Presiden Amerika Serikat, Joe Biden Ingin Mobil Kepresidenan Beralih ke Tenaga Listrik

WASHINGTON DC, Carvaganza - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, dikenal sebagai sosok yang getol mengkampanyekan mobil listrik belakangan ini. Ia telah menganggarkan lebih dari US$ 174 miliar untuk pengembangan mobil listrik di AS. Dana tersebut termasuk rencana membangun 500 ribu charging station di seluruh pelosok AS untuk menggoda rakyat AS beralih ke mobil listrik.

Mungkin biar sesuai dengan omongannya, ia harus mencontohkannya sendiri. Makanya beberapa waktu lalu White House Press Secretary, Jen Psaki, mengatakan kalau Presiden Biden sudah berencana untuk mengelektrifikasi bukan hanya seluruh armada operasional Gedung Putih saja, tetapi juga mobil kepresidenan berlapis baja yang dikenal ‘The Beast’.

Pernyataan ini diontarkan Jen Psaki kepada wartawan di atas pesawar Air Force One. Ucapan ini di tweet oleh seorang koresponden senior CNBC Washington, Eamon Javers. “Sudah lama Presiden bicarakan hal ini, dan ini menjadi salah satu tujuannya selama menjabar Presiden AS,” cuit Javers.

Sebetulnya berita ini bukan hal yang mengagetkan. Ya selain Biden memang tidak menutupi mimpinya yang ingin menjadikan kendaraan listrik sebagai masa depan AS, ia juga baru saja menjajal mobil listrik terbaru Ford F-150 Lightning. Bahkan di Januari lalu Biden memproyeksikan anggaran sebesar US$ 2 trilyun untuk meremajakan seluruh armada dan mobil dinas pemerintah AS.

Perlu dicatat, Psaki mengatakan kalau Presiden berencana mengelektrifikasi mobil kepresidenan. Bisa diartikan kalau limosin kepresidenan miliknya nanti bukan beralih ke sistem penggerak elektrik sepenuhnya, tetapi menjadi mobil hybrid.

— CSPAN (@cspan) May 18, 2021

Jelas ini tantangan berat bagi pabrikan manapun yang nantinya menerima permintaan ini. Kita tahu sendiri, mobil kepresidenan Amerika Serikat adalah mobil dengan fitur keselamatan dan keamanan terbaik di dunia. Untuk alasan keamanan, apakah sistem penggerak listrik nantinya punya fungsi yang signifikan, belum jelas juga hingga kini.

Saat ini Joe Biden duduk di dalam Cadillac kepresidenan yang telah mengabdi sejak 2018. Dibalut kulit baja dan dibekali banyak fitur keamanan berteknologi tinggi, limosine berdimensi sangat besar dini dibangun di atas struktur rangka truk komersial yang kokoh. Konon bobot kendaraan bisa sampai lebih dari 9 ton.

Bobotnya ini sudah hampir dua kali lipat dari GMC Hummer EV, truk militer bertenaga listrik yang dimiliki negeri Paman Sam saat ini. Nah berarti, kalau bobotnya itu ditambahkan lagi dengan baterai dan motor listrik, besar kemungkinan bobotnya akan lebih meningkat lagi.
RIZKI SATRIA

Sumber CNBC, Twitter

Artikel yang direkomendasikan untuk anda