Mitsuoka Buddy, Toyota RAV4 Yang Berdandan Ala Pickup Chevrolet Tua

Mitsuoka Buddy, Toyota RAV4 Yang Berdandan Ala Pickup Chevrolet Tua

JAKARTA, Carvaganza.com - Anda tak salah lihat. Ya inilah mobil baru yang berdandan ala mobil tua. Namanya, Mitsuoka Buddy. Mobil ini diproduksi oleh Mitsuoka, produsen mobil yang terkenal gemar memodifikasi mobil modern dan mengubah desainnya jadi bergaya klasik. Makanya Mitsuoka Buddy ini punya tampang layaknya pickup Chevrolet tahun 1980-an.

Di balik jubahnya yang tua itu, sebetulnya terdapat jiwa muda generasi terbaru Toyota RAV4. Untuk Buddy, Mitsuoka mempertahankan interior dan mesin RAV4. Mobil ini memakai mesin standar 2,0 liter naturally-aspirated yang bertenaga 169 hp dengan torsi puncak 207 Nm. Menariknya, Mitsuoka juga menawarkan Buddy hybrid. Untuk versi hybrid tenaganya bertambah menjadi 219 hp karena didukung bantuan motor elektris. Mitsuoka Buddy Hybrid menggunakan sistem penggerak Toyota E-4WD.



Tapi kalau Anda melihatnya dari luar, sulit untuk menemukan persamaan mobil ini dari Toyota RAV4. Hampir seluruh bagian eksteriornya diubah menjadi bergaya retro. Luntur sudah tampilan gagah nan modern Toyota RAV4. Berganti kini wajah retro dengan grille chrome lengkap dengan sepasang lampu utama bertumpuk. Kalau dilihat mirip wajah Chevrolet Blazer dulu. Untuk memberi kesan modern, ada ornamen lampu berkendara siang hari LED di bagian grillenya.

Bagian belakang Mitsuoka Buddy tak kalah seksi. Mobil ini menggunakan lampu kombinasi belakang vertikal yang terinspirasi dari desain Cadillac Brougham. Tak lupa kesan vintage hadir, bemper chrome khas pickup truck jadul dari Amerika. Walaupun terlihat layaknya foto asli, namun sebetulnya gambar ini adalah hasil rekaan sementara Mitsuoka. Versi produksinya nanti baru akan mulai dipasarkan dan ditampilkan ke publik pada tanggal 26 November.



Lantas berapa harga dari mobil ini? Lantaran masih dalam wujud rekaan, Mitsuoka belum merilis harga resminya. Jelasnya sudah pasti lebih mahal dari harga Toyota RAV4 standar yang varian termurahnya dijual Rp 400 jutaan.

Tentang Mitsuoka



 

Mitsuoka didirikan di Jepang oleh Susumu Mitsuoka pada Februari 1968. Awalnya mereka memproduksi mobil secara orisinal. Namun sejak 1987 mereka mulai memproduksi mobil replika. Hingga kini Mitsuoka sudah memiliki jaringan penjualan ke beberapa negara lain di dunia, mulai dari Amerika Serikat sampai Thailand.

Hasil karya mereka selalu menampilkan ide kreasi yang diluar kebiasaan produsen mobil konsservatif. Contoh paling mutakhir adalah Mitsuoka Himiko dan Rock Star. Keduanya dibangun dari basis Mazda MX-5 Roadster. Desain Himiko mengingatkan kita pada desain Cadillac jaman dulu. Saya jadi membayangkan tokoh fiktif, Don Vito Corleone duduk mengemudikan sendiri mobil ini di gang sempit Litlle Italy, wilayah pinggiran New York, Amerika Serikat. Di sebelahnya duduk Sonny, anak tertuanya, sambil memegang senapan mesin.



Kalau Mitsuoka Rock Star beda lagi. Desain Mazda MX-5 diubah jadi mirip muscle car Amerika beratap terbuka yang gagah. Tentu saja semuanya tak lepas dari ornamen krom di sekujur tubuhnya.



Selain kedua mobil itu, masih banyak lain produk-produk hasil kreasi Mitsuoka yang mencolok. Palin lucu, Mitsuoka Voewt. Ciy car mungil, Nissan March diubah moncongnya jadi mirip mobil retro Inggris. Bahkan velgnya pun disesuaikan memakai velg kaleng standar.

Bagiamana, kira-kira kalau masuk Indonesia mobil ini punya peminat tidak ya? Eksklusifitas pasti jadi daya tarik tersendiri. Karena mobil-mobil ini tak akan banyak wira-wiri di jalan raya. Jadi siapapun yang mengendarainya pasti sontak menjadi pusat perhatian.

Semuanya tampil jauh berbeda dari versi aslinya. Smua karyanya ini mungkin memang tak mudah diterima pasar. Tapi bagi sejumlah konsumen setianya, semua karya Mitsuoka punya tempat tersendiri di hati mereka. Termasuk saya.

RIZKI SATRIA



Sumber: Mitsuoka

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya