Beranda New Cars Lotus akan Lahirkan Penerus Esprit, Bermesin Hybrid

Lotus akan Lahirkan Penerus Esprit, Bermesin Hybrid

NORFOLK, Carvaganza.com – Lotus kabarnya siap untuk melahirkan sebuah model baru setelah sekian lama, dengan misi menantang supercar seperti Ferrari. Mobil ini disebut bakal menjadi penerus spiritual dari model klasik Lotus, yaitu Esprit.

Jika benar, maka model ini akan menjadi model baru pertama Lotus sejak 12 tahun, dengan perkiraan muncul pada tahun depan. selain itu, Lotus juga akan memperkenalkan pertama kalinya mobil berteknologi hybrid di line up yang dimilikinya.

Dilansir oleh Autocar, rumor terkait calon mobil baru ini muncul menyusul fakta bahwa Lotus saat ini sedang mengembangkan mesin V6 baru, dengan teknologi hybrid. Mobil baru tersebut ditujukan untuk menawarkan kedinamisan berkendara dengan kualitas refinement lebih baik dari model saat ini.

Meski disebut sebagai penerus spiritual, namun Lotus tidak akan secara langsung menggunakan nama Esprit lagi pada mobil ini. Lebih lanjut, Lotus akan berkiblat pada hypercar Evija untuk mendesain calon supercar baru bermesin V6 ini.

Lotus Evija

Kelanjutan Elise dan Exige

Kelahiran mobil ini nanti sekaligus akan meneruskan kiprah platform dari Elise dan Exige yang sudah dipakai selama 25 tahun, serta Evora selama 12 tahun. Dengan platform baru, pabrikan asal Norfolk, Inggris ini akan menciptakan range beberapa model baru, termasuk versi reinkarnasi dari Elan yang ikonik.

Autocar juga menyebut bahwa mesin V6 untuk Lotus ini akan diadopsi dari Toyota. Sementara Lotus akan ambil bagian pada pengembangan powertrain hybrid, memanfaatkan aliansinya dengan Volvo. Kebetulan, Lotus dan Volvo saat ini sama-sama di bawah naungan Geely sebagai pemilik saham.

Penerus Esprit ini akan menjadi awal era elektrifikasi dari Lotus, setelah sebelumnya CEO Phil Popham mengungkap keinginannya mengelektrifikasi setiap model baru Lotus. Namun ditegaskan, mobil ini bukan akan menjadi pengganti langsung untuk Evora.

Lotus Esprit Concept

Punya Performa Ganas

Soal mesin V6 tadi, sejauh ini belum diungkap akan berapa kapasitas dan angka tenaga yang bisa dihasilkannya nanti. Namun mengingat Evora 410 saat ini bisa hasilkan 400 hp lebih, mesin baru dengan dukungan supercharger disebut Popham akan bisa melampaui 500 hp.

Filosofi “Simplify and Add Lightness” (Sederhanakan dan Buat Lebih Ringan) dari Colin Chapman, pendiri Lotus, akan terus diterapkan untuk mobil baru nanti. Dengan begitu, meski mengusung teknologi hybrid, mobil ini sebisa mungkin akan memiliki bobot yang ringan.

Hal lain yang akan ada pada ‘Esprit’ baru adalah formatnya yang bukan menjadi sportscar 2+2. Lotus justru akan hanya sediakan 2 kursi, namun dengan kabin yang lebih lega berikut kompartemen melimpah.

Meski untuk menandingi model entry level Ferrari, Lotus menjanjikan mobil barunya ini tidak akan dibanderol sampai £ 100.000 atau sekitar Rp 2 miliar.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...