Beranda EDITOR'S PICKS MODIFIKASI: Power Over Beauty Mercedes-Benz SLK 250

MODIFIKASI: Power Over Beauty Mercedes-Benz SLK 250

Foto-Foto: Valdo Prahara/Carvaganza
daihatsu giias 2019

RADEN Patra Dimas Kunto Wibisono, kerap dipanggil Aden, memang gila otomotif. Pria yang kerja di perusahaan kapal laut ini hobi mengoleksi motor-motor gede dan mobil-mobil mewah. Namun, tidak semua mobilnya dimodifikasi. Salah satu yang mendapat ubahan adalah Mercedes-Benz SLK 250 lansiran 2016.

Uniknya, eksterior roadster pabrikan mobil Jerman tersebut hanya dimodifikasi secara sederhana meski tetap terlihat berkelas. Jika melihatnya secara sekilas, Anda tak akan menduga bahwa di balik kapnya terdapat mesin yang sudah mendapat tuning serius demi meningkatkan tenaga. Tapi sebelum membahas jantung pacunya, mari kita lihat apa saja yang dimodifikasi pada bagian luar mobil.

Aden masih menggunakan bumper depan dan belakang original. Tapi untuk menambah keindahan, ia memasang ducktail dan diffuser berbahan serat karbon. Kemudian mobil dihiasi dengan beberapa stiker yang betuliskan nama lengkapnya.

Di kaki-kakinya, Aden menggunakan coilover BC Racing khusus Mercedes-Benz SLK untuk meningkatkan performa manuver dan handling. Sedangkan velg BC Forged HCS01 Royal Gold edisi khusus buatan USA dipasangkan demi menambah nilai kecantikannya.

Biasanya modifikator memasang velg depan dan belakang dengan lebar berbeda, tapi tak begitu dengan Aden. Ia menggunakan velg depan dan belakang dengan lebar sama, 8,5 inci dan offset +10 sehingga terlihat rapat dengan fender. Sedangkan velg depan berdiameter 20 inci dan belakang 21 inci. Aden membalutnya dengan ban Falken dengan ketebalan hanya 30 mm.

Aden sudah puas dengan interior aslinya, jadi ia hanya menambah sedikit sentuhan aksesori DAD Garson di pengaturan jok yang terletak pada trim pintu dan sekeliling tombol putar di konsol tengah. Demi menambah kesan mewah, ia mengganti stud DAD Garson dengan kristal Swarovski serta memilih Crown berwarna gold. “Seluruh aksesori ini saya pesan dari teman di Guangzhou, Cina,” jelas Aden. Berhubung interior didominasi warna hitam dengan jahitan merah, Aden mengganti sabuk pengaman dengan warna merah. Paduan warna itu terlihat sesuai dengan bodi mobil bekelir putih.

Pria yang bekerja di bidang penyedia bunker bahan bakar minyak untuk kapal ini akhirnya membeberkan ubahan di balik kap mobilnya. Ia mempercayakan bengkel modifikasi Smart Autowerks di Jakarta Selatan untuk tuning mesinnya.

Tak tanggung-tanggung, bengkel tersebut menggunakan Texa Dimtronik yang dikirim langsung dari Italia untuk mengubah file ECU, injection control dan boost turbo. Alat tersebut biasa digunakan untuk mobil-mobil sportscar dan supercar. Peningkatan tenaganya cukup signifikan, dari 204 hp menjadi 300 hp. Untuk sistem pembuangan, ia menggunakan piping dari ujung mesin hingga muffler tip buatan Piecha asal Jerman.

Mercedes-Benz SLK 250 bukan satu-satunya mobil yang dimodifikasi. Ia juga melakukan ubahan pada Lamborghini Aventador dan Hummer H1 dengan konsep yang berbeda. Rencananya, ia akan membeli Lamborghini Huracan Performante yang akan dimodifikasi agar lebih kencang dari versi standarnya.

Modifikasi Mercedes-Benz SLK 250

Interior :
– GPS Garmin
– Full Swarovski Crown Gold
– Seatbelt pad Swarovski Crown Gold
– Leather seat Mercedes-Benz
– Full audio Harman Kardon

Eksterior:
– Diffuser Carbon
– Ducktail Carbon
– Panoramic roof by V-KOOL

Kaki-kaki:
– Velg BC Forged HCS01 Royal Gold Limited Edition depan 20×8,5 et 10
– Velg BC Forged HCS01 Royal Gold Limited Edition depan 21×8,5 et 10
– Ban depan Falken 235/30 mm
– Ban belakang Falken 255/30 mm
– Coilover BC Racing for Mercedes-Benz SLK 250

Mesin:
– Full exhaust system Piecha
– Full tuning horsepower by Smart Autowerks
– Camshaft Lehmann
– Injector GP Sorensen

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza