Resmi! Mick Schumacher akan Naik Kelas ke F1 Tahun Depan

SAKHIR, Carvaganza.com – Bulan Desember 2020 baru memasuki hari kedua, namun paddock Formula 1 sudah disibukkan dengan sejumlah pengumuman selama dua hari terakhir. Setelah Romain Grosjean diistirahatkan dan digantikan Pietro Fittipaldi, lalu Lewis Hamilton akan absen karen COVID-19, kini hadir kejutan baru. Mick Schumacher resmi diumumkan akan debut di F1 pada tahun depan.

Anak dari Michael Schumacher itu resmi diumumkan akan berlaga di F1, bersama tim Haas F1. Meski sudah diprediksi kuat, namun pengumuman dilakukan justru bersamaan dengan Mercedes tunjuk pengganti Hamilton. 2021 akan menjadi pertama kalinya sejak 2012 nama Schumacher hadir di grid.

Sebelumnya, Schumacher junior diprekirakan baru akan diumumkan naik kelas setelah berhasil memenangkan gelar juara F2 tahun ini. Namun Haas ternyata lebih memilih untuk mengumumkan jelang seri terakhir F2, bersamaan dengan Grand Prix Sakhir. Kini, line up pembalap Haas sudah lengkap untuk musim 2021.

Sehari sebelumnya, Haas F1 sudah mengumumkan bahwa salah satu kursinya tahun depan akan diisi oleh Nikita Mazepin. Salah satu rival Schumacher di F2 tahun ini, kabarnya sekaligus membawa sponsor besar yang juga menjadi investor tim. Keluarga Mazepin dari Rusia kabarnya ikut menanam sebagian kepemilikan di dalam tim asal Amerika Serikat itu.



Debut Schumacher dengan Haas berkaitan dengan statusnya sebagai pembalap binaan Ferrari Driver Academy. Haas sendiri termasuk tim yang berafiliasi dengan Ferrari di F1, selain Alfa Romeo Sauber. Selain menggunakan mesin, Haas turut menjalin kemitraan dalam sisi teknis dengan Ferrari, sejak debut tahun 2016 lalu.

“Saya sangat senang bahwa kami bisa pastikan Mick Schumacher dalam line up pembalap kami musim depan dan saya menantikan untuk menyambutnya ke dalam tim,” kata Guenther Steiner, bos tim Haas F1.

“Kejuaraan Formula 2 telah memberikan lahan pembuktian untuk pembalap berbakat menunjukkan kredensialnya dan persaingan tahun ini tidak diragukan salah satu yang paling kompetititf dalam beberapa tahun terakhir. Mick telah memenangkan balapan, meraih podium dan unggul melawan sejumlah bakat hebat di 2020.

“Saya percaya dia telah dapatkan kesempatan untuk naik kelas ke Formula 1 berdasarkan performanya. Kami punya peluang di depan kami, sebagai satu tim, untuk mengevaluasi dan membimbing pembalap baru kami berbekal kemiripan paket mobil kami untuk 2021.”

https://twitter.com/HaasF1Team/status/1334059637319098368?s=20

 

Duet Schumacher dan Mazepin resmi melengkapi duet tahun ini yang tidak diperpanjang kontraknya oleh Haas, yaitu Romain Grosjean dan Kevin Magnussen. Persiapan Schumacher jelang debutnya akan mulai lebih awal, dengan tampil di FP1 untuk Haas di Abu Dhabi. Kemudian setelah balapan terakhir, Haas juga akan tunjuk Schumacher untuk sesi tes pembalap muda.

“Syaa ingin berterima kasih kepada Haas F1 Team, Scuderia Ferrari dan Ferrari Driver Academy untuk menaruh kepercayaan ke saya. Saya juga ingin mengakui dan menyampaikan cinta saya kepada orang tua saya – saya tahu bahwa saya berhutang segalanya kepada mereka,” kata Mick.

“Saya selalu percaya bahwa saya akan mewujudkan impian saya di Formula 1. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya harus juga ditujukan kepada semua penggemar motorsport hebat di luar sana yang telah mendukung saya sepanjang karier saya. Saya akan memberikan segalanya, seperti yang selalu saya lakukan, dan saya berharap untuk melakukan perjalanan ini bersama dengan Haas F1 dan mereka.”

Akhir pekan ini, Schumacher akan lakoni laga penentuan gelar juara di F2. Saat ini dirinya memimpin klasemen dengan unggul 14 poin dari Callum Ilott, dan Nikita Mazepin di posisi ketiga dengan jarak 29 poin.

Sumber: Formula 1, Haas

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda