10 Mobil Listrik Dengan Jarak Tempuh Terjauh

Jakarta, Carvaganza – Pada tahun lalu kita disajikan oleh beberapa peluncuran mobil listrik dari berbagai brand. Di antaranya adalah dari pabrikan raksasa seperti Volkswagen, Porsche, Volvo, hingga Tesla dan sederet brand lain dari seluruh dunia.

Tentu saja ini membuat ragam reaksi dari para konsumen dan pecinta mobil, pasalnya tren mobil listrik belakangan menjadi sangat massive dan semakin beragam. Pilihan yang beragam ini menjadi menu yang membingungkan buat para konsumen baru yang ingin memilih kendaraan, salah satu pertanyaan besarnya adalah seberapa jauh perjalanan mereka saat menggunakan kendaraan listrik. Berikut kami rangkum 10 kendaraan listrik dengan daya jelajah terjauh dari berbagai brand.

Tesla Roadster

1. Tesla Roadster 2 2020

Sportscar racikan Tesla ini memiliki daya jelajah paling jauh, dengan bekal baterai 200 kWh full charge, Anda dapat berjalan-jalan hingga 1.000 km. Selain itu, desain dari Roadster 2 ini sangat eyecatching dengan atap terbuka khas roadster, serta konfigurasi 2+2 yang cukup mengakomodir anak Balita di baris belakang. Yang lebih mencengangkan lagi, Tesla Roadster 2 mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam 1,9 detik, bahkan satu tarikan nafas Anda belum tuntas untuk dihembuskan.

Chevrolet Bolt EV

2. Chevrolet Bolt EV

Meskipun memiliki bobot yang ringan, Chevrolet Bolt EV memiliki daya jelajah yang cukup jauh. Jika dikonversikan, seperti Anda melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang. Dengan mengisi penuh baterai 66kWh, Chevy Bolt mampu berjalan hingga 416 km. Hal tersebut berkat peningkatan pada baterai yang digunakan pada generasi sebelumnya 60 kWh menjadi 66 kWh. Dengan mesin tersebut Chevrolet Bolt EV memiliki tenaga maksimal 200 hp dan torsi 360 Nm.

Hyundai Kona Electric

3. Hyundai Kona Electric 2020

Kendaraan listrik asal Negeri Ginseng ini sudah tiba dan mengaspal di Indonesia sejak tahun lalu. Kona sendiri dibekali dengan motor listrik 64 kWh dan mampu menghasilkan tenaga hingga 201 hp. Sumber tenaga tersebut mampu membawa Hyundai Kona berjelajah hingga 415 km.

 
Kia Niro EV

4.  Kia Niro 2019

Menyusul saingan satu negaranya, Kia Niro 2019 juga memiliki mobil listrik dengan daya tempuh yang cukup jauh. Dengan modal motor elektrik dan baterai lithium 64 kWh, Niro mampu berselancar tanpa henti hingga 384 km. Selain itu, jantung pacunya tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 201 hp. Menurut Kia, kemampuan Niro EV tersebut juga dimiliki saudara satu pabriknya Kia Soul EV 2021.

Porsche Taycan

5. Porsche Taycan

Meskipun bersaing dengan Tesla Model S, sayangnya Porsche Taycan tak mampu mengalahkan daya tempuhnya. Pasalnya,  Model S mampu mencapai 600 km hanya dengan satu bekal baterai terisi penuh. Sedangkan Porsche Taycan hanya mampu mencapai 400km. Padahal motor listrik pada Porsche Taycan Turbo S mampu menghasilkan tenaga 715 hp dan torsi hingga 1.000 Nm.

BMW iX3

6. BMW iX3

Setelah sukses dengan model bensinnya, BMW X3 melengkapi jajarannya dengan kehadiran iX3 2020. Kemampuan performa dari BMW X3 memang patut diacungi jempol. Kini versi listriknya yang dibekali dengan motor listrik dan baterai 74 kWh mampu menjelajah hingga 386 km.

Jaguar i-Pace

7. Jaguar I-Pace 2020

Selain termasuk kendaraan listrik dengan daya tempuh yang jauh, Jaguar I-Pace 2020 juga termasuk yang bertenaga. Berkat sokongan motor listrik 90 kWh, I-Pace mampu ditunggangi tanpa henti hingga 376 km. Selain itu, tenaga yang dihasilkan mencapai 394 hp dan torsi 694 Nm yang dialirkan ke seluruh rodanya. Tidak berhenti di situ, Jaguar I-Pace juga dibekali dengan kemampuan off-road yang andal.

Nissan Leaf

8. Nissan Leaf 2019

Nissan Leaf dengan penyempurnaan pada baterai 62 kWh menghasilkan kemampuan yang menarik. Bukan hanya berakslerasinya saja yang diklaim lebih baik dari sebelumnya. Tetapi juga membuat Nissan Leaf mampu menjelajah hingga 363 km.

Mercedes-Benz EQC

9. Mercedes-Benz EQC 2020

Mungkin Anda tidak akan mengira ini adalah sebuah SUV Mercedes hingga Anda masuk ke dalamnya. Balutan jok yang mewah dengan material berkelas ala Stuttgart akan menyadarkan bahwa ini adalah SUV listrik milik Mercedes Benz. Meskipun sebuah SUV, Mercedes-Benz EQC termasuk dalam jajaran ini. Motor listrik 84 kWh berpenggerak all-wheel drive mampu menjelajah hingga 354 km, meskipun masih dalam bentuk klaim pabrikan.

Audi e-Tron SUV

10. Audi e-Tron 2019

Meskipun dikenal sebagai pemain kawakan, Audi e-Tron masih menduduki posisi buncit dalam jajaran ini. e-Tron dibekali motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 402 hp dan dialirkan ke seluruh rodanya. Sayangnya, ia hanya mampu menjelajah hingga 354 km dengan bekal baterai terisi penuh.

Sumber: MotorTrend

ALVANDO NOYA / WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda