Beranda New Cars Pede Luncurkan Edisi ‘Mahal’ di Masa Pandemi, Ini Alasan BMW Indonesia

Pede Luncurkan Edisi ‘Mahal’ di Masa Pandemi, Ini Alasan BMW Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – BMW Group Indonesia seakan tidak ingin situasi pandemi COVID-19 menghalangi mereka untuk hadirkan model terbaru. Selama sekitar empat bulan terakhir, sudah tujuh model baru diluncurkan, baik merek BMW maupun MINI. Yang terbaru, BMW merilis duo X3 M dan X4 M versi Competition.

Menariknya adalah, dalam kondisi pasar yang cenderung turun, BMW justru lebih banyak meluncurkan model yang edisi terbatas. Otomatis, edisi terbatas ini punya banderol yang di atas rata-rata pula. Kenapa justru BMW yakin dan percaya diri melakukan langkah ini?

Dijelaskan Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, seluruh peluncuran ini dilakukan mengikuti strategi yang sudah disusun sejak lama. Meski situasi kurang mendukung, Jodie mengatakan apa yang dilakukan sudah sesuai hasil riset pasar sebelumnya. Tujuh model yang diluncurkan yaitu Seri 6 GT, M5 35 Jahre Edition, Seri 3 Touring, Countryman Blackheath Edition, X6, MINI GT Edition, dan terakhir X3 M dan X4 M Competition.

“Jadi seperti yang pernah saya jelaskan juga, jadi untuk BMW semua strategi kendaraan yang akan diluncurkan itu sudah kita susun dari setahun yang lalu, bahkan mungkin lebih dari satu tahun. Jadi memang ini sudah sesuai dengan timeline yang kita rencanakan, dan mungkin untuk mediumnya yang kita ubah, misalnya biasanya kita melakukan exhibitions di mall tapi sekarang justru kita melakukannya melalui online sales, seperti itu,” kata Jodie.

“Jadi kalau kita bicara mobilnya apa jenisnya, itu sudah direncanakan dari jauh-jauh hari, jadi memang bukan karena kita mau meluncurkannya saat pandemi ini.”

Dicontohkan, tiga mode terbaru yang diluncurkan untuk BMW, yaitu X6 lalu X3 M dan X4 M Competition, diluncurkan dengan strategi komunikasi yang tepat. Tujuannya agar meski diluncurkan di situasi yang kurang baik, produk tetap bisa diterima baik oleh konsumen.

Apalagi untuk X3 M dan X4 M Competition, unit yang didatangkan juga terbatas untuk tahun ini. Bahkan, BMW hanya merilis dalam varian tertingginya, yaktu M Competition. Dengan begitu dipastikan tidak ada model X3 M dan X4 M biasa yang dipasarkan di Indonesia, menyusul peluncuran pada pekan lalu tersebut.

Baca juga: Makin Liar, Ini Spek Lengkap BMW X3 dan X4 Versi M Competition

Tidak Ada Varian ‘Biasa’

Peluncuran varian M Sport dari SUV X3 dan X4 ini oleh BMW langsung dihadirkan lewat versi Competition. Varian ini adalah yang terkencang untuk masing-masing mode, yakni X3 dan X4. Namun, di Indonesia BMW tidak memasarkan varian standar dari X3 M dan X4 M. Dikatakan, pilihan ini sudah menjadi bagian dari strategi peluncuran produk yang ditetapkan sebelumnya.

Salah satu alasannya adalah karena selama ini varian Competition disebut selalu lebih diminati oleh konsumen mode Seri M. Tahun ini, sebelumnya BMW juga telah meluncurkan M5 35 Jahre Edition, yang berbasis varian Competition.

“Jadi untuk Indonesia kita langsung menyediakan X3 M dan X4 M, jadi kita hanya membawa yang Competition model only.

Sementara untuk model yang regulernya kita nggak tawarkan, dan ini juga untuk menyamaratakan di strategi keseluruhan, seperti yang kita tahu M2 yang kita bawa juga M2 Competition dan juga M5 yang kita bawa versi Competition, melalui 35 Jahre Edition,” terang Anindyanto Dwikumoro, Product Planning BMW Indonesia.

Masing-masing model adalah varian Seri M pertama untuk BMW X3 dan X4. Sebelumnya, Seri M pada SUVhanya dibuat untuk model X5 dan X6. Performa yang dimiliki keduanya bahkan diklaim sebagai yang terkuat di antara seluruh model bermesin enam silinder BMW saat ini. Terbenam di balik bonnet adalah mesin S58, enam silinder inline 3,0 liter TwinPower Turbo, bertenaga 510 hp, sementara torsinya 600 Nm.

Masing-masing model ditawarkan dalam harga off the road Rp 2,189 miliar untuk X3 M Competition, serta Rp 2,229 miliar untuk X4 M Competition. BMW hanya memasarkannya melalui BMW Eurokars, yang menjadi satu-satunya dealer resmi BMW Seri M di Indonesia.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

BMW Joyfest Hadir Lagi Tahun Ini, Banyak Aktivitas dan Hadiah Menarik

JAKARTA, Carvaganza.com – Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang sudah kesengsem ingin punya mobil BMW terbaru, akhir pekan ini akan bisa tersalurkan keinginannya. BMW...

Ferrari 488 GT Modificata, Mobil Balap Tanpa Batas untuk Kalangan Terbatas

MARANELLO, Carvaganza.com – Pilihan track-day toy dari Ferrari kembali bertambah untuk para pecinta kecepatan di sirkuit. Ferrari meluncurkan 488 GT Modificata, yang merupakan pengembangan...

Perusahaan Startup Asal Inggris, Naran Automotive Siapkan Hyper Coupe Bergaya Mobil Balap GT3

JAKARTA, Carvaganza.com – Perusahaan Startup asal Inggris, Naran Automotive kemarin (25/11) menampilkan mobil berkonfigurasi tempat duduk 2+2 yang desainnya terinspirasi dari mobil balap GT3....

Tak Terpengaruh Era Downsize Dan Turbo, Lamborghini Aventador Terbaru Pertahankan Mesin V12

JAKARTA, Carvaganza.com – Rumor yang bersikulasi tentang mobil flagship Lamborghini yang dipasarakan saat ini, Aventador akan segera berganti model terjawab sudah. Pernyataan ini disampaikan...

Ini 10 Hal Paling Menarik dari Lexus UX 300e

JAKARTA, Carvaganza.com – Resmi sudah keluarga PT Toyota-Astra Motor (TAM) memiliki mobil full electric dalam line up produk mereka, dengan meluncurnya Lexus UX 300e....