Menebak Harga Honda CR-V Facelift di Indonesia Jelang Peluncuran

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda CR-V versi terkini sudah mengaspal di Vietnam dan Thailand, sementara di Indonesia sejauh ini belum ada kabarnya. Mungkin saja akhir tahun ini atau bisa juga awal tahun 2021 baru dirilis, itu kalau mengacu pada Samsat PKB Jakarta. Terdaftar dua jenis mesin yang sama, yaitu meisn bensin 2,0 liter naturally aspirated dan 1,5 liter turbo. Tipe pertama tertera memiliki nilai jual kendaraaan (pre-pajak + marjin) Rp 344 juta. Sedangkan banderol anyar paling murah Rp 463,9 juta on the road Jakarta.

Dalam situs resmi itu, varian CR-V 2.0L kini memiliki tipe Prestige. Adapun nilai jual sebelum pajak Rp 359 juta. Lalu terdaftar pula kode “CRV15TCPRESTIGCVTCKD” dengan besaran Rp 401 juta. Padahal di pasar nasional, varian tertinggi ini sekarang dilepas Rp 539, 4 juta. Sekadar prediksi, varian atasnya kemungkinan bisa tembus Rp 550 juta lebih. Sementara tipe termurah diramal mencapai Rp 500 jutaan.

Jadi sepertinya mesin bensin 2,0-liter SOHC tetap bertahan. Unit pacu menawarkan torsi puncak 189 Nm di 4.300 rpm dan daya optimal 153 hp pada 6.500 rpm. Sementara varian yang lebih mahal, pakai 1,5-liter turbo 4-silinder VTEC DOHC 16 valve. Lontaran tenaga lebih trengginas, 187 hp di 5.6000 rpm, disertai luapan torsi 240 Nm tersedia sejak 2.000 rpm. Semua didistribusikan via transmisi CVT ke roda depan. Dan kecil kemungkinan PT Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan tipe penggerak semua roda (AWD) mengingat banderol bisa makin melejit, kurang kompetitif di pasar.

Visual Desain

Sang SUV alami beberapa ubahan dalam desain interior maupun eksterior. Tampilan muka dapat sentuhan baru. Misal kisi-kisi lebih membentuk heksagonal disisipi palang hitam horizontal. Lapis kromium di depan kini lebih menipis dan diletakkan di atas logo H tegak. Pelindung bumper depan berlabur perak. Menyiku pada kedua sisi serta menyangga sepasang lampu kabut.

Model penyegaran Honda CR-V 2020 dilengkapi dengan roda 18 inci, profil ban 235 / 60 R18. Desainnya mengingatkan kita pada jajanan pasar, kembang goyang. Nah, sangat besar kemungkinan pelek serupa ditawarkan di Tanah Air. Kemudian di buritan sepintas nyaris sama dari unit eksis. Namun pelindung lampu, mika belakang dibikin agak gelap. Pada mobil eksis, warna merah lebih kentara. Lalu bawah bumper belakang masih berlapis silver, hanya saja guratannya dibikin beda.

Tepat di bawah itu, ada sepasang muffler pipa gas buang yang lebih pipih. Sementara tatanan interior tak banyak berubah dengan terdapat sisipan minor panel di beberapa tempat. Head unit pun sama, yaitu pakai monitor layar sentuh 9 inci. Dengan fitur dan fungsi navigasi, putar musik dari MP3/WMA, AM/FM Radio, USB Port, HDMI Port, Smartphone Connection, Bluetooth Connection, nanoe™ Technology dan SVC.

Fitur

Ketika Anda masuki kabin terlihat sistem kontrol iklim (AC digital) tiga zona, hands-free access power tailgate. Lalu kamera 360 derajat, adaptive cruise control, panoramic sunroof, driver assistive technologies. Perangkat keamanan Honda Sensing jadi standar versi model Thailand diharapkan bisa dibawa ke sini juga. Tapi, lagi-lagi tidak di model pembaruan ini, lantaran faktor angka jual.

Lanjut fitur keselamatan dan keamanan di varian tengah turbo. Isinya seperti model sekarang. Amsal sisipan Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS). Lanjut Motion Adaptive EPS, Brake Override System, ABS + EBD, Brake Assist (BA), Parking Brake, Electric Parking Brake, Auto Hold Brake, Cruise Control plus Paddle Shift.

Rata-rata konsumen level ini amat peduli pada peranti keselamatan mobil. Jika kelak ditawarkan untuk pasar Indonesia, secara umum fitur mirip. Tapi ada penambahan jumlah kantong udara (airbag), demi tingkatkan keselamatan saat tabrakan. Prediksi peluncuran terjadi paling cepat akhir tahun ini. Namun, Honda Prospect Motor terlihat tak mau gegabah melihat market kala pandemi Covid-19, sehingga jadwal pelepasan CR-V anyar bisa saja pada permulaan 2021. Patut ditunggu pastinya!

ANJAR LEKSANA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda