Mulai 2022, F1 Tambah Gelar Balapan di Miami

MIAMI, Carvaganza – Kalender balap Formula 1 pada tahun depan akan kedatangan sirkuit baru sebagai tuan rumah seri balap. Kota Miami di Amerika Serikat resmi diumumkan akan menggelar balapan F1, sekaligus seri Amerika Serikat kedua setelah Texas. F1 menyepakati kontrak jangka panjang dengan Miami untuk menggelar balapan ke depannya.

Kota yang berada di kawasan Florida itu telah meneken kontrak berdurasi 10 tahun untuk menggelar grand prix. Pengumuman ini akhirnya diresmikan setelah pada 2019 lalu F1 sempat berencana menggelar balapan di Miami, namun gagal karena tidak mendapat persetujuan dari pihak lokal. Kini, dengan menunjuk lokasi baru, Miami siap mendampingi Texas di COTA (Circuit Of The Americas).

Agenda balapan di negara bagian Florida tersebut dicekal oleh pihak lokal pada 2019 lalu yang direncanakan di bulan Oktober. Tidak menyerah dengan potensi yang dilihat besar, F1 lalu memilih lokasi baru di Miami yaitu trek buatan yang bertempat di Hard Rock Stadium, markas dari tim futbol Miami Dolphins.

F1 Miami

Kesepakatan ini diumumkan bersamaan akhir pekan seri Grand Prix Emilia Romagna 2021 lalu di Imola. Dipilihnya lokasi tersebut menjadi terobosan dari pemerintah kota Miami yang mendukung resolusi baru yang penting meski masih ada pertentangan dengan aktivis lokal.

Rencana baru ini meliputi dijanjikannya dana US$5 juta untuk “program manfaat komunitas yang akan dikelola oleh kota”, berikut proyek Pendidikan STEM yang akan dimulai oleh program F1 in Schools. Pihak promotor juga akan memberikan diskon tiket menonton grand prix untuk para penduduk setempat dan mendukung komunitas dengan prioritaskan restoran terdekat menjadi vendor resmi saat grand prix.

Belum diumumkan untuk saat ini kapan tanggal akan digelarnya Grand Prix Miami oleh F1. Rencana awal pada dua tahun lalu adalah digelar pada bulan Mei 2021, yang kemudian gagal karena dilanda pandemi. F1 memang tengah berusaha untuk menarik minat pasar penonton di Amerika Serikat kembali, terlebih setelah dikelola oleh Liberty Media sejak 2017.

“Kami sangat senang mengumumkan bahwa Formula 1 akan berlomba di Miami tahun 2022. AS adalah pasar pertumbuhan utama bagi kami, dan kami sangat didorong oleh jangkauan kami yang berkembang di AS yang selanjutnya akan didukung oleh balapan kedua yang menarik ini,” jelas Stefano Domenicali, CEO dan Presiden F1.

F1 Miami Circuit

“Kami akan bekerja sama dengan tim dari Hard Rock Stadium dan FIA untuk memastikan sirkuit ini memberikan balapan yang sensasional, tetapi juga memberikan kontribusi yang positif dan bertahan lama bagi orang-orang di komunitas lokal.”

Kabarnya, kontrak F1 dengan COTA di Texas akan berakhir dalam waktu dekat dan kemungkinan tidak diperpanjang. Jika benar, F1 akan mengambil opsi tetap menggelar dua balapan di AS, dengan pindah kembali ke Indianapolis yang terakhir kali masuk kalender F1 pada 2007.

Miami akan menjadi venue ke-11 sepanjang sejarah yang menggelar F1 di Amerika Serikat. sejak 1950, secara periodik F1 pernah digelar di Riverside, Sebring, Watkins Glen, Long Beach, Las Vegas, Detroit, Dallas, Phoenix, Indianapolis dan Texas.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Crash

Artikel yang direkomendasikan untuk anda