Beranda Updates Penjualan Suzuki 2019, Carry dan Ertiga Jadi Tulang Punggung

Penjualan Suzuki 2019, Carry dan Ertiga Jadi Tulang Punggung

JAKARTA, Carvaganza.com – Melempemnya pasar otomotif di 2019 lalu, berdampak pada Suzuki. Tahun lalu penjualan total nasional turun 11%. Suzuki tetap berada di Top 5 penjualan nasional dengan market share sekitar 10%. Jumlah retail sales pabrikan berlambang S itu berada di angka 102.865 unit. Angka ini turun dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di angka 116.688 unit.

Penjualan Suzuki terutama datang dari model-model yang mereka produksi di Indonesia, tepatnya 87,1% dai total penjualan. Kontributor utama adalah New Carry Pick-Up yang merajai segmen low pick-up dengan pangsa pasar 56,8%. Pick-Up yang mendapat pembaruan pada April 2019 lalu itu terjual sebanyak 54.943 unit.

Di posisi kedua ada All New Ertiga yang harus bersaing ketat di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Andalan Suzuki ini menutup 2019 dengan penjualan sebesar 26.377 unit.

Makmur, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan peluncuran produk baru menjadi salah satu kunci raihan tahun lalu. Pada 2019, Suzuki memperkenalkan 4 model yaitu All New Ertiga Suzuki Sport (Maret 2019), New Carry Pick-Up (April 2019), Jimny (Juli 2019), dan New Baleno (Desember 2019).

“Seluruh prestasi yang dicapai oleh Suzuki ini juga didukung oleh rangkaian produk baru yang dihadirkan untuk pelanggan Indonesia selama 2019,” kata Makmur di Jakarta, Selasa (4/2/2020) kemarin.

Servis

Catatan lain yang dibuat Suzuki adalah meningkatnya jumlah servis di bengkel resmi. Tercatat selama 2019, sebanyak 1,1 juta unit mobil Suzuki melakukan perawatan. Angka ini naik 8 persen dibanding 2018.

Hingga saat ini Suzuki telah memiliki 339 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka menyediakan layanan 3S (sales, services dan spare parts).

“Kami mengerti salah satu hal terpenting dalam memiliki kendaraan adalah layanan purnajualnya. Hal ini yang mendasari kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Peningkatan service intake pada 2019 merupakan bukti, layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya pelanggan,” ucap Seiji Itayama, President Director PT SIS.

Ekspor

Naiknya jumlah konsumen yang servis di bengkel resmi, turut diikuti peningkatan penjualan suku cadang genuine. Pertumbuhannya 13 persen. Ini membuktikan, makin banyaknya pelanggan yang percaya terhadap spare parts dari Suzuki Indonesia.

Kinerja apik dicatatkan Suzuki di aktivitas ekspor. Sepanjang 2019 Suzuki berhasil mengapalkan 66.433 unit mobil ke 52 negara tujuan. Pencapaian ekspor ini terdiri dari 26.820 unit completely knock-down (CKD) serta 39.613 unit completely built-up (CBU).

Kontribusi terbesar ekspor Suzuki dipimpin oleh All New Ertiga sebesar 27.318 unit CBU atau 41,1% dari total ekspor Suzuki. Kemudian diikuti oleh Karimun Wagon R dengan kontribusi sebesar 21.936 unit CKD atau 33% dari total ekspor Suzuki.

Baca juga: Suzuki Torehkan Pencapaian Positif pada 2019

HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...