Beranda EDITOR'S PICKS Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil...

Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi?

JAKARTA, carvaganza.com – Mobil kepresidenan sering diidentikkan sebagai mobil paling aman. Makanya mobil-mobil ini dilindungi sejumlah fitur keselamatan termutakhir sampai fitur anti peluru. Tak aneh kalau harganya sangat mahal. Berapa harga mobil-mobil kepresidenan dan siapa yang paling mahal?

Ratu Elizabeth, Bentley State Limousine, Rp 190 Miliar


Kami mengutip dari motoreasy, beberapa mobil kepresidenan termahal di dunia. Nomor pertama ternyata dimiliki oleh Ratu Elizabeth dari Inggris. Ratu menggunakan Bentley State limousine seharga 10 juta Pounstreling. Kalau dikurskan ke Rupiah, mobil ini memiliki banderol Rp 190 miliar. Angka yang fantastis bukan?

Sekarang kita bandingkan mobil ini dengan mobil terlaris di sana, Ford Fiesta seharga Rp 300 jutaan. Jurang perbedaan harganya bak sedalam palung di lautan. Mobil kerajaan Inggris ini 610 kali lebih mahal daripada mobil yang paling banyak dipakai oleh rakyatnya. Bentley State Limousine memang mahal karena tak hanya tahan peluru, bannya juga sudah dibalut kevlar. Mobil kerajaan ini juga hanya dibuat sebanyak dua unit saja di seluruh dunia dan akan melindungi Ratu Inggris kemanapun ia pergi.

Kim Jong-Un, Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard, Rp 30 Miliar


Peringkat kedua mobil kepresidenan termahal di dunia adalah mobil milik Kim Jong-Un, pemimpin Korea Utara. Kim menggunakan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard seharga sekitar Rp 30 miliar. Selisihnya sangat jauh sekali dibanding mobil Ratu Inggris. Tapi menurut motoreasy harga itu cukup untuk menebus 300 unit GAZ-24 Volga, mobil yang paling banyak lalu-lalang di Korea Utara. Harga mobil rakyat Korea Utara itu sekitar Rp 75 Juta.

Anehnya, Korea Utara mendapat sangsi keras larangan impor dari sejumlah negara beberapa tahun belakangan lantaran kepemilikan senjata nuklir. Bagaimana Kim bisa membawa Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard masuk ke negaranya juga dipertanyakan. Selain memiliki perlindungan optimal bak tank, sedan eksekutif termahal Mercedes-Benz ini juga punya segudang fasilitas mewah dan fitur hiburan berlimpah.

Donald Trump, The Beast, Rp 30 Miliar

Foto by: NYPost
Foto by: NYPost

Walaupun bukan yang termahal, namun The Beast mungkin adalah mobil kepresidenan paling aman di dunia. Di dalam kabinnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dilindungi bodi pelindung sekelas militer setebal 5-inci. Kalau ada penjahat yang mau masuk ke dalamnya, handle pintunya itu akan mengalirkan listrik yang cukup kuat untuk bikin pingsan. Di dalamnya juga tersimpan persediaan darah sesuai dengan golongan darah sang presiden apabila memerlukan transfusi dalam kondisi darurat.

Mobil terlaris di Amerika Serikat adalah Ford F-Series. Pick-up truck seharga Rp 425 jutaan. Kalau dibandingkan, harga mobil Trump ternyata hanya sanggup untuk menebus 53 unit mobil yang paling banyak dimiliki rakyatnya.

Angela Merkel, Audi A8 L Security, Rp 18,1 Miliar


Kanselir Jerman, Angela Merkel memilih mobil nasional Audi A8. Bedanya, versi miliknya jauh lebih aman karena dilindungi banyak fitur keselamatan dan keamanan khusus VIP. Di balik kap mesinnya tertanam mesin 12-silinder yang tentunya sangat bertenaga.

Tak jauh berbeda dari Amerika Serikat, ternyata perbedaan harga mobil kepresidenan Jerman dengan mobil terlaris di negaranya tak terlalu jauh. Menurut data, mobil terlaris di Jerman saat ini adalah Volkswagen Golf seharga Rp 334 jutaan. Jadi, mobil kanselir Jerman setara dengan sekitar 54 unit mobil rakyat Jerman.

Vladimir Putin, Aurus Senat Limousine, Rp 8,3 miliar


Aurus Senat seharga Rp 8,3 miliar mungkin tak semahal mobil kepresidenan negara lain. Bahkan harganya ini masih lebih murah dari mobil Pemimpin Cina, Presiden Xi Jinping, Hongqi L5 seharga Rp 11,7 miliar. Namun kalau dibandingkan dengan mobil terlaris di Russia, harganya itu sanggup membeli 106 unit Lada Granta. Lada Granta sendiri mobil rakyat Russia yang dijual dengan harga sangat murah, sekitar Rp 78 jutaan saja.

Jokowi, Mercedes-Benz S600 Guard, Rp 23,4 Miliar

Photo by: Kabaroto

Meski tak ada keterangan resmi dari Mercedes-Benz Indonesia mengenai berapa harga mobil kepresidenan terbaru Republik Indonesia ini, namun ditaksir harganya di Eropa mobil ini dijual mulai US$ 1,6 juta. Kalau dikurskan ke Rupiah, mobil yang juga dipakai Raja Salman dari Arab Saudi itu sekitar Rp 23,4 miliar.

Photo by: Kumparan

Harga itu cukup untuk membeli 160 unit mobil rakyat Indonesia. Per September 2020 mobil terlaris di Indonesia saat ini adalah Honda Brio yang dijual mulai harga Rp 146 jutaan. Mobil ini pertama kali digunakan Jokowi di depan publik ketika mengecek kesiapan persiapan tatanah hidup baru ‘New Normal’ di Mall Summarecon Bekasi, beberapa waktu lalu. Indonesia juga memiliki versi Limousine dari mobil bermesin V12 itu.

Mobil Kepresidenan Lainnya


Hebatnya, ada beberapa pemimpin negara yang memilih mobil dinas kenegaraan yang tak terlalu mewah. Contohnya, presiden Prancis, Emmanuel Macron memilih SUV Citroen ‘Presidential’ DS7 Crossback seharga Rp 1 miliar. Kemudian ada Jacinda Ardern yang memakai mobil listrik, Hyundai Ioniq seharga Rp 453 jutaan. Tapi pemimpin negara yang paling sederhana adalah Jose Mujica dari Uruguay. Ia memilih untuk memakai Volkswagen Beetle buatan 1987 miliknya sebagai mobil dinas kenegaraan. Harga mobilnya itu ditaksir sekitar Rp 26,6 juta. Harga ini sekitar seperempatnya saja dari harga mobil terlaris di Uruguay, Suzuki Celerio yang dijual Rp 123 jutaan.
RIZKI SATRIA

Sumber: Berbagai sumber

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mengapa Rolls-Royce Senang Menggunakan Nama Hantu Untuk Mobil-Mobilnya?

JAKARTA, Carvaganza.com - Nama adalah doa. Ungkapan itu dalam budaya Indonesia sangat dipandang. Nama tak sekadar sebutan, panggilan atau sapaan. Nama bisa saja megandung...

Mengunjungi Pabrik Bugatti Di Molsheim, Prancis

Molsheim, Carvaganza.com - Molsheim adalah rumah keluarga besar Bugatti. Tempat sang pendiri meletakkan harapannya terhadap brand berkelas itu. Berlokasi di jantung kota Alsace, Prancis,...

Enzo Ferrari, Hegemoni Seorang Komandan

JAKARTA, carvaganza - Pada 18 Februari 1898, di tengah guyuran salju yang pekat, seorang bayi lahir di pinggir kota Modena, Italia. Saking tak mungkinnya...

3 Mitos Isi Bensin Yang Bikin Paranoid Pemilik Mobil

JAKARTA, Carvaganza.com - Banyak orang bisa mengemudi mobil, namun tak paham bagaimana mesin bekerja. Karena tak mengetahui, maka lantas banyak mitos beredar. Soal mengisi...

Kemenperin Manfaatkan AMMDes untuk Penyemprot Disinfektan Cegah Covid-19

JAKARTA, Carvaganza -- Kementerian Perindustrian bersama PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) kembali menggelar kegiatan untuk menekan penyebaran virus korona baru melalui pemanfaatan Alat...