Beranda Updates Menjajal Kecanggihan Fitur-Fitur Keamanan Honda SENSING

    Menjajal Kecanggihan Fitur-Fitur Keamanan Honda SENSING

    MOTEGI, 26 Oktober 2019 –  Honda Motor Co., Ltd mempunyai kampanye keselamatan global yaitu “Safety for Everyone”. Tujuannya adalah mewujudkan kehidupan masyarakat yang bebas dari kecelakaan lalu lintas. Pabrikan raksasa asal Jepang itu punya teknologi keamanan yang dinamai Honda SENSING. Teknologi ini terdiri dari beberapa fitur yang memudahkan sekaligus menjaga pengemudi dari potensi kecelakaan.

    Teknologi keselamatan canggih ini sudah diperkenalkan Honda di Indonesia lewat sedan medium Accord yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2019 lalu.

    Dalam rangkaian liputan The 46th Tokyo Motor Show 2019, Honda memberikan kesempatan kepada jurnalis Indonesia untuk merasakan beberapa fitur ini di proving ground milik JARI (Japan Automobile Research Institute) di Tsukuba, Ibaraki, Jepang, Jumat (25/10/2019).

    Honda SENSING merupakan teknologi keselamatan aktif yang dirancang untuk membantu pengendara agar lebih waspada saat melakukan perjalanan. Honda SENSING memiliki dua jenis sensor yakni sensor Millimeter-Wave Radar yang terdapat pada Front Grille dan sensor Monucular Camera yang terpasang di bagian dalam pada kaca depan mobil.

    “Kamera beresolusi tinggi tidak hanya dapat mengenali kendaraan dan garis jalan, tetapi juga pejalan kaki secara akurat seperti yang anda lihat pada video,” kata Makoto Otabe dari Honda R&D Japan dalam penjelasannya.

    “Di sisi lain, radar gelombang millimeter ini dapat mendeteksi objek yang jauh dan mengukur jaraknya secara akurat. Ini berarti dapat digunakan untuk objek bergerak dengan berbagai kecepatan,” kata dia.

    Jika sehari sebelumnya Carvaganza mencoba fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS), kali ini akan diuji 3 fitur yaitu Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), dan Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF).

    Pengujian kembali menggunakan Honda Insight 1.5 liter di Sirkuit milik JARI yang memiliki panjang 5 km. Carvaganza didampingi teknisi dan penerjemah. Setelah mesin dihidupkan, Carvaganza diminta mengikuti mobil di depan. Mengikuti dalam arti benar-benar terhubung dengan kendaraan di depan menggunakan fitur Adaptive Cruise Control (ACC).

    Nah, fitur Lane Keeping Assist System (LKAS) mempermudah pengendara dengan membantu mengkoreksi pergerakan arah setir di jalan tol. Jadi kamera membaca marka jalan dan saat mendeteksi mobil mulai keluar dari jalur, sistem akan secara otomatis menggerakkan roda kemudi agar mobil kembali ke jalur semula.

    Fitur Road Departure Mitigation (RDM) sebenarnya rada-rada mirip. Tapi fitur ini mengunakan Monocular Camera untuk mengidentifikasi garis jalan. Jika kendaraan terdeteksi cenderung menyimpang dari garis jalan yang terdeteksi, sistem akan memberikan peringatan visual pada tampilan dan getaran pada roda kemudi dan akan membantu untuk membawa kendaraan kembali ke jalur.

    Nah, yang buat Carvaganza sangat menarik adalah Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) yang membantu pengendara untuk mengatur kecepatan yang diinginkan dan membuat kendaraan mengikuti mobil yang ada di depannya, sehingga memungkinkan penggunaan cruise control pada kondisi jalanan yang cukup lenggang.

    Bahasa gampangnya, mobil akan mengikuti pergerakan mobil di depan, makin cepat, makin lambat, bahkan berhenti. Kondisi yang hujan lebat memang membuat mobil sempat beberapa kali “melenceng”. Namun berkat fitur-fitur ini, Carvaganza mendapat peringatan awal jika mobil tidak sesuai arah.

    “Honda telah lama berkomitmen untuk mengembangkan fitur-fitur baru yang dapat membantu pengemudi dalam berkendara secara aman dan akan terus mengembangkan teknologi ini berdasarkan standar global, menambahkan Honda SENSING untuk lebih meningkatkan keamanan dan kenyamanan produk-produknya di seluruh dunia,” kata Nobuyuki Aoyama, President of Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd.

    Detail 4 fitur di Honda SENSING ini akan Carvaganza bedah satu per satu di tulisan lain.

    RAJU FEBRIAN (MOTEGI)

    Video Terbaru Youtube Carvaganza



    Last Updates

    Mobil Listrik Hyundai IONIQ Electric Jadi Armada Grab Mulai Tahun Depan

    JAKARTA, 13 Desember 2019 – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Grab Indonesia hari ini, Jumat (13/12/2019) mengumumkan kemitraan menarik....

    Pasar Otomotif Lesu, Dua Mobil Toyota Ini Berjaya di Segmennya

    JAKARTA, 13 Desember 2019 -- PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui jika penjualan otomotif tahun 2019 mengalami kelesuan. Hal ini...

    V-Kool Punya Paket Eksklusif Rp 12 Juta, Apa Keuntungannya?

    ANYER, 13 Desember 2019 – Melengkapi rangkaian produknya sebagai merek kaca film premium, V-Kool Indonesia turut meluncurkan paket edisi terbatas alias Limited Edition, yang...

    V-Kool Rilis VK10 dan VK30, Kaca Film Tolak Panas Hampir 100%

    ANYER, 13 Desember 2019 – Menutup akhir tahun 2019, V-Kool Indonesia meluncurkan varian produk terbarunya yang diklaim memiliki kemampuan tolak panas tertinggi dari seluruh...

    Permintaan Terios Meningkat, Penjualan Daihatsu Naik 4,1%

    JAKARTA, 12 Desember 2019 – Peningkatan permintaan model-model Daihatsu, terutama Terios, membuat capaian Daihatsu di bulan November 2019 mengalami peningkatan...