Beranda New Cars Pakai Basis Ertiga, Suzuki XL7 Bukan MPV

Pakai Basis Ertiga, Suzuki XL7 Bukan MPV

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki All New XL7 resmi meluncur untuk pasar Indonesia pada hari ini, Sabtu (15/2/2020), menjadi produk SUV yang melengkapi line up Suzuki. Meski diproduksi berbasis sama seperti Ertiga, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan XL7 adalah sebuah Sport Utility Vehicle alias SUV.

Suzuki mengategorikan XL7 berada di segmen Medium SUV, tidak di segmen Low MPV seperti yang ditempati Ertiga. Ada sejumlah kriteria yang menurut SIS layak menyebut XL7 sebagai SUV, meski cukup banyak kesamaan yang dimiliki dari Ertiga.

Dengan begitu, bisa dikatakan kalau XL7 tidak bermain dan bersaing dengan mobil keluarga lainnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, dan Wuling Confero.

“Ini jenisnya adalah Medium SUV, kalau ditanya platform ada empat mobil Suzuki yang punya platform sama, namanya adalah HEARTECT. Ignis, Baleno, Ertiga, XL7 menggunakan platform yang sama. Jadi ya nanti tergantung segmen dan pasarnya saja yang berbeda,” jelas Donny Saputra, Head of Marketing 4W PT SIS.

“Jadi kan kalau kita sebut Medium SUV yang pertama adalah ground clearance minimal 200 mm, kedua adalah masalah desain biasanya robust design, yang ini lebih tidak ada parameternya karena hanya berdasarkan tampilan, yang ketiga bisa digunakan di segala medan, on the road sama out the road,” lanjutnya saat jumpa media di Bogor, Selasa (11/2/2020) lalu.

Rival

Oleh Donny dikatakan kalau rival XL7 di Indonesia antara lain Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Honda BR-V. Untuk Xpander Cross tidak masuk hitungan karena dianggap masih sebagai MPV crossover, yang juga telah diakui langsung oleh pihak Mitsubishi.

Selain ground clearance tinggi, elemen pada XL7 yang memisahkannya dengan Ertiga sebagai MPV yaitu body dengan cladding dan over fender. Fascia depan dirancang berkarakter lebih kekar, serta skid plate pada masing-masing bumper depan dan belakang.

Suzuki XL7 merupakan produk buatan lokal oleh Suzuki, yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Harga yang ditawarkan pun menarik, tidak terpaut jauh dengan Ertiga, yaitu dengan rentang Rp 230 juta – 267 juta (OTR Jakarta).

Seperti Ertiga, XL7 mengandalkan unit mesin K15B empat silinder 1.5 liter, yang memiliki kombinasi tenaga 103hp dan torsi 138 Nm. Pun dengan pilihan jenis transmisinya, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Suzuki menerapkan penamaan unik dalam membagi varian XL7, yaitu Zeta, Beta dan Alpha yang terinspirasi dari kawanan serigala. Biasanya Suzuki memisahkan varian produknya dengan nama GA, GL, dan GX.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...