikonfirmasi ke pihak BMW Indonesia langsung, dikatakan mobil ini akan diluncurkan pada bulan depan, April. Kehadiran Seri 3 Touring akan ‘menemani’ Mercedes-Benz C-Class Estate di segmen incaran para kolektor ini.

“Andai kata IIMS 2020 tetap sesuai jadwal, kami berencana merilis unit baru di sana. Namun kami juga masih melihat wabah COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Rencana sebanyak 25 unit BMW Seri 3 Touring disediakan untuk market sini,” kata Bayu Riyanto, Vice President of Sales BMW Indonesia, Jumat (13/3/2020) lalu.

“Tapi lihat nanti, semoga saja semuanya mulai terkendali dan dapat diatasi dengan baik. Dan kami juga memulai inovasi, dengan meluncurkan mobil baru secara virtual seperti Seri 6 M Sport. Jadi siapapun bisa menyaksikan langsung, beserta informasi detail mengenai kendaraan.”

Untuk model baru ini, BMW akan mendatangkannya dalam varian 320i Touring. Meski melihat angka serinya mengacu pada entry level, namun tradisinya model Touring mendapat sejumlah kelebihan spesifikasi bila dibandingkan versi sedan/saloon.

Mesin

320i Touring akan mengandalkan varian mesin empat silinder 2.0 liter TwinPower Turbo, yang menyimpan tenaga sebesar 182 hp dan torsi 300 Nm. Jantung pacu ini dipadukan transmisi otomatis Steptronic 8-speed, untuk menggerakkan roda belakang.

Demi menjamin karakter dinamis dan sporty dari pengendaliannya, BMW meningkatkan rigiditas chassis 25 persen. Dengan titik pusat gravitasi (center of gravity) rendah, untuk memberikan distribusi bobot 50:50 antara sisi depan dan belakang. Namun, bobot keseluruhan mobil ini bertambah 10 kg dibandingkan generasi sebelumnya.

Eksterior

Proporsi khas dan bahasa desain kuat ditentukan oleh garis-garis tajam dan permukaan berkontur. Semua dibikin sebagai visual dari kendaraan dinamis, kemudian memancarkan aura elegan dan atletis. Dimensi eksterior lebih panjang 76 milimeter menjadi 4.709 mm, dengan lebar hingga 1.827 mm dan tinggi 1.470 mm (termasuk sirip atap). Jarak sumbu roda diperpanjang 41 mm menjadi 2.851 mm. Trek lebar ini, kata pabrikan, berkontribusi memberi handling mobil yang lincah dan sporty.

Seperti pada Seri 3 Sedan, tampilan fascia depan dihiasi grille double kidney besar, lampu kembar ramping dan apron depan agresif. Naik ke kontur rumah lampu depan dan intake udara dalam bentuk T horizontal, diikuti lampu utama LED sebagai standard Seri 3 Touring.

Lebih dari itu, masih tersedia opsi lampu LED Adaptif dengan BMW Laserlight, sehingga tidak menyilaukan pengendaraa lain. Pendaran cahaya dari teknologi ini bisa menjangkau jarak 530 meter.

Interior

Teknologi mutakhir pun dibenamkan, oleh BMW Operating System 7.0 sebagai pusat kontrol untuk infotainment iDrive, tidak hanya untuk hiburan tapi juga fitur pendukung pengemudi. Dengan sistem edisi terbaru ini, operasional infotainment menjadi lebih praktis, juga lebih lengkap.

BMW Live Cockpit Professional menjadi cluster instrumen digital penuh, lewat layar sebesar12,3 inci. Lyar tersebut menemani touchscreen 10,25 inci unutk iDrive di tengah dashboard.

Safety

Seri 3 Touring standard dibekali banyak fitur keselamatan, mulai dari Speed Limit Info System, Lane Departure Warning, Collision and Pedestrian Warning with City Braking Function. Ada juga sensor pendeteksi pesepeda, serta Active Cruise Control with Stop & Go Function, Driving Assistant with Lane Change Warning.

Dengan demikian, Seri 3 Touring ditujukan kepada eksekutif penggemar mobil anti-mainstream dengan performa mesin kuat. Selain gaya, BMW pun tawarkan unit bagi konsumen yang suka eksplorasi ke berbagai tempat. Kita tunggu saja peluncurannya.

ANJAR LEKSANA | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listirk yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...