Beranda New Cars Pakai Basis Ertiga, Suzuki XL7 Bukan MPV

Pakai Basis Ertiga, Suzuki XL7 Bukan MPV

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki All New XL7 resmi meluncur untuk pasar Indonesia pada hari ini, Sabtu (15/2/2020), menjadi produk SUV yang melengkapi line up Suzuki. Meski diproduksi berbasis sama seperti Ertiga, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan XL7 adalah sebuah Sport Utility Vehicle alias SUV.

Suzuki mengategorikan XL7 berada di segmen Medium SUV, tidak di segmen Low MPV seperti yang ditempati Ertiga. Ada sejumlah kriteria yang menurut SIS layak menyebut XL7 sebagai SUV, meski cukup banyak kesamaan yang dimiliki dari Ertiga.

Dengan begitu, bisa dikatakan kalau XL7 tidak bermain dan bersaing dengan mobil keluarga lainnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, dan Wuling Confero.

“Ini jenisnya adalah Medium SUV, kalau ditanya platform ada empat mobil Suzuki yang punya platform sama, namanya adalah HEARTECT. Ignis, Baleno, Ertiga, XL7 menggunakan platform yang sama. Jadi ya nanti tergantung segmen dan pasarnya saja yang berbeda,” jelas Donny Saputra, Head of Marketing 4W PT SIS.

“Jadi kan kalau kita sebut Medium SUV yang pertama adalah ground clearance minimal 200 mm, kedua adalah masalah desain biasanya robust design, yang ini lebih tidak ada parameternya karena hanya berdasarkan tampilan, yang ketiga bisa digunakan di segala medan, on the road sama out the road,” lanjutnya saat jumpa media di Bogor, Selasa (11/2/2020) lalu.

Rival

Oleh Donny dikatakan kalau rival XL7 di Indonesia antara lain Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Honda BR-V. Untuk Xpander Cross tidak masuk hitungan karena dianggap masih sebagai MPV crossover, yang juga telah diakui langsung oleh pihak Mitsubishi.

Selain ground clearance tinggi, elemen pada XL7 yang memisahkannya dengan Ertiga sebagai MPV yaitu body dengan cladding dan over fender. Fascia depan dirancang berkarakter lebih kekar, serta skid plate pada masing-masing bumper depan dan belakang.

Suzuki XL7 merupakan produk buatan lokal oleh Suzuki, yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Harga yang ditawarkan pun menarik, tidak terpaut jauh dengan Ertiga, yaitu dengan rentang Rp 230 juta – 267 juta (OTR Jakarta).

Seperti Ertiga, XL7 mengandalkan unit mesin K15B empat silinder 1.5 liter, yang memiliki kombinasi tenaga 103hp dan torsi 138 Nm. Pun dengan pilihan jenis transmisinya, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Suzuki menerapkan penamaan unik dalam membagi varian XL7, yaitu Zeta, Beta dan Alpha yang terinspirasi dari kawanan serigala. Biasanya Suzuki memisahkan varian produknya dengan nama GA, GL, dan GX.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...