Rayakan Ultah Ke-50 Toyota Indonesia Luncurkan Kijang Innova Edisi Terbatas, Apa Kelebihannya?

JAKARTA, Carvaganza - Lima puluh tahun bukanlah waktu yang pendek. Selama itulah Toyota Indonesia hadir di Indonesia. Untuk merayakan ulang tahun ke-50 Toyota di Indonesia, produsen mobil asal Jepang itu memperkenalkan Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary.

Ada dua tipe Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary, pertama tipe V Luxury seharga Rp 404,5 juta dan Venturer seharga Rp 482,7 juta. Varian V luxury dibekali mesin 1TR-FE 4-silinder 2,0 liter yang bertenaga 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan tipe Venturer memakai mesin 2GD-FTV 4-silinder 2,4 liter turbo-diesel yang bertenaga 149 PS pada 340 rpm dengan torsi puncak 360 Nm pada 1.200-2.600 rpm. Keduanya dibekali transmisi otomatis saja dengan 6-speed sequential.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary

Urusan mesin tak ada yang berbeda dari edisi terbatas ini dengan versi Kijang Innova dan Venturer umumnya yang dijual di Indonesia. Keistimewaan kedua mobil ini dari Kijang Innova lainnya adalah terdapatnya sejumlah ornamen khusus edisi terbatas di bagian eksterior dan interior.

Eksteriornya misalnya, mobil ini mendapat Golden Side Sticker, yakni stiker berwarna emas di pintu dekat jendela yang menggambarkan perjalanan singkat Toyota di Indonesia. Stiker ini menyambung ke bagian kap mesin. Sedangkan grille depannya diberi kesan majestic karena bagian atasnya diberi sepuhan warna dark chrome untuk Venturer dan chrome untuk Innova V Luxury.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary

Secara khusus di bagian samping, Toyota juga mewarnai velg kedua mobil terbatas ini dengan coating warna dark grey metallic yang memberi kesan sporty. Sementara di bagian belakangnya, tak lupa Toyota menyematkan emblem 50th Anniversary sebagai penanda. Nah menariknya, emblem 50th Anniversary ini tak hanya akan terpasang di bagian belakang Innova dan Venturer edisi terbatas ini, tetapi pada setiap mobil yang diproduksi Toyota mulai hari ini (9/4).

Interiornya tak ketinggalan sentuhan khusus. Ornamen panel kayu di dashboard sekarang juga terpasang di lingkar kemudi bagian atas. Tak Cuma itu, tema warna coklat kayu ini juga dipakai sebagai material kulit pembungkus jok sehingga kabin Innova dan Venturer edisi terbatas ini terasa lebih senada.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang sedikit lebih berbeda, Toyota juga memasang sistem audio premium dari JBL lengkap dengan emblem JBL di dashboard. Kemudian di bagian lantainya disediakan premium floor covering berlogo khusus 50 Tahun Toyota. Terahir tapi tak kalah penting, ada Air Purifier yang terintegrasi dengan sistem pendingin kabin yang akan menyaring udara di dalam kabin untuk kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Lantas kalau dibandingkan dengan varian biasanya, seberapa jauh perbedaan harganya? Toyota Kijang Innova 2.0 V AT Luxury dijual dengan harga Rp 390,5 juta atau bisa dibilang varian Limited Edition lebih mahal sekitar Rp 14 juta. Sedangkan Toyota Kijang Innova Venturer 2.4 AT dijual Rp 468,5 juta atau varian Limited Edition lebih mahal sekitar Rp 14,2 juta.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary

Menurut Anda apakah sejumlah ornamen minor tersebut pantas untuk ditebus dengan harga yang sekitar Rp 14 juta lebih mahal dibanding versi biasany? Kalau menurut kami, seluruh ornamen tersebut hanya penanda saja. Karena jumlahnya yang hanya dibuat 50 unit saja di seluruh dunia yang menjadikan keduanya lebih bernilai ketimbang Toyota Kijang Innova lainnya di dunia ini. RIZKI SATRIA

Harga Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary:
Toyota Kijang Innova V Luxury Rp 404.500.000
Toyota Kijang Innova Venturer Rp 482.700.000

Artikel yang direkomendasikan untuk anda