Honda Perkenalkan Calon HR-V Versi Listrik di Shanghai Auto Show 2021

SHANGHAI, Carvaganza – SUV listirk menjadi salah satu tema mainstream sejumlah pabrikan yang ramaikan Shanghai Auto Show 2021. Setelah Toyota perkenalkan bZ4X Concept, di saat bersamaan Honda SUV e:Prototype ikut debut untuk menjadi calon SUV listrik di masa depan. Honda khusus mengembangkan mobil ini untuk pasar yang khusus juga.

SUV e:Prototype secara visual mirip seperti Hodna Vezel atau HR-V terbaru yang dirancang ulang tampilan luarnya untuk kebutuhan elektrifikasi. Rencananya, Honda akan memasarkannya hanya untuk konsumen di China. Tampilan SUV e:Prototype layaknya HR-V dengan wajah yang dibuat rata karena hilangnya grille depan.

Dikatakan, konsep ini akan menadji preview dari versi produksinya, yang juga untuk saat ini diklaim sebagai “prototipe kendaraan listrik” pertama Honda. Jadwal peluncuran versi produksinya sekaligus diumumkan oleh Honda, yaitu pada musim semi 2022, alias kuartal kedua. Ditujukan untuk pasar China karena memang saat ini permintaan kendaraan listrik di China semakin tinggi trennya, apalagi SUV.

Honda SUV e;Prototype

Namun, Honda juga tidak membantah kemungkinan SUV e:Prototype untuk beredar lebih luas ke pasar selain China. Kalau boleh menebak, produksinya akan menjadi bagian dair pilihan varian HR-V generasi baru. Jadi formatnya seperti Hyundai Kona dan MG ZS.

Tampilan SUV listrik ini identik dengan HR-V terbaru yang diperkenalkan beberapa waktu lalu. Namun bedanya, bagian grille depan tertutup, meski masih menyisakan garis yang menjadi bagian dari bahasa desain Solid Wing Face. Bagian grille diganti menjadi polos, yang kemungkinan akan bisa dibuka untuk menjadi charging port jika melihat potongan garis panel body. Intake di bagian bawahnya menciptakan kesan two tone dengan warna hitam glossy.

Lampu depan dihiasi oleh strip LED yang menghubungkan dua sisi lampu kanan dan kiri, dengan tarikan garis seolah membuat wajahnya galak. Logo Honda di tengah fascia depan bisa menyala alias illuminated, begitu juga dengan logo di sisi buritan. Lampu belakang juga disatukan oleh strip LED, yang sepintas terlihat seperti buritan SUV Porsche Cayenne atau Macan terbaru.

Honda SUV e;Prototype

Dikatakan bahwa desain SUV e:Prototype adalah evolusi dari Honda SUV e;Concept yang diperkenalkan tahun lalu saat Beijing Motor Show. Desain baru ini kruang lebih diklaim sudah menjadi wujud versi produksi nantinya. Dan sayangnya, Honda tidak merilis foto atau tampilan interiornya seperti apa, pun dengan informasi spesifikasi powertrain yang akan diadopsi.

Pengembangan kendaraan listrik Honda akan melibatkan Ultium, perusahaan baterai dari General Motors yang baru-baru ini menjalin kerja sama teknologi baterai. Platform buatan Ultium akan menjadi basis dari EV lansiran Honda nantinya dengan penyesuaian untuk ciptakan karakter pengmudian khas Honda.

Di saat bersamaan juga, Honda perkenalkan Breeze PHEV, yaitu SUV plug-in hybrid yang berbasis CR-V. Breeze PHEV punya gaya desain baru yang lebih sporty, mengikuti tren pasar di China, serta legroom lebih lega daripada versi global. Breeze PHEV menjadi model plug-in hybrid pertama yang diproduksi di Guangqi Honda.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda