Lexus LF-Z Electrified, Konsep Mobil Listrik Ala Pabrikan Mewah Asal Jepang

JAKARTA, Carvaganza – Tak ingin ketinggalan dengan produsen mobil mewah lain, Lexus mulai mengelektrifikasikan kendaraannya. Saat ini mereka memang sudah punya mobil listrik yang dijual di Indonesia bernama UX 300e. Kamipun sudah mengujinya beberapa waktu lalu. Tetapi meski berlabel mobil listrik murni, Lexus UX 300e masih memakai jubah layaknya mobil konvensional biasa. Nah, kali ini mereka ingin membuktikan kalau di masa depan Lexus punya identitas yang lebih menarik khusus untuk kendaraan listrik mereka.

Makanya beberapa waktu lalu Lexus merilis mobil konsep LF-Z Electrified. Prototipe ini adalah bukti bahwa mobil listrik secara spesifik bisa Lexus buat secara gemerlap. Mobil konsep ini sekaligus menjadi arah langkah elektrifikasi ke depan Lexus.

Uniknya, Lexus memilih crossover untuk dijadikan sebagai kendaraan listrik prototipe mereka, bukan sedan, hatchback atau SUV (Sport Utility Vehicle). Alasannya sederhana, desain crossover ini bisa menjadi acuan yang dapat dipakai oleh segala jenis tipe bodi mobil itu tadi. Misalnya, desain Spindle Grille baru yang menyambung dengan lip spoiler. Atau atap kaca electrochromic yang membuat mobil ini memiliki tema warna eksterior two-tone.

Lexus LF-Z

Aksen futuristis banyak ditampilkan lewat permainan lampu LED strip iluminasi warna-warni di sekujur tubuh dan interiornya. Selain tampil modern dan bertekenologi tinggi, mobil ini juga dibekali ban berukuran sangat besar dengan desain velg yang tak biasa pula. Sebetulnya Lexus pernah menampilkan mobil konsep serupa bernama LF-30 Electrified sebelumnya. Namun mobil ini memiliki pendekatan yang lebih masuk akal untuk diproduksi. Makanya pintu model gullwing yang dipakai pada konsep sebelumnya kini tak lagi dipakai.

Begitupun dengan bagian dalamnya. Lexus memilih pendekatan minimalis bukan bertabur gadget. Hasilnya malah terlihat lebih rapi dan modern. Perangkat multimedia disematkan hanya di belakang kemudi. Terdapat tiga layar sebagai panel indikator berkendara hingga sistem multimedia. Oh ya, kemudinya juga punya desain unik, layaknya setir pesawat ataupun mobil-mobil masa depan yang sering kita lihat di film.

Jelasnya, bagian pengemudi punya desain layaknya kokpit pesawat tempur. Supaya lebih terasa kesan futuristisnya, mobil ini juga dibekali teknologi artificial intelligence (AI) yang dapat mempelajari karakter berkendara pengemudinya. Jadi mobil ini bisa menyetel mode berkendara hingga pilihan fitur di dalam kabin sesuai individu yang mengemudi secara otomatis. Tetapi selain itu semua, konsep desain yang paling membanggakan tentunya atap kaca yang menyatu dari depan hingga ke belakang. Panorama pemandangan langit malam tanpa halangan benar-benar dapat dinikmati sepenuhnya.

Lexus LF-Z

Kalau dilihat dari sudut pandang teknologi, LF-Z Electrified beroperasi menggunakan tenaga dari baterai listriknya secara niremisi. Tak ada yang spesial. Tetapi Lexus memasangkan konsep sistem penggerak all-wheel drive ‘Direct4’ yang distribusi penyaluran tenaganya dapat disesuiakan sesuai kebutuhan. Mobil ini juga mengadopsi teknologi steer-by-wire yang memutus koneksi mekanis antara kemudi dengan roda. Hasilnya Lexus mengklaim kalau pergerakan kemudinya akan lebih tepat dan akurat.

Sayangnya, Lexus sudah mengatakan kalau mobil LF-Z ini tak akan diproduksi dalam waktu dekat. Untungnya, Lexus juga berkata kalau beberapa elemen mobil ini yang lulus penyaringan teknologi dapat digunakan pada beberapa mobil listrik Lexus di masa depan. Lexus berencana memperkenalkan 20 mobil listrik hingga tahun 2025 termasuk varian bermesin hybrid.

Untungnya lagi, Lexus berjanji walau akan memproduksi banyak mobil listrik, mereka tidak akan berhenti memproduksi mobil bermesin pembakaran konvensional seperti yang banyak dilakukan produsen mobil mewah lainnya.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda