Beranda New Cars LQ Concept, Cara Toyota Bangun ‘Perasaan’ pada Mobil Autonomous

LQ Concept, Cara Toyota Bangun ‘Perasaan’ pada Mobil Autonomous

TOKYO, 22 Oktober 2019 – Pabrikan otomotif mulai bergerak dari menjadi produsen kendaraan penumpang, menuju perusahaan penyedia mobilitas berteknologi autonomous. Tetapi, mampukah teknologi autonomous mendapat antusiasme yang sama seperti para pecinta otomotif mencintai mobil?

Hal tersebut yang berusaha dijawab oleh Toyota melalui konsep terbarunya, yaitu Toyota LQ. Mobil ini dirancang sebagai sarana mobilitas masa depan, berteknologi autonomous, yang bisa menciptakan sebuah hubungan antara mobil dengan pengemudinya.

Mobil konsep ini menjadi salah satu model yang Toyota perkenalkan pada Tokyo Motor Show 2019, yang dikembangkan memanfaatkan teknologi AI (artificial intelligence). Tujuannya agar mobil ini bisa memberikan perasaan emosional yang sama seperti saat pengguna mengemudikan langsung mobilnya, meski mobil ini beroperasi secara otonom.

LQ diciptakan dengan mengandalkan teknologi canggih yang dapat menyajikan pengalaman personal dan unik, memenuhi kebutuhan mobilitas penggunanya yang spesifik, dan membangun hubungan dengan pola keterikatan yang intim dan hangat antara mobil dengan pengemudi.

“Dalam sebuah era yang terfokus pada angka penjualan, produktivitas menjadi hal terpenting. Yang kita butuhkan sebelumnya adalah iQ. Berikutnya adalah era indera emosional . Yang kita butuhkan kemudian adalah eQ,” kata Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation.

“Yang kita butuhkan sekarang adalah cinta, atau dalam kata lain, LQ.”

Konsep turunan dari Toyota Concept-i ini dikembangkan dengan konsep “Learn, Grow, Love”, yang dapat berkomunikasi dengan pengemudi via komunikasi suara interaktif, demi menjaga suasana kabin agar sesuai dengan mood pengemudi. Nama LQ sendiri berasal dari singkatan L yang adalah Love, lalu Q dari kata Cue yang berarti isyarat atau keadaan hati.

Kemampuan autonomous dari LQ sudah pada level 4, artinya bisa melaju secara otomatis di ekosistem yang mendukung, termasuk mencari tempat parkir sendiri di area publik. Sentuhan futuristik LQ hadir pada Augmented Reality Head Up Display (ARHUD) dalam memberikan informasi lengkap kepada pengemudi, yang sekaligus mengurangi pergerakan mata saat mengemudi.

Untuk kenyamanan terbaik, jok LQ bahkan menggunakan kantung udara yang bisa mengembang dan mengempis, untuk menyajikan posisi duduk paling nyaman baik saat pengemudi lelah, atau saat butuh kewaspadaan ekstra.

Listrik menjadi sumber tenaga powertrain LQ, yang menggunakan Battery Hibrid Vehicle (BEV), dengan klaim jarak tempuh hingga 300 km sekali isi. Menariknya, AI pada LQ bisa mengajak ngobrol pengemudi, contohnya seperti menanyakan tim sepakbola favorit, agar pengemudi tetap terjaga dalam perjalanan.

MUNAWAR CHALIL

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jaman Berubah, Batu Sabak Pun Jadi Penghias Kabin Bentley

JAKARTA, carvaganza.com -  Membeli mobil super mewah itu sama saja dengan membeli selera. Pembeli tak cukup dengan hanya disodori pilihan yang disediakan oleh pabrikan....
video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...