Peugeot 3008 GT, The Re-Evolution

Peugeot 3008 GT, The Re-Evolution

Kata stand out begitu cocok pada mobil terbaru asal Perancis yaitu Peugeot 3008 GT. Ya, antara Peugeot 3008 pertama tahun 2008 dengan 3008 GT 2016 memiliki tampilan yang sangat berbeda. Tampilannya bukan lagi layaknya adik-kakak melainkan saudara tiri.

Sejak awal, 3008 terlahir sebagai sebuah crossover dengan tingkat kenyamanan yang tinggi khas Peugeot. Hanya saja, desain membuatnya terasa kurang maksimal. Desain awal yang blobby atau bulat, seketika berganti dengan desain yang mengotak, tegas, kekar dan sporty.

Berbicara lekuk tubuh terlihat sangat berbeda, 3008 generasi pertama, lekuk tubuhnya lebih cenderung lembut dengan lekuk kap mesin yang landai terkesan bulat dan unik. Lekuk tubuh tersebut turut mengalir ke belakang dimana pilar C lebih landai layaknya sedan. Desain lampu belakang juga memiliki desain yang unik.

Sedangkan 3008 GT memiliki garis tubuh yang tegas dan lebih boxy. Kesan tersebut didukung alur kap mesin yang rata dan memiliki garis yang tegas. Kesan tegas juga turut terpancar dari desain headlamp. Lekuk pilar C juga cenderung vertikal layaknya sebuah SUV. Bukan layaknya SUV, tapi memang Pug menempatkan mobil ini pada segmen SUV.

Nah, ciri khas dari SUV begitu terlihat ketika Peugeot menyematkan velg berukuran 19 inci yang dibalut ban 235/50. Untuk 3008 biasa, hanya dibekali dengan velg berukuran 17 dan 18 inci saja. Oh ya, Peugeot 3008 model tahun 2017 hadir dalam versi biasa. Pembedanya hanya pada warna two-tone dan ukuran velg.



Nuansa elegan yang berpadu dengan sporty juga terpancar berkat desain bumper depan yang lebih ciamik dengan baluran krom di beberapa bagian. Ornamen krom juga tersemat di lis kaca, roof rail dan side moulding.

Desain unik Headlamp full LED yang dihiasi oleh DRL membentuk garis putus-putus di bagian atas mengapit grille yang tersemat logo singa mengaum di tengahnya. Desain lampu belakang juga sangat berbeda dengan versi standar. Desainnya lebih kotak dengan tiga bilah reflektor di setiap sisi. Untuk memberikan kesan stand out, Peugeot menggunakan pilihan cat Coupe Franche. Cat tersebut merupakan perpaduan two-tone asymmetrical yang unik.

Pada bagian interior, Peugeot sangat menonjolkan kesan premium ala sebuah SUV di dalam kabin 3008 GT ini. Hal tersebut diperkuat dengan penggunaan material kelas wahid yang tersemat, seperti trim menggunakan material kayu ek.



Tak hanya material saja, Peugeot juga menyematkan sebuah fitur canggih terbaru di dalam kabinnya yaitu Peugeot i-Cockpit system. Sistem tersebut terintegrasi dengan layar sentuh berukuran 12,3 inci yang mengambil bagian di tengah dashboard.

Selain itu, kursi standar juga diganti dengan kursi sport yang telah dibalut dengan kulit Nappa Mistral dan Brumeo Cloth. Untuk menyatukan kedua buah kulit tersebut Peugeot menggunakan warna jahitan yang kontras. Ketika kita merebahkan kursi dan menghadap ke atas kita bisa memandangi indahnya langit berkat adanya Panoramic roof.

Bicara soal jantung penggerak, Peugeot hanya menyediakan 1 buah mesin diesel yang paling bertenaga. Mesin tersebut memiliki kapasitas 2.0 liter BlueHDi 180 S&S. Tenaga yang dimiliki cukup besar yaitu 177 hp dengan torsi 399 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi otomatis enam kecepatan.

Spesifikasi Peugeot 3008 GT 2017

Layout: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, FWD
Mesin: 2.0 liter BlueHDi 180 S&S, empat silinder segaris, 177 hp/ 399 Nm.
Transmisi: AT 6-Kecepatan
PxLxT: 4365 x 2113 x 1639 mm
Wheelbase: 2613 mm
Bobot Kosong: 1539 kg
Kapasitas Tangki BBM : 60 Liter

TITO LISTYADI

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya