Pabrik Toyota Produksi Perisai Wajah Medis, Target 40.000 Unit Per Bulan

TOYOTA CITY, Carvaganza.com -- Toyota Motor Corporation (Toyota) dan perusahaan-perusahaan Grup Toyota mengatakan turun tangan penuh dalam membantu perang melawan virus corona. Pabrikan raksasa Jepang turun mengatakan akan mengoperasikan 3 pabrik mereka untuk memproduksi topeng pelindung.

Produksi ini sudah dilakukan namun akan lebih ditingkatkan lagi. Toyota mengatakan akan memperluas kapasitas produksinya dari 500 menjadi 600 unit per minggu menjadi sekitar 20 kali lipat. Target mereka adalah 40.000 unit topeng per bulan (sekitar 2.000 unit per hari) mulai Senin (27/4/2020) kemarin. Ke depan jika memang diperlukan Toyota siap memperluas produksi in-house menjadi sekitar 70.000 lembar per bulan (sekitar 3.600 lembar per hari).

Ada beberapa perusahaan-perusahaan Grup Toyota yang saat sekarang memproduksi perisai wajah medis. Toyota Motor East Japan, Inc., menyediakan 3.000 unit yang diproduksi untuk Prefektur Miyagi pada 20 April. Toyoda Gosei Co., Ltd., Daihatsu Motor Co., Ltd. (Daihatsu), dan Hino Motors, Ltd. (Hino) produksi perisai wajah medis untuk fasilitas medis di daerah sekitar lokasi pabrik mereka.

Selain itu, Toyota Industries Corporation berencana memproduksi 10.000 unit per bulan (sekitar 500 unit per hari) mulai 29 April, dan Toyota Auto Body Co., Ltd. bakal mengikuti memproduksi pelindung wajah medis mulai pertengahan Mei.

Pabrik Toyota yang akan melakukan produksi pelindung wajah medis adalah:

- Toyota Industries Corporation, Kyowa Plant, produksi 500 per hari mulai 29 April

- Toyota Motor Corporation, Teiho Plant dan Motomachi Plant, produksi 2.000 per hari mulai 13 April

- Toyota Motor East Japan, Miyagi Ohira Plant, produksi 600 per hari mulai 20 April

“Melihat kondisi yang terjadi, kami membuat keputusan dan mengambil tindakan daripada hanya fokus pada keselamatan dan keamanan sebagai prioritas tertinggi. Toyota dan Toyota Grup akan melakukan apa yang mereka bisa untuk membantu upaya-upaya pengobatan dan membatasi penyebaran COVID-19 lebih lanjut,” tulis Toyota dalam keterangannya.

RAJU FERIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda