Resmi! Vettel dan Ferari 'Cerai' Akhir 2020

MARANELLO, Carvaganza.com – Scuderia Ferrari dan Sebastian Vettel akhirnya menetapkan bahwa keduanya akan berpisah di akhir tahun 2020. Ferrari resmi mengumumkan bahwa Vettel tidak akan memperpanjang kontraknya untuk tahun depan.

Keputusan tersebut diumumkan pada hari Selasa (12/5/2020), setelah kedua belah pihak dikatakan tidak menemukan titik kesepakatan. Praktis, satu kursi di Ferrari kosong untuk diisi pembalap baru mendampingi Charles Leclerc.

“Hubungan saya dengan Scuderia Ferrari akan selesai pada akhir tahun 2020. Demi mendapat hasil terbaik di olahraga ini, penting untuk semua pihak bisa bekerja dalam harmoni yang sempurna. Saya dan tim telah menyadari bahwa tidak ada lagi keinginan bersama untuk tetap bersama setelah akhir tahun ini,” kata Vettel dalam pernyataan resmi dari Ferrari.

“Masalah finansial tidak ada kaitannya dalam keputusan bersama ini. Itu bukan cara saya berpikir ketika harus membuat pilihan tertentu dan tidak akan pernah begitu.


Kepastian


“Apa yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir telah membuat banyak dari kami merenungkan apa yang menjadi prioritas nyata kami dalam kehidupan. Seseorang perlu menggunakan imajinasi seseorang untuk mengadopsi pendekatan baru pada situasi yang telah berubah.”

Pernyataan Vettel sekaligus membantah isu yang selama ini beredar, bahwa negosiasi kontrak baru Ferrari terganjal masalah gaji yang akan dikurangi. Apalagi kabarnya, Ferrari awalnya hanya menawarkan kontrak berdurasi satu tahun untuk mantan juara dunia empat kali itu.

Kondisi negosiasi kontrak Vettel bahkan bertolak belakang dengan Leclerc yang telah diperpanjang pada akhir tahun lalu. Ferrari mempertahankan Leclerc dengan kontrak jangka panjang, yang berlangsung sampai 2024. Sebagai didikan Ferrari Driver Academy, Leclerc berhasil bersaing kuat dengan Vettel tahun lalu.

Sebastian Vettel. Foto: www.theintelligencer.com

Keputusan Bersama


“Ini adalah keputusan yang diambil bersama oleh kami sendiri dan Sebastian, keputusan yang dirasa kedua pihak untuk yang terbaik. Ini bukan keputusan mudah untuk dicapai, mengingat nilai Sebastian sebagai seorang pembalap dan sebagai pribadi,” ujar bos tim Ferrari, Mattia Binoto.

“Tidak ada alasan spesifik yang mendasari keputusan ini, terlepas dari keyakinan bersama dan damai bahwa saatnya telah tiba untuk berpisah untuk mencapai tujuan kami masing-masing," tambah dia.

Vettel bergabung ke Ferrari pada tahun 2015, yang langsung memenangkan balapan pada penampilan keduanya, di Grand Prix Malaysia. Selama periode tersebut, Vettel dan Ferarri telah meraih 14 kali kemenangan balapan, menjadikannya pembalap Ferrari tersukses ketiga.

Dua kali Vettel menjadi penantang gelar juara dunia bersama Ferrari, yaitu pada 2017 dan 2018. Namun dari dua kesempatan itu, kombinasi Lewis Hamilton dan Mercedes terbukti lebih digdaya untuk meraih gelar juara.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda