Beranda Updates Merger FCA dan PSA Group Bawa Fiat, Jeep dan Peugeot Satu Induk

Merger FCA dan PSA Group Bawa Fiat, Jeep dan Peugeot Satu Induk

TURIN, 19 Desember 2019 – Setelah menjadi spekulasi selama hampir dua bulan terakhir, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan PSA Group akkhirnya resmi bergabung alias merger. Artinya merek-merek seperti Fiat, Alfa Romeo, Jeep dan Peugeot sekarang berada di bawah satu induk.

Dilansir oleh Reuters, merger antara FCA dan PSA Group terjalin atas ‘mahar’ senilai $ 50 miliar atau setara Rp 699 triliun lebih. Melalui penggabungan ini, kedua perusahaan berencana menghasilkan pabrikan mobil terbesar keempat di dunia, untuk volume produksi dan penjualan.

Kesepakatan ini diteken enam pekan setelah rencana awal ini diumumkan baik oleh FCA maupun PSA. Melalui merger ini, kedua perusahaan akan berbagi platform dan teknologi untuk mobil-mobil yang mereka produksi di masa depan.

Untuk FCA, saat ini menaungi merek Fiat, Chrysler, Jeep, Alfa Romeo, Dodge, Maserati dan Ram. Sementara untuk PSA menaungi merek Peugeot, DS, Opel dan Vauxhall.

FCA akan mendapat akses untuk platform kendaraan modern dari PSA, yang salah satunya membantu menghasilkan emisi lebih baik sesuai regulasi. Sementara sebaliknya, PSA akan diutungkan oleh bisnis FCA yang bagus di Amerika Serikat, khususnya melalui merek Jeep dan Ram.

Merger ini juga akan memengaruhi kepemilikan saham PSA oleh Dongfeng Motor Group yang berkurang 4,5 persen. Sementara FCA akan membawa serta perusahaan robot mereka, Comau, ke dalam grup baru ini.

Meski berhasil disepakati, merger FCA dan PSA akan menghadapi tantangan pengawasan dari pemerintah di Roma dan Paris, serta sejumlah perserikatan lain akan potensi pengurangan lapangan kerja.

Di sisi lain, Carlos Tavares dari PSA akan menjabat sebagai Chief Executive, sementara John Elkann dari FCA akan ditunjuk menjadi chairman dari aliansi baru ini.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto