Beranda New Cars Nissan X-Trail Terbaru Pamer Tampang dan Teknologi, Mulai Produksi 2021

Nissan X-Trail Terbaru Pamer Tampang dan Teknologi, Mulai Produksi 2021

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Nissan X-Trail siap berganti generasi dalam waktu dekat, karena Nissan telah resmi memperkenalkan wajah baru dari SUV canggih ini. Diperkenalkan melalui Nissan Rogue untuk pasar Amerika Serikat, mobil ini akan menjadi basis X-Trail terbaru. Kabarnya, X-Trail akan mulai diproduksi oleh Nissan pada tahun depan.

Pada versi terbaru ini, terjadi perubahan besar pada penampilan luar X-Trail jika dibandingkan model generasi sekaran. Bahkan untuk memenangkan segmen pasar, kendaraan dibekali banyak sofistikasi teknologi. Jadi pembaruan X-Trail lebih dari sekadar penampilan.

Nissan Rogue (X-Trail) yang baru itu sengaja dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga muda masa kini. Ia bermain di kelas SUV menengah dengan perpaduan ideal. Desain ekspresif, teknologi canggih, keamanan, kenyamanan dan fleksibilitas,” ungkap Mike Colleran, Senior Vice President Nissan U.S. Marketing and Sales (15/6).

Teknologi Keamanan

Rogue yang serba baru ini memiliki teknologi keselamatan paling mutakhir. Ia menampilkan standar Nissan Safety Shield 360 di seluruh varian. Isinya meliputi Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert. Kemudian Lane Departure Warning, High Beam Assist and Rear Automatic Braking. Fitur keselamatan termasuk 10 airbag tambahan sebagai standar. Juga crumple zone (zona benturan) diperpanjang untuk membantu melindungi penumpang.

Selain Safety Shield 360, calon Nissan X-Trail 2021 juga menawarkan teknologi Intelligent Driver Alertness dan Rear Door Alert. Ini jadi perlengkapan inovatif standar di semua varian. Juga tersedia Blind Spot Intervention serta Traffic Sign Recognition. Sedangkan Intelligent Cruise Control dimasukkan sebagai bagian dari sistem ProPILOT Assist di dalam mobil.

Interior

Lalu di dalam, punya pengisi daya smartphone nirkabel, dengan beragam aplikasi pengisian daya (maksimum 15 watt). Pengisian ulang baterai dapat dilakukan saat mengemudi. Perangkat pengisi daya terletak di konsol tengah, di depan tuas shifter elektronik dan sepasang cupholder. Di situ turut menampung port USB type-C dan type-A. Untuk mengakses informasi seputar kendaraan juga mudah, berkat integrasi tiga display digital.

Kombinasi head-up display 10,8 inci warna, dasbor digital 12,3 inci dan monitor layar sentuh 9,0 inci. Sehingga memungkinkan pengemudi agar meningkatkan pengalaman berkendara. Untuk diketahui head-up display lebar dirancang membantu mengurangi beban kerja serta stres pengemudi. Anda tetap fokus ke depan dan jalanan, namun bisa mengakses berbagai informasi kendaraan. Ini adalah ukuran HUD terbesar di segmen ini.

Powertrain dan Performa

Mekanikal pacu terpasang bekonfigurasi DOHC inline 4 silinder 2,5 liter standar. Penyemprotan bensin ke ruang bakar dibantu oleh Direct Injection Gasoline Nissan. Lantaran ada racikan baru, tenaga tersuguh mencapai 181 Hp. Meningkat 11 Hp dari model sekarang. Torsi juga dikatakan naik sebesar 8 Nm menjadi 245 Nm. Adapun pembaruan di sektor jantung pacu meliputi mirror bore coating, variable displacement oil pump, integrated exhaust manifold. Serta e-VTC intake valve.

Tersedia lima mode berkendara dalam sistem All-Wheel Drive. Yakni Off-road, Snow, Standard, Eco, Sport. Pengguna bisa mengaktifkan melalui selektor mode drive yang terpasang di konsol tengah. Saat kendaraan melaju, Vehicle Motion Control sangat membantu berkendara di lereng bersalju, salju tebal, salju rata. Dan mengemudi di medan off road (seperti di tepi pantai atau jalan tanah).

Perangkat Intelligent All-Wheel Drive disempurnakan menggunakan kopling yang dikontrol secara elektro-hidraulik. Jadi distribusi torsi diklaim lebih akurat dan cepat dengan memprediksi tatkala selip roda depan. Penyaluran torsi ke belakang pun kian responsif.

Vehicle Motion Control bekerja bersama dengan Intelligent All-Wheel Drive. Untuk mengaktifkan hanya gerak roda depan. Ada sakelar konsol tengah mengontrol tiga mode: Sport, Standard dan Eco. Ia disenjatai pula oleh Electrick Rack Power Steering baru berikut rasio gigi tangkas. Berfungsi meminimalkan koreksi kemudi. Desain suspensi dibikin lebih kaku berkat rigid mount (enam titik pemasangan) dan multi-link di belakang. Sebagai penghela laju kendaraan, disediakan rem cakram semua roda. Terisisip Anti-lock Braking System, EBD plus Brake Assist.

“Ini merupakan bantuan teknologi yang manusia tidak bisa lakukan. Vehicle Motion Control terbaru memprediksi apa yang coba dilakukan pengemudi. Dengan memantau setir, akselerasi, serta pengereman. Ia kemudian dapat bertindak dan membantu segala sesuatunya,” imbuh Chris Reed, Senior Vice President, Research and Development Nissan Technical Center North America.

Sumber: Nissan

ANJAR LEKSANA | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...